Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Aplikasi WA di Laptop dan Komputer

Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Aplikasi WA di Laptop dan Komputer 

Amongguru.com. WhatsApp (WA) merupakan aplikasi dari Android yang sangat familiar di kalangan pengguna smatrphone saat iniJutaan orang telah menggunakan aplikasi pesan ini di ponsel pintar mereka.

Berdasarkan hasil analisis data Android yang dilakukan oleh perusahaan analitik digital, Similar Web, diketahui bahwa WhatsApp menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. 

Sejumlah 109 negara atau sekitar 55,60 persen dari 187 negara di dunia memfavoritkan aplikasi tersebut. Di Indonesia sendiri, aplikasi WhatsApp lebih populer jika dibandingkan dengan Black Berry Messenger (BBM) atau Line.

Baca juga : Biografi Jan Koum Sang Penemu Aplikasi Whatsapp.

WhatsApp merupakan aplikasi pesan lintas platfrom yang memungkinkan pengguna untuk bertukar pesan tanpa dikenai biaya sms. WhatsApp menggunakan paket data internet untuk melakukan komunikasi.

Melalui aplikasi WhatsApp, pengguna dapat melakukan obrolan secara online, berbagi file, berbagi foto, bahkan melakukan pemanggilan video (video call).

Di dalam perkembangannya, apikasi WhatsApp ternyata dapat dijalankan pada laptop atau komputer yang dikenal dengan nama WhatsApp Web. WhatsApp Web merupakan ekstensi berbasis komputer dari akun WhatsApp pada telepon Anda.

Keuntungan menjalankan aplikasi WhatsApp pada laptop atau komputer adalah kenyamanan, karena ukuran layarnya lebih besar dibandingankan smartphone. Pengguna akan lebih leluasa dalam melihat semua kontak, membaca pesan, maupun membalasnya.

Pesan yang dikirim dan diterima secara penuh akan disinkronisasikan antara telepon dan komputer dan kita dapat melihat semua pesan tersebut pada kedua perangkat tersebut.

Pemasangan aplikasi WhatsApp di smatrphone mungkin sebagian besar pemakai sudah mengetahui. Cukup dengan mencari aplikasi WhatsApp tersebut di Play Store, maka Anda dengan mudah dapat menginstallnya dan tahap selanjutnya adalah melakukan pendaftaran.

Untuk Anda yang ingin memasang aplikasi WhatsApp di laptop maupun komputer, berikut ini tutorial lengkap cara menggunakan aplikasi WA di laptop dan komputer.

Sebelum Anda memasang aplikasi WhatsApp di laptop dan komputer Anda, maka ada persyaratan minimal yang harus terpenuhi sebagai berikut.

  1. Memiliki akun WhatsApp yang masih aktif di smartphone. Apabila Anda belum memiliki, maka lakukan pemasangan dan pendaftaran WhatsApp terlebih dahulu di smathphone Anda.
  2. Memiliki koneksi internet yang stabil, baik pada smarthphone maupun laptop/komputer. Admin menyarankan menggunakan Wifi untuk menghemat penggunaan paket data internet.
  3. Memiliki browser atau penjelajah web terbaru pada laptop dan komputer Anda, yaitu Goolge Chrome. Apabila Anda belum memiliki browser tersebut, silahkan melakukan penginstalan terlebih dahulu.

Langkah-langkah Pemasangan WhatsApp ke Laptop dan Komputer

1.  Kunjungi https://web.whatsapp.com/ pada laptop atau komputer Anda. (Sekali lagi pastikan koneksi internet Anda dalam keadaan baik dan stabil).

2.  Buka aplikasi WhatsApp pada smartphone Anda (di sini admin gunakan smartphone dengan sistem operasi Android). Kunjungi layar Chatting > Menu > WhatsApp Web.

Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Aplikasi WA di Laptop dan Komputer

3.  Pindai kode QR yang ditampilkan di layar komputer Anda dengan menggunakan telepon Anda. Arahkan kamera telepon Anda ke kode QR yang tertera di browser. Kamera akan secara otomatis menscan dan membaca kode QR yang ada. Tunggu sampai kode QR terbaca untuk masuk ke akun Anda.

Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Aplikasi WA di Laptop dan Komputer

4.  Apabila langkah-langkah di atas berhasil, maka Anda akan langsung diarahkan pada aplikasi WhatsApp Web di laptop atau komputer. Tampilan pada layar komputer akan tampak seperti gambar berikut.

Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Aplikasi WA di Laptop dan Komputer

Demikian tutorial lengkap cara menggunakan aplikasi WA di laptop dan komputer.

Bagi Anda yang belum memasang aplikasi tersebut di laptop atau komputer, Anda dapat memasangnya dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Selamat mencoba …

 

Tinggalkan Balasan