Tips Sukses Lolos SKD Pelamar SMA/D3 CPNS Kemenkumham Tahun 2017

Tips Sukses Lolos SKD Pelamar SMA/D3 CPNS Kemenkumham Tahun 2017

Amongguru.com. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk pelamar SMA/Sederajat dan Diploma III (D3) CPNS Kemenkumham tahun 2017 akan dilaksanakan mulai besok, tanggal 25 September sampai dengan 03 Oktober 2017.

Jumlah pelamar dari kualifikasi pendidikan SMA dan juga D3 yang cukup banyak ini dipastikan akan menambah semakin ketatnya persaingan memperebutkan kursi CPNS di lingkungan Kemenkumham tahun 2017.

Seleksi Kompetensi Dasar merupakan tahapan penting yang harus dilalui oleh pelamar yang sudah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi. Pelaksanaan tes kompetensi dasar dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala BKN Nomor 09 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil.

Keuntungan menggunakan CAT dalam tes Kompetensi Dasar ini adalah peserta ujian dapat langsung melihat nilai ujiannya langsung pada saat itu juga. Sistem CAT ini juga sebagai bentuk tekad dari pemerintah untuk melakukan penerimaan CPNS secara lebih transparan dan akuntabel.

Materi SKD yang akan diujikan meliputi 3 (tiga) bentuk tes, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TKW), Tes Intelegensia Umum (TKU), dan Tes Karakteristik Pribadi TKP). Berikut ini uraian materi tes Seleksi Kompetensi Dasar tersebut.

Penentuan kelulusan dalam Seleksi Kompensi Dasar berdasarkan passing grade (nilai ambang batas) yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Di dalam PermenpanRB Nomor 22 Tahun 2017 disebutkan passing grade (nilai ambang batas) penerimaan CPNS tahun 2017. Passing grade untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKB) adalah 143. Passing grade Tes Intelegensia Umum (TIU) adalah 80, dan untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 75.

Untuk lebih memahami tentang passing grade tersebut, silahkan Anda baca : Pedoman Passing Grade Kelulusan Tes Kompetensi Dasar CPNS 2017.

Tips Sukses Lolos SKD Pelamar SMA/D3 CPNS Kemenkumham Tahun 2017

Berikut ini beberapa tips sukses lolos SKD pelamar SMA/D3 CPNS Kemenkumham Tahun 2017 yang perlu Anda ketahui.

1. Persiapkan dengan baik belajar Anda

Melihat pesaing Anda yang jumlahnya cukup besar, maka tidak ada pilihan lain bagi Anda untuk tidak belajar soal-soal CPNS. Anda harus benar-benar memahami bentuk-bentuk soal CPNS yang nantinya akan kerjakan. SIlahkan Anda unduh latihan soal CPNS di sini.

2. Perhatikan persyaratan yang dibawa

Perhatikan persyaratan yang harus dibawa pada saat pelaksanan Seleksi Kompetensi Dasar. Salah satu syarat yang tidak dibawa akan membuat kepanikan tersendiri bagi Anda, sehingga membuat konsentrasi Anda hilang. Baca juga : Persyaratan yang Dibawa Pelamar SMA/D3 dalam SKD CPNS Kemenkumham 2017.

3. Kelola waktu ujian dengan baik

Sebagaimana diketahui bahwa Seleksi Kompetensi Dasar untuk pelamar SMA/Sederajat dan D3 dilakukan dengan sistem CAT  (Computer Assisted Test), sehingga pelamar harus benar-benar dapat mengelola waktu yang disediakan pada ujian berlangsung. Estimasikan waktu mengerjakan untuk setiap soal yang diujian, sehingga Anda tidak kekurangan waktu.

4. Kelola diri Anda saat ujian berlangsung

Berusahalah untuk tenang saat ujian sedang berlangsung. Kepanikan, rasa khawatir, grogi hanya akan membuat Anda tidak bisa berpikir secara maksimal. Berdoa sebelum memulai ujian dapat Anda lakukan agar Anda diberi kelancaran dan kemudahan dalam mengerjakan soal.

5. Pastikan memilih jawaban paling benar

Daya beda jawaban soal-soal CPNS tergolong tinggi, sehingga Anda harus hati-hati dalam memilih jawaban yang paling benar. Pastikan jawaban yang Anda pilih sudah Anda pikirkan secara matang. Hati-hati dalam menjawab soal, khususnya yang berbentuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), karena terkadang jawaban idealis kita justru bukan yang diinginkan dalam soal ujian.

Baca juga :

Demiikian Tips Sukses Lolos SKD Pelamar SMA/D3 CPNS Kemenkumham Tahun 2017. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan