Tumbuhan Berbiji Terbuka Ciri-ciri Klasifikasi dan Contohnya

Tumbuhan Berbiji Terbuka Ciri-ciri Klasifikasi dan Contohnya

Amongguru.com. Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermaemerupakan tumbuhan yang bijinya tidak tertutup oleh daging buah, sehingga dapat terlhat dari luar. Pada umumnya, tumbuhan berbiji terbuka mempunyai runjung (strobilus) yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan.

Tumbuhan Berbiji Terbuka Ciri-ciri Klasifikasi dan Contohnya

Tumbuhan berbiji terbuka digolongkan ke dalam tujuh kelas, sebagai berikut.

  1. Pteridospermae (sudah punah)
  2. Cycadinae
  3. Bennettinae (sudah punah)
  4. Cordaitinae (sudah punah)
  5. Ginkgotinae
  6. Coniferae
  7. Gnetinae
  • Cycadinae

Kelas Cyadinae (kelompok pakis haji) memiliki bunga berupa strobilus dan berumah dua, yaitu strobilus jantan dan strobilus betina yang terdapat pada dua pohon berlainan (ada tumbuhan jantan dan tumbuhan betina).

Bunga jantan dihasilkan pada ujung batang tumbuhan jantan, sedangkan bunga betina dihasilkan pada ketiak daun tumbuhan betina.

Pakis Haji
  • Ginkgotinae

Kelas Ginkgotinae yang sangat terkenal adalah Ginkgo biloba. Tumbuhan tersebut berasal dari daratan Tiongkok dan telah menyebar ke berbagai belahan dunia. Tumbuhan yang termasuk dalam kelas Ginkgotinae berkembang dengan runjung dan berumah dua (dioecious).

Ginkgo biloba
  • Coniferae

Kelas Coniferae terdiri atas kelompok cemara (Auracariales), kelompok pinus (Pinales), dan kelompok podocarpus (Podocarpales). Contoh tumbuhan yang berada pada kelas ini adalah cemara, pinus merkusi, podocarpus, dan damar.

Cemara
Pinus Merkusi
Damar

Tumbuhan ini pada umumnya berumah dua. Bangsa pinus berupa pohon, berdaun jarum pendek dan panjang, serta berumah satu (monoecious). Strobilus jantan dan betina berada pada ketiak daun. Strobilus jantan dihasilkan pada ujung cabang yang berdaun pendak, sedangkan strobilus betina dihasilkan pada dahan yang berdaun panjang.

  • Gnetinae

Kelas Gnetinae yang sangat terkenal di Indonesia adalah melinjo. Bentuk pohon melinjo bercabang dengan batang pokok menonjol (monopodial), membentuk runjung jantan dan betina, beruma satu (strobilus jantan dan betina terdapat dalam satu pohon). Terkadang dijumpai tumbuhan jantan (hanya menghasilkan runjung jantan saja).

Melinjo

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Tumbuhan Berbiji Terbuka Ciri-ciri Klasifikasi dan Contohnya . Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan