Fakta Unik dan Menarik tentang Pohon Kelapa yang Wajib Anda Baca

Fakta Unik dan Menarik tentang Pohon Kelapa yang Wajib Anda Baca

Amongguru.com. Pohon kelapa (Cocos nucifera) masih termasuk dalam kerabat pohon palm. Pada awalnya, pohon ini berasal dari pantai benua Amerika dan selanjutnya menyebar hingga ke wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Di negara kita, kelapa adalah satu tanaman yang familiar karena hampir di semua tempat terdapat pohon kelapa.
Fakta Unik dan Menarik tentang Pohon Kelapa yang Wajib Anda Baca
Fakta Unik dan Menarik tentang Pohon Kelapa yang Wajib Anda Baca

Berbicara tentang buahnya, buah kelapa akan berwarna hijau ketika muda dan berwarna coklat saat sudah  tua.

Kelapa merupakan buah yang kaya akan nutrisi, serat, vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh.

Buah kelapa yang paling digemari umumnya yang masih muda atau biasa disebut degan.

Buah kelapa muda memiliki daging yang lembek dan kandungan air nya masih sangat bagus.

Pohon kelapa adalah pohon yang unik. Hampir seluruh komponen yang terdapat pada pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

Selain buahnya, serabut kelapa juga dapat digunakan untuk mencuci piring, tempurungnya dapat dijadikan arang, janurnya (daun kelapa muda) dapat untuk hiasan pernikahan, dan kayu pohon kelapa dapat untuk kayu bakar atau bahan meubel.

Untuk nenambah pengetahuan mengenai pohon kelapa, berikut fakta unik dan menarik tentang pohon kelapa yang wajib Anda baca.

  • Pohon kelapa mempunyai nama latin Cocos nucifera, Coco berarti “wajah monyet” karena tiga lekukan di tempurungnya menyerupai wajah monyet dan nucifera yang artinya seperti kacang.

  • Buah kelapa yang jatuh telah membunuh 150 orang setiap tahunnya. Jumlah tersebut sepuluh kali lebih banyak daripada orang yang terbunuh oleh ikan hiu.
  • Buah kelapa sebenarnya adalah biji dari pohon kelapa itu sendiri dan dapat disamakan dengan kacang-kacangan. Karena itulah, buah kelapa disebut sebagai biji terbesar di dunia.

  • Kelapa biasanya dipanen manusia dengan memanjat. Akan tapi di beberapa daerah seperti Thailand dan Sumatra, monyet juga dilatih untuk memanjat pohon kelapa. Lebih dari 20 trilyun buah kelapa dipanen tiap tahun.

  • Air kelapa adalah salah satu air alami yang masih steril dan suci, kecuali apabila kelapa tersebut terbuka atau membusuk
  • Ampas dalam pembuatan minyak kelapa atau “galendo” dalam bahasa sunda, dapat dimakan.
  • Minyak dari buah kelapa selain untuk menggoreng juga dapat digunakan sebagai minyak urut.

  • Batok dari buah kelapa digunakan sebagai bahan bakar dalam proses pembuatan daging asap.
  • Pada jaman dahulu batok dari buah kelapa ketika dulu digunakan sebagai alat makan dan kerajinan tangan.
  • Air kelapa muda sangat baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh terutama para perokok dan pemabuk. Air kelapa muda membantu membersihkan racun pada organ tubuh.

  • Air kelapa bersifat diuretik, sehingga akan melancarkan buang air kecil dan membantu memecah batu ginjal.
  • Air kelapa sebagai pengganti cairan tubuh yang sangat baik, setelah lelah beraktifitas. Air kelapa muda mengandung ion alami yang dapat mengembalikan kondisi tubuh dengan segera.
  • Nutrisi yang terdapat pada buah kelapa berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adanya berbagai vitamin dan antioksidan akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat dapat menjadi penangkal radikal bebas.

  • Mengkonsumsi buah kelapa secara rutin akan mampu menurunkan kadar kolesterol. Adanya lemak jenuh dan serat pada buah kelapa menyebabkan  kadar kolesterol jahat (LDL) akan menurun dan kadar kolesterol baik (HDL) akan meningkat.
  • Pada kelapa terdapat kandungan monolaurin dan asam laurat dalam jumlah yang tinggi. Keduanya berguna dalam membasmi bakteri, virus dan jamur yang bisa menimbulkan berbagai penyakit dan infeksi.
  • Campuran air kelapa muda dan telur ayam dapat untuk meredakan paas tubuh akibat demam. Gunakan campuran air kelapa dan kuning telur untuk mengompres penderita demam.
  • Minyak kelapa dan antibiotik antibiotik akan membantu proses pengobatan pneumonia menjadi lebih cepat. Minyak kelapa akan membantu melegakan pernapasan, mengurangi demam dan memperbaiki oksigenasi darah.

  • Mengonsumsi buah kelapa dapat membantu mengurangi intensitas terjadinya kejang berulang atau epilepsi pada anak-anak.
  • Buah kelapa dapat meningkatkan sekresi insulin pada tubuh dan mengatur glukosa dalam darah. Hal ini akan memperlambat proses peningkatan gula dalam darah, sehingga mampu mengendalikan kada glukosa pada penderita diabetes.
Baca juga artikel terkait berikut.
Demikian ulasan mengenai Fakta Unik dan Menarik tentang Buah Kelapa yang Wajib Anda Baca. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan