Keanehan dan Keunikan Tumbuhan Putri Malu Mimosa Pudica

Amongguru.com. Keanehan dan Keunikan Tumbuhan Putri Malu Mimosa Pudica.

Putri malu (mimosa pudica) merupakan tanaman perdu pendek dari anggota suku polong-polongan yang tumbuh secara liar. Istilah putri malu diberikan pada tumbuhan ini karena keunikannya, yaitu daunnya dapat menutup atau layu sendiri saat disentuh.

Kondisi daun yang tiba-tiba menutup seolah-olah terlihat kalau tanaman tersebut pemalu, sehingga dinamakan tumbuhan putri malu. Menutupnya daun putri malu ini bersifat sementara, karena dalam beberapa menit keadaan daun akan kembali seperti semula.

Secara ilmiah dapat dijelaskan bahwa menutupnya daun putri malu pada saat disentuh ini terjadi karena perubahan tekanan turgor pada tulang daun.

Rangsang sentuhan tersebut juga dapat dirasakan oleh daun yang tidak ikut tersentuh, sehingga daun akan menutup. Gerakan menutupnya daun putri malu saat disentuh disebut dengan seismonasti.

Keanehan dan Keunikan Tumbuhan Putri Malu Mimosa Pudica
Keanehan dan Keunikan Tumbuhan Putri Malu Mimosa Pudica

Tekanan tugor yang dimaksudkan adalah tekanan yang terjadi pada dinding-dinding sel oleh air yang berada pada vakuola atau lubang sel dan isi sel yang lainnya.

Sehingga pada saat tanaman putri malu ini mendapatkan rangsangan dari luar, baik berupa sentuhan, panas, atau angin, maka bagian tertentu dari batangnya akan terstimulasi untuk melepaskan zat kimia tertentu termasuk juga ion potasium yang membuat air keluar dari lubang sel atau vakuola, serta air berdifusi keluar sel,.

Kondisi tersebut akan menyebabkan hilangnya tekanan di dalam sel, sehingga itu sel akan menjadi kempis.

Peristiwa menutupnya daun putri malu ini bukan tanpa alasan. Daun putri malu akan segera menutup ketika disentuh bertujuan untuk mengelabuhi dan melindungi diri dari hewan herbivora (pemakan rumput dan daun).

Ketika disentuh, warna daun bagian bawah tumbuhan putri malu berwarna lebih pucat, sehingga pada saat ada hewan yang akan memakan tumbuhan ini mengira tumbuhan tersebut telah layu dan tidak jadi memakannya.

Tumbuhan putri malu juga menguncup atau melayukan daunnya di saat matahari terbenam dan merekah kembali setelah matahari terbit.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Keanehan dan Keunikan Tumbuhan Putri Malu Mimosa Pudica. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan