Wajib Baca! Inilah Daftar Makanan Pemicu Tingginya Kadar Asam Urat Anda

Wajib Baca! Inilah Daftar Makanan Pemicu Tingginya Kadar Asam Urat Anda

Amongguru.com. Tingginya kadar asam urat dapat dipicu oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tanpa Anda sadari, ada beberapa menu makanan yang bisa menjadi faktor utama naiknya kadar asam urat, setelah Anda menyantap makanan tersebut.

Pola hidup tidak sehat yang ditandai dengan konsumsi makanan secara berlebih dan tanpa memperhatikan asupan gizi serta efeknya bagi tubuh, menjadikan Anda beresiko terkena penyakit asam urat. Baca juga : Awas, Rasa Nyeri Bisa Jadi Gejala Asam Urat Tinggi.

Penumpukan Purin Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar purin dalam darah. Kondisi ini menyebabkan terjadinya penumpukan purin pada beberapa bagian persendian tubuh Anda.

Purin sebenarnya adalah salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh. Zat purin merupakan senyawa yang ditemukan dihampir seluruh makanan yang kita dikonsumsi. Buah-buahan sayuran, ikan, dan berbagai sumber karbohidrat banyak mengandung purin.

Anak-anak juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung purin dan protein tinggi untuk membantu pembentukan sel-sel baru dalam tubuh mereka.

Zat purin secara alami akan dikeluarkan tubuh melalui proses penyaringan dalam ginjal dan selanjutnya dikeluarkan melalui urine. Akan tetapi jika zat purin ini jumlahnya berlebihan di dalam tubuh, maka ginjal tidak akan mampu menyaringnya dengan baik.

Akibatnya, akan terjadi penumpukan kristal purin di bagian tulang dan sendi. Zat purin yang tinggi ditandai dengan rasa nyeri yang luar biasa pada persendian tertentu. Inilah yang dinamakan dengan penyakit asam urat.

Wajib Baca! Inilah Daftar Makanan Pemicu Tingginya Kadar Asam Urat Anda
Wajib Baca! Inilah Daftar Makanan Pemicu Tingginya Kadar Asam Urat Anda

Tingginya kadar asam urat mengakibatkan penderitanya mengalami rasa ngilu dan sakit pada bagian sendi, sehingga tidak akan mampu bergerak dengan bebas.

Rasa sakit pada bagian persendian ini disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam di area sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat (purin) tersebut.

Gejala Penyakit Asam Urat

Gejala awal yang ditimbulkan akibat asam urat tahap awal diantaranya adalah rasa nyeri dan linu pada persendian yang disertai bengkak dan panas, khususnya pada sendi tangan, kaki, dan ruas-ruas jari. Rasa sakit ini akan sangat terasa ketika sendi-sendi pada bagian tersebut digerakkan.

Pada gejala yang lebih parah, asam urat bisa menimbulkan pembengkakan sendi yang ditandai dengan memerahnya kulit di sekitar area sendi. Hal ini terjadi karena adanya radang pada sendi akibat penumpukan purin, sehingga menghambat aliran darah.

Selain itu, penderita akan merasakan nyeri ketika ditekan pada bagian sendi yang terkena asam urat, sehingga dapat mengganggu kinerja organ tubuh yang lainnya. Pada kasus penyakit asam urat yang akut, penderitanya dapat mengalami kelumpuhan dan stroke.

Daftar Makanan Pemicu Tingginya Kadar Asam Urat

Bagi Anda penderita asam urat pada tahap awal dan memaksakan diri untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi, maka Anda dapat terserang asam urat secara tiba-tiba atau di hari berikutnya.

Gejala yang mungkin akan Anda alami adalah kesulitan dalam menggerakkan beberapa bagian persendian, misalnya persendian pada tangan dan kaki. Penumpukan zat purin dapat dipicu oleh konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi.

Apabila Anda yang sedang atau pernah menderita asam urat, tetap memaksakan diri mengonsumsi makanan tinggi purin, akan berbahaya karena menyebabkan kadar asam urat Anda naik tinggi dan bisa berakibat kelumpuhan. Zat purin dapat menjadi sangat berbahaya bagi mereka yang menderita asam urat.

Baca juga : Cegah Asam Urat tinggi Dengan Rebusan Daun Binahong.

Berikut ini daftar makanan dengan kadar purin tinggi yang perlu dihindari oleh penderita asam urat.

1. Daging

Meskipun daging tidak mengandung zat purin banyak, akan tetapai sangat disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya, terutama daging yang banyak lemak.

Beberapa daging yang mengandung purin tinggi, seperti daging babi, daging rusa, daging sapi, kelinci, kalkun, sapi, unggas, dan bebek.

Kadar purin dalam daging memang termasuk skala menengah akan tetapi jika dikonsumsi berlebihan akan dapat menyebabkan nyeri sendi untuk penderita asam urat.

2. Jeroan

Jeroan seperti jantung dan hati sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita asam urat, karena kedua jenis jeroan tersebut mengandung purin sangat tinggi.

Hati sapi, misalnya, selain menyebabkan resiko naiknya asam urat, juga menjadi pemicu tingginya kolesterol dalam tubuh, resiko diabetes tipe 2, dan kanker usus. Selain itu, pengolahan hati sapi yang tidak bersih juga memicu resiko infeksi bakteri, seperti bakteri E. coli.

3. Minuman Beralkohol

Selain mengandung gula tinggi, minuman beralkohol juga mengandung zat purin yang tinggi. Jika Anda mengkonsumsinya secara rutin, maka akan beresiko terkena penyakit asam urat dan beberapa penyakit lainnya, seperti diabetes dan gangguan jantung.

4. Sayur-sayuran

Beberapa sayuran memiliki kadar purin yang tinggi, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan oleh penderita asam urat.

Jika dibandingkan dengan daging, sayur-sayuran kandungan purinnya lebih tinggi. Kandungan purin dalam sayuran, seperti bayam, kembang kol, kacan panjang dapat menyebabkan penumpukan mineral dalam ginjal sehingga merusak kemampuan kerja ginjal.

Untuk menghindari efek samping dari kadar purin yang tinggi, maka disarankan untuk memasak sayur-sayuran tersebut dalam waktu yang relatif singkat.

5. Kacang-kacangan

Wajib Baca! Inilah Daftar Makanan Pemicu Tingginya Kadar Asam Urat Anda

Kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang baik, akan tetapi pada umumnya mengandung zat purin yang tinggi. Beberapa kacang-kacangan yang kaya akan purin adalah lentil, kacang navy , kacang lima, kacang merah, dan melinjo.

6. Ikan Laut

Ikan laut diketahui mengandung purin yang cukup tinggi, sehingga penderita asam urat diminta untuk membatasi konsumsinya.

Ikan laut seperti kepiting, ikan asin, ikan teri, udang, kerang, dan tiram tidak dianjurkan secara berlebihan, karena makanan laut tersebut mengandung purin tinggi dan efeknya akan langsung dapat dirasakan oleh penderita asam urat.

Baca juga : Manfaat Jagung Untuk Turunkan Tingginya Kadar Asam Urat Anda.

Demikian ulasan mengenai daftar makanan yang dapat menjadi pemicu tingginya kadar asam urat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan