Wajib Tahu Cara Cek Peserta UKG Ulang 2 Tahun 2017

Wajib Tahu Cara Cek Peserta UKG Ulang 2 Tahun 2017

Amongguru.comWajib Tahu Cara Cek Peserta UKG Ulang 2 Tahun 2017.

Uji Kompetensi Guru (UKG) merupakan sebuah kegiatan untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi dan pedagogik dalam domain seorang pengajar (guru). Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (untuk guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik).

Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut ke dalam kelas.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mendefinisikan bahwa profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

Uji Kompetensi Guru merupakan sarana kualifikasi untuk guru sebagai seorang tenaga profesioal. UKG memiliki tujuan untuk memperkuat peran guru dalam melaksanakan pendidikan, sehingga guru mampu memberikan dan juga meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

UKG juga dapat digunakan untuk memetakan kondisi objektif setiap guru sehingga dapat dijadikan sebagai informasi penting bagi pemerintah ketika akan mengambil sebuah kebijakan yang terkait  materi dan juga strategi dalam memberikan pembinaan yang dibutuhkan oleh guru.

Wajib Tahu Cara Cek Peserta UKG Ulang 2 Tahun 2017

Kabar gembira untuk Anda yang dinyatakan belum lulus Uji Kompetensi Guru (UKG) tahap pertama, karena pemerintah telah merilis jadwal pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) tahap 2 tahun 2017. Informasi tersebut tertuang dalam Pengumuman Nomor 28691/Bi/PR/2017 tentang pelaksanaan UKG Ulang 2 tertanggal 29 Oktober 2017.

Wajib Tahu Cara Cek Peserta UKG Ulang 2 Tahun 2017

Pengumuman tentang Pelaksanaan UKG Ulang 2 tersebut dapat Anda unduh di sini.

Di dalam pengumuman tersebut disebutkan bahwa pelaksanaan UKG Ulang tahap 2 akan diselenggarakan mulai tanggal 6 sampai dengan 11 November 2017.  Tempat uji kompetensi (TUK) telah ditentukan secara serentak di seluruh propinsi di Indonesia.

Pelaksanaan UKG Ulang 2 kepada guru peserta PLPG Tahun 2016 yang belum lulus UKG Ulang 1 dengan mengakses laman www.kemdiknas.swin.net.id.

Berikut ini adalah langkah-langkah pengecekan peserta UKG Ulang 2 tahun 2017.

Wajib Tahu Cara Cek Peserta UKG Ulang 2 Tahun 2017

  • Isikan NUPTK Anda pada kolom yang tersedia, kemudian klik gambar pencarian.
  • Jika Anda tidak termasuk peserta UKG Ulang 2, maka akan muncul pemberitahuan sebagai berikut.

Status : Bukan peserta UKG Ulang 2 

Demikian ulasan mengenai Wajib Tahu Cara Cek Peserta UKG Ulang 2 Tahun 2017. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan