Waspadai Aritmia Pemicu Kematian Mendadak pada Manusia

Waspadai Aritmia Pemicu Kematian Mendadak pada Manusia

Amongguru.com. Kematian memang menjadi sebuah rahasia yang pasti akan dialami oleh setiap manusia. Meskipun menjadi rahasia, bukan berarti manusia harus hidup dalam ketidak teraturan yang justru akan mempercepat kematiannya sendiri.

Gaya hidup modern dengan diiringi pola hidup tidak sehat merupakan pemicu munculnya berbagai penyakit yang dapat berujung pada kematian.

Akhir-akhir ini banyak terdengar berita kematian secara mendadak pada manusia. Aritmia diduga menjadi salah satu penyebab dari kematian mendadak tersebut.

Postingan kali ini akan mengupas mengenai Waspadai Aritmia Pemicu Kematian Mendadak pada Manusia. Aritmitia perlu diwaspadai karena gejala awalnya sering tidak diketahui dan disepelekan oleh manusia.

  • Pengertian Aritmia dan Gejalanya

Aritmia atau disebut juga jantung berdebar merupakan gangguan pada irama atau denyut jantung manusia. Gangguan irama ini bisa menyebabkan detak jantung menjadi lebih lambat atau sebaliknya menjadi lebih cepat. (Lihat juga : Struktur Jantung Manusia)

Waspadai Aritmia Pemicu Kematian Mendadak pada Manusia

Gangguan ini terjadi karena berkurangnya produksi impuls (rangsang) dan juga ketidaknormalan jalannya impuls menuju otot jantung.

Otot jantung (myocardium) memiliki karakteristik bentuk seperti otot lurik (otot pada rangka manusia), berinti di tengah. Jenis otot ini selalu bergerak dibawah kesadaran kita, yaitu selalu bergerak tanpa adanya pengaruh dari saraf pusat atau otak.Otot ini memiliki kemampuan kontraksi yang lambat.

Otot jantung bergerak secara tidak sadar atau involunter yang artinya selalu bergerak tanpa beristirahat agar darah dapat terus mengalir ke seluruh tubuh. Pada saat otot jantung berhenti bergerak. maka otomatis manusia akanmengalami kematian.

Sebagian besar orang menganggap jantung berdebar sebagai hal yang biasa. Padahal jantung berdebar merupakan gejala dari aritmia yang apabila disepelakan dapat berakibat fatal.

Gejala ringan dari aritmia adalah adanya rasa berdebar. pusing, dan sempoyongan pada saat berjalan. Sedangkan efek paling berat, yaitu stroke dan kematian secara mendadak. Apabila aritmitia dapat dideteksi sejak dini, maka akan meminimalkan resiko-resiko tersebut.

Aritmia jantung atau lebih dikenal sebagai jantung berdebar merupakan gangguan irama pada organ jantung. Gangguan irama yang terjadi dalam bentuk jantung berdenyut lebih lambat atau bisa juga denyut jantung berdetak menjadi lebih kencang dari biasanya.

Denyutan jantung yang tidak normal ini akan mengganggu fungsi kerja pada organ jantung dalam memompa darah. Apabila denyut jantung melemah, maka yang terjadi adalah darah yang terpompa ke otak menjadi lambat, sehingga membuat seseorang tiba-tiba pusing dan pingsan.

  • Kebiasaan Buruk Pemicu Terjadinya Aritmia

Aritmia dapat ditimbulkan oleh kebiasaan hidup yang buruk. Berikut ini beberapa pola hidup tidak sehat yang dapat menimbulkan aritmia, dihimpun dari berbagai sumber.

  1. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol atau minuman keras.
  2. Pemakaian obat-obatan terlarang yang dapat memicu jantung berdebar.
  3. Konsumsi kafein yang berlebihan, misalnya kopi.
  4. Konsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi yang dapat menimbulkan hipertensi (tekanan darah tinggi.
  5. Banyak mengkonsumsi gula sebagai pembangkit kadar gula darah (glukosa).
  6. Kurangnya menjaga berat badan, sehingga terjadi obesitas pada tubuh.
  7. Kebiasaan merokok sehingga akan mengalami ketergantungan pada rokok.
  8. Stess yang berlebihan hingga mengakibatkan depresi.
  9. Ketidak seimbangan kadar elektrolit dalam tubuh.
  10. Penggunaan obat – obatan yang tidak resmi untuk menjaga berat badan tubuh (diet).

Baca juga : 7 Penyakit Mematikan yang Perlu Diwaspadai di Indonesia Tahun 2017

Sekian ulasan mengenai Waspadai Aritmia Pemicu Kematian Mendadak pada Manusia.

Semoga postingan mengenai Waspadai Aritmia Pemicu Kematian Mendadak pada Manusia ini bermanfaat sebagai referensi Anda untuk dapat lebih menjaga kesehatan tubuh, khususnya organ jantung yang bertugas dalam memompa darah.

Tinggalkan Balasan