Wajib Tahu, Inilah 7 Tanda Jika Seseorang Memiliki IQ di Atas Rata-rata

Amongguru.com. Wajib Tahu, Inilah 7 Tanda Jika Seseorang Memiliki IQ di Atas Rata-rata.

Manusia merupakan makhluk yang kompleks dan istimewa. Dikatakan demikian karena manusia dibekali dengan otak yang memiliki tingkat kecerdasan berbeda-beda. Angka yang menunjukkan tingkat kecerdasaan manusia di sebuat IQ (Intelegent quotient). Baca juga : Inilah Deretan 10 Tingkatan IQ, Anda Termasuk yang Mana? 

Berikut ini tabel tingkatan dan nilai IQ yang perlu Anda ketahui.

Sedangkan persentase IQ populasi penduduk dunia dapat dilihat pada tabel berikut.

Sesuai tabel di atas, terlihat bahwa separuh dari penduduk dunia memiliki IQ dengan kategori rata-rata. Beruntunglah Anda jika dianugerahi IQ yang di atas rata-rata, karena hanya sedikit orang dengan tingkatan IQ tersebut.

Wajib Tahu, Inilah 7 Tanda Jika Seseorang Memiliki IQ di Atas Rata-rata

Wajib Tahu, Inilah 7 Tanda Jika Seseorang Memiliki IQ di Atas Rata-rata

Di bawah ini adalah 5 tanda seseorang yang memiliki IQ di atas rata-rata. Tanda-tanda tersebut diperoleh dari serangkaian hasil penelitian yang sudah teruji dan mungkin secara tidak sadar Anda miliki.

1. Cemas

Perasan cemas ternyata tidak selalu berarti buruk. Seorang psikiater bernama Jeremy Coplan, setelah melaksanakan penelitian kepada pasien dengan gangguan kejiwaan, ditemukan bahwa skor IQ mereka lebih tinggi dibandingkan orang-orang dengan kecemasan ringan

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa nilai verbal tinggi adalah pada orang dengan tingkat kecemasan tinggi.

2. Pembaca awal

Penelitian yang dilakukan terhadap sekitar dua ribu pasang kembar identik menunjukkan bahwa anak yang mulai belajar membaca terlebih dahulu, memiliki skor IQ yang lebih baik pada kemampuan verbal maupun non verbalnya. Kebiasaan membaca lebih awal berdampak positif terhadap kecerdasan anak

3. Kidal

Sebagian anak ada yang terlahir dengan kondisi kidal. Tahukah Anda bahwa kidal adalah salah satu ciri IQ di atas rata-rata? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kidal erat hubungannya dengan cara berpikir yang berbeda dengan kebanyakan orang, terlebih pada laki-laki.

Secara implisit, orang-orang kidal menganggap bahwa hal-hal yang baik ada di sebelah kiri, sedangkan yang buruk itu berada di sebelah kanan. Meskipun mereka menyadari bahwa budaya yang berlaku di lingkungan mereka justru memberitahu sebaliknya.

4. Lucu

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara seseorang yang lucu dengan tingkat kecerdasan dan penalaran abtrak. Apabila Anda sering mengeluarkan lelucon yang secara spontan, maka Anda memiliki salah satu tanda-tanda IQ di atas rata-rata.

5.  Susah tidur malam

Semakin tinggi IQ seseorang, semakin banyak pula area di otaknya yang aktif. Hal ini mengakibatkan orang-orang ber-IQ tinggi susah tidur. Setiap kali mencoba tidur, selalu ada sesuatu yang muncul dalam pikirannya. Mereka baru bisa tidur apabila otaknya lelah setelah melewati larutnya malam.

6. Belajar musik sejak kecil

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berlatih musik sejak dini akan dapat meningkatkan kecerdasan verbal dan fungsi eksekutif, yaitu kemamuan untuk tetap fokus terhadap suatu hal atau objek.

Penelitian yang dilakukan oleh psikolog Sylvain Moreno, membuktikan bahwa 90 % anak-anak yang rutin berlatih musik menunjukkan perbaikan IQ verbal.

7. Cepat bosan

Orang dengan IQ di atas rata-rata akan mudah menangkap suatu konsep yang rumit, sehingga dengan mudah pula mereka memecahkan masalah. Akan tetapu ketika suatu hal terasa mudah dan tidak menantang, mereka menjadi cepat bosan.

Demikian ulasan mengenai 7 tanda-tanda seseorang yang memiliki IQ di atas rata-rata. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan