Tips Sukses Mengerjakan Soal Ujian Nasional Tahun 2018 dengan Efektif

Amongguru.com. Tips Sukses Mengerjakan Soal Ujian Nasional Tahun 2018 dengan Efektif.

Ujian Nasional (UN) akan kembali dilaksanakan secara serempak pada tahun 2018 mendatang untuk jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA. Peserta didik diharapkan sudah memiliki persiapan belajar yang cukup untuk mengikuti Ujian Nasional tersebut.

Meskipun bukan lagi sebagai penentu kelulusan, bukan berarti peserta didik menggampangkan dalam mengerjakan soal Ujian Nasional. Justru hasil dari Ujian Nasional ini akan menjadi bekal peserta didik untuk bisa mencapai passing grade (nilai ambang batas) pada sekolah lanjutan yang dituju nantinya.

Apabila hasil Ujian Nasional kurang dari nilai ambang batas yang ditentukan, maka dipastikan peserta didik tersebut tidak dapat masuk pada sekolah lanjutan yang diinginkan. Apalagi sistem pendaftaran peserta didik baru saat ini sudah menggunakan sistem online, dimana hasil Ujian Nasional peserta didik akan langsung diperingkat.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengikuti ujian nasional 2018, selain persiapan belajar yang cukup juga diperlukan tips sukses mengerjakan soal Ujian Nasional tahun 2018 dengan efektif. 

Hal yang perlu diperhatikan oleh peserta didik adalah Ujian Nasional berbeda dengan tes atau ulangan harian yang biasa ditempuh. Ujian Nasional tentu memiliki bobot soal yang lebih tinggi dibandingan soal tes maupun ulangan harian. Dengan demikian diperlukan strategi yang cerdas dalam mengerjakan setiap soal pada mata pelajaran yang diujikan.

Tips Mengerjakan Soal Ujian Nasional Tahun 2018 dengan Efektif

Berikut ini gambaran bentuk soal Ujian Nasional tahun 2018 yang perlu diketahui oleh peserta didik.

  • Soal Ujian Nasional 2018 berbentuk pilihan ganda (multiple choice), dengan empat alternatif jawaban (untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs) dan lima alternatif jawaban (untuk jenjang SMA/SMK/MA).
  • Sistem penilaian soal Ujian Nasional menggunakan benar – salah. Artinya, jika peserta didk menjawa benar mendapat skor, dan apabila jawabannya salah tidak mendapat skor.  Tidak ada pengurangan skor saat peserta didik salah menjawab.
  • Soal Ujian Nasional berjumlah 40 atau 50 dengan waktu pengerjaan selama 120 menit. Apabila dirata-rata, maka waktu yang dibutuhkan untuk menjawab satu soal adalah 2 sampai dengan 3 menit.
  • Soal Ujian Nasional dibagi menjadi 3 tingkat kesukaran: (1) kelompok soal kategori mudah, sebanyak 10 %; (2) kelompok soal kategori sedang, sekitar 70 %; dan (3) kelompok soal kategori sulit, sebanyak 20 %.

Setelah peserta didik mengetahui gambaran bentuk soal Ujian nasional tahun 2018 mendatang, maka berikut ini admin bagikan tips sukses mengerjakan soal Ujian Nasional tahun 2018 dengan efektif.

1. Isikan Identitas dengan cepat dan tepat

Biasanya, peserta didik akan diberikan waktu sekitar lima belas menit sebelum ujian dimulai untuk mengisi identitas diri. isikan identitas dengan teliti karena ada beberapa kasus peserta didik gagal lulus Ujian Nasional karena pengisian identitas yang tidak tepat.

2.  Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu

Peserta didik harus memiliki pemahaman bahwa tujuan mengerjakan soal Ujian Nasional adalah mendapatkan nilai sebanyak-banyaknya. Dengan demikian, maka hilangkan anggapan bahwa mengerjakan soal ujian harus dilakukan secara urut.

Kerjakan soal-soal yang dianggap mudah atau dikuasai untuk dijawab terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan dari terbuangnya waktu dalam mengerjakan soal.

Apabila peserta didik terlalu asyik mencari jawaban soal yang dianggap sulit, maka yang terjadi selanjutnya adalah soal-soal yang mudah tersebut menjadi diabaikan, sehingga resiko kesalahan menjawab soal yang mudah justru menjadi lebih besar.

3.  Persempit prioritas jawaban

Di dalam setiap soal Ujian Nasional ada yang dinamakan jawaban pengecoh, dimana jawaban pengecoh ini cenderung dipilih oleh peserta didik yang tidak hati-hati dalam menjawab. Soal Ujian Nasional memiliki jawaban pengecoh yang tinggi, sehingga peserta didik perlu berhati-hati dalam menjawab.

Peserta didik harus melakukan analisis pilihan jawaban dan mempersempit kemungkinan jawaban yang benar hingga tinggal 2 pilihan saja. Ingat…biasakan membaca dan memahami soal terlebih dahulu sebelum menuju ke jawaban, jangan di balik…membaca jawaban dulu baru soal!

4. Lakukan manajemen waktu

Manajemen waktu diperlukan peserta didik dalam mengerjakan soal Ujian Nasional. Banyak peserta didik yang kehabisan waktu mengerjakan karena terlalu terporsir pada beberapa soal saja, sedangkan soal yang lain belum sempat terpikirkan.

Peserta didik perlu merancang target waktu pengerjaan dengan memperhatikan kategori soal yang ada, apakah soal tersebut termasuk soal mudah, sedang, atau sukar. Untuk soal yang sukar tentu harus mendapatkan porsi waktu yang lebih dibandingkan soal muda atau sedang.

Akan tetapi bukan berarti seluruh waktu hanya dicurahkan untuk soal-soal yang sukar saja. Inilah pentingnya melakukan manajemen waktu dalam pengerjaan soal Ujian Nasional.

5.  Lakukan manajemen hati

Manajemen hati yang dimaksud adalah mampu menata pikiran dan menciptakan rasa tenang dalam diri peserta didik selama Ujian Nasional berlangsung.

Kepanikan, grogi, dan khawatir akan membuyarkan konsentrasi peserta didik dalam mengerjakan soal Ujian Nasional, yang terjadi selanjutnya adalah blank. Rasa tidak tenang ini biasanya muncul karena bayangan ketakutan tidak mampu mengerjakan soal ujian.

Soal Ujian Nasional hanya bisa ditelaah jawabannya dengan hati yang tenang, tidak tergesa-gesa.

Membaca soal ujian maupun menganalisa jawaban dengan rasa tidak tenang menjadikan otak tidak mampu berpikir dengan baik, sehingga yang muncul adalah ketidak hati-hatian dalam memilih jawaban. Berdoa sebelum mengerjakan soal adalah langkah yang baik untuk menciptakan ketenangan hati tersebut.

Demikian ulasan mengenai Tips Sukses Mengerjakan Soal Ujian Nasional Tahun 2018 dengan Efektif. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *