Wajib Baca, Inilah 10 Penyebab Menurunnya Kecerdasan Otak Manusia

Amongguru.com. Wajib Baca, Inilah 10 Penyebab Menurunnya Kecerdasan Otak Manusia.

Otak merupakan organ vital sebagai pusat pengendali kegiatan tubuh yang disadari, termasuk kegiatan berpikir. Otak berfungsi untuk menerima, menerjemahkan, dan membimbing tubuh untuk merespons segala informasi dari panca indera manusia.

Otak akan mengatur dan mengoodinasikan sebagian besar gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh homeostasis, seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh, dan suhu tubuh.

Sebagai pusat kesadaran dan kecerdasan, maka otak tidak boleh “dimanja” untuk tidak berpikir. Apalagi otak merupakan bagian tubuh yang tidak mampu melawan proses alamiah pada tubuh manusia, yaitu penuaan.

Seiring bertambahnya usia, maka akan terjadi penurunan fungsi otak. Penurunan fungsi otak ini akan semakin parah jika Anda tidak pernah melakukan upaya untuk menjaga kinerja otak agar tetap optimal.

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mempertahankan fungsi otak agar tetap maksimal, antara lain sebagai berikut.

1. Mencukupi kebutuhan nutrisi otak

Makanan yang banyak mengandung aktioksidan, seperti sayuran, ikan, kacang-kacangan, dan buah-buahan sangatb dianjurkan untuk dikonsumsi. Kandungan nutrisi pada makanan-makanan tersebut penting untuk mengurangi tingkat tekanan darah, mengurangi kolesterol, meminimalkan peradangan pada otak, dan menjaga optimalisasi otak.

2.  Hindari asap rokok

Perlu diketahui bahwa menghisap rokok akan membuat bagian otak yang bernama korteks menjadi semakin menipis. Korteks adalah lokasi pada otak yang terkait dengan fungsi untuk berpikir terkait ingatan, bahasa, dan persepsi.

Merokok juga akan beresiko terhadap penyakit yang berhubungan langsung dengan otak, seperti stroke dan pelebaran pembuluh darah di otak.

3. Melakukan olahraga yang teratur

Olahraga adalah aktivitas yang dapat berfungsi untuk memperbaiki kinerja pembuluh darah kecil dalam mengantarkan darah yang kaya oksigen menuju otak. Melalui olahraga yang teratur, pertumbuhan sel baru dan hubungan antarsaraf dalam otak akan lebih optimal.

Banyak keuntungan lain dari berolahraga dalam hubungannya untuk menjaga kesehatan otak, antara lain mengurangi tekanan darah, menurunkan kadara gula darah, mengurangi stres, dan melawan kolesterol jahat.

4.  Cek tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah

Penyakit-penyakit berbahaya yang terkiat dengan otak, seperti stroke, alzaimer, pembengkakan pembuluh darah di otak, dan diabetes dipicu oleh tingginya tekanan darah yang dikombinasi dengan kolesterol dan gula darah.

Melakukan pengecekan secara rutin terjadap tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah adalah langkah yang bijak untuk membantu menjaga kesehatan otak. Anda akan dapat segera melakukan tindakan lebih lanjut apabila terjadi peningkatan angka melebihi ambang normal pada hasil pengecekan tersebut.

Wajib Baca, Inilah 10 Penyebab Menurunnya Kecerdasan Otak Manusia
Wajib Baca, Inilah 10 Penyebab Menurunnya Kecerdasan Otak Manusia

Tanpa disadari, ternyata kebiasaan kita sehari-hari juga berpengaruh terhadap kualitas kesehatan otak. Gaya hidup sehari-hari dapat berpengaruh terhadap kecerdasan otak, dapat meningkat atau bahkan mengalami penurunan.

Berikut ini adalah 10 penyebab menurunkan kecerdasan otak manusia yang perlu Anda ketahui.

1. Kurang tidur

Seperti halnya organ tubuh yang lain, otak juga memerlukan istirahat untuk memulihkan kemampuannya, Kurang tidur dalam jangka waktu yang relatif lama akan mempercepat kerusakan pada sel-sel otak Anda.

2. Terlalu banyak tidur

Tidur dalam jangka waktu yang lama juga tidak baik untuk kesehatan otak Anda. Meskipun disarankan untuk istirahat dalam porsi waktu yang cukup, bukan berarti Anda harus menghabiskan waktu Anda hanya untuk tidur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidur lebih dari 9 jam akan dapat mempengaruhi kesehatan mental, yaitu depresi.

3. Kebiasaan merokok

Sebagaimana sudah dijelaskan di atas bahwa merokok membuat bagian otak yang bernama korteks menjadi semakin menipis.

Zat-zat kimia beracun dalam rokok yang terhisap, misalnya karbon monoksida akan menghalangi kemampuan darah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Kebiasaan merokok juga rentan terhadap penyakit berbahaya yang berhubungan dengan otak.

4. Meminum alkohol

Mengkonsumsi alkohol, selain berdampak buruk pada kesehatan fisik juga dapat mengganggu kejiwaan dan menurunkan tingkat kecerdasan. Apabila seseorang sering meminum alkohol, maka saraf otaknya akan semakin sehingga dapat berdampak serius pada hilangnya memori otak.

5. Konsumsi gula teralu banyak

Konsumsi gula dalam jumlah terlalu banyak juga dapat menurunkan kualitas otak, karena menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi. Akibat yang terjadi adalah adanya ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak Anda.

6. Menghirup polusi udara

Otak merupakan konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi dapat menurunkan suplai oksigen ke otak, sehingga akan menurunkan efisiensi atau daya kerja otak. Memakai masker penutup hidung apabila Anda berada di kawasan dengan polusi udara yang tinggi dapat mengurangi polutan udara yang masuk ke tubuh.

7.  Kebiasaan makan makanan berlemak

Apabila Anda terbiasa makan makanan yang mengandung lemak tinggi, akan mengakibatkan mengerasnya pembuluh darah otak Anda. Pengerasan ini disebabkan karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibat yang bisa saja terjadi adalah kemampuan kerja otak Anda akan menurun.

8.  Kurang menstimulasi pikiran

Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk mengoptimalkan fungsi otak Anda. Malas berpikir menyebabkan kurangnya stimulasi pada otak, sehingga akan menurunkan kemampuan kerja sel-sel syaraf otak dan menyebabkan terjadinya pengerutan otak.

9. Jarang berolahraga

Dengan berolahraga, maka sirkulasi peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar dan asupan nutrisi serta oksigen ke otak terpenuhi. Apabila sel-sel otak mendapatkan cukup nutrisi tentu akan lebih memaksimalkan kinerjanya sebagai pusat pengendali kegiatan tubuh, termasuk aktivitas berpikir.

10. Jarang berkomunikasi

Komunikasi diperlukan sebagai salah satu upaya untuk memacu kemampuan kerja otak. Jalinlah komunikasi untuk memicu optimalnya fungsi kerja otak Anda. Jarang berkomunikasi justru menyebabkan kemampuan intelektual otak Anda menjadi kurang terlatih.

Demikian ulasan mengenai faktor-faktor penyebab menurunnya kecerdasan otak manusia. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan