Contoh Penerapan Prinsip Pemuaian dalam Kehidupan Sehari-hari

Amongguru.com. Contoh Penerapan Prinsip Pemuaian dalam Kehidupan Sehari-hari.

Prinsip pemuaian dalam kehidupan sehari-hari dapat memberikan beberapa keuntungan, khususnya di bidang teknologi. Akan tetapi, selain menguntungkan, pemuaian juga dapat menimbulkan masalah yang merugikan dalam kehidupan manusia.

Berikut ini beberapa contoh penerapan prinsip pemuaian dalam kehidupan sehari-hari yang bermanfaat bagi manusia.

1.  Termometer

Termometer menggunakan prinsip pemuaian raksa dan alkohol untuk digunakan sebagai penunjuk suhu. Baca juga : Termometer: Penentuan Skala, Jenis, dan Fungsinya dalam Kehidupan.

2. Keping Bimetal

Keping bimetal merupakan hasil perpaduan dua keping logam yang memiliki koefisien muai panjang berbeda yang dikeling menjadi satu. Keping bimetal sangat peka terhadap perubahan suhu. Apabila dipanaskan, maka keping bimetal akan melengkung ke arah logam yang koefisien muai panjangnya lebih kecil.

Sebaliknya, apabila didinginkan, maka keping bimetal akan melengkung ke arah logam yang memiliki koefisien muai panjang yang lebih besar.

3.  Pengelingan Pelat Logam

Pengelingan merupakan suatu proses penyambungan dua pelt logam dengan paku keling. Paku keling mula-mula dipanaskan hingga berpijar, kemudian dimasukkan ke dalam pelat logam. Setelah itu, ujung paku keling dipukul hingga rata dengan permukaan pelat.

Setelah dingin, paku keling menyusut, sehingga menjepit kedua pelat dengan kuat. Pengelingan biasanya dilakukan pada pembuatan kontainer dan badan-badan kapal besar.

4.  Pemasangan Bingkai Logam pada Roda

Pemasangan bingkai logam, seperti halnya ban baja pada roda besi lokomotif dilakukan dengan cara pemanasan. Ban baja yang berdiameter lebih kecil dari roda besi dipanaskan sehingga memuai dan diameternya menjadi lebih besar daripada diameter roda.

Selanjutnya, ban tersebut dipasangkan pada roda. Setelah dingin, ban akan menyusut sehingga menempel sangat kuat pada roda.

5.  Sambungan Rel Kereta Api

Membengkoknya rel kereta api disebabkan pada saat rel memuai akibat terkena panas sinar matahari, sehingga ujung-ujung sambungan rel akan saling menekan. Terbengkoknya rel kereta api tersebut sangat membahayakan perjalanan kereta api.

Untuk mengatasi pembengkokan rel akibat pemuaian, maka pada sambungan rel harus disediakan celah. Dengan demikian. ketika rel kereta api terpanasi oleh terik sinar matahari di siang hari, terdapat ruang antara sambungan untuk pemuaian, sehingga ujung-ujung sambungan tidak saling menekan.

6. Celah Pemuaian pada Jalan Layang

Pada cuaca yang panas, jalan layang akan mengalami pemuaian, sehingga dapat menyebabkan jalan tersebut runtuh. Untuk mengatasi pemuaian tersebut, maka pada sambungan jalan dipasang celah baja untuk ruang pemuaian.

Demikian ulasan mengenai Contoh Penerapan Prinsip Pemuaian dalam Kehidupan Sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan