Tips Sukses Lolos Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara CPNS 2017

Tips Sukses Lolos Seleksi Kompetensi Bidang Wawancara CPNS 2017

Amongguru.com. Pemerintah telah membuka cukup banyak lowongan seleksi penerimaan CPNS untuk tahun 2017 ini. Setelah kemarin pada bulan Agustus dilakukan pendaftaran CPNS Kemenkumham pada tahap I, di bulan September ini pemerintah kembali membuka pendaftaran CPNS tahap II untuk 61 instansi pemerintah.

Baca kembali : Informasi Resmi Lowongan Kerja CPNS Tahap II Tahun 2017.

Tes wawancara merupakan salah satu bentuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dalam penerimaan CPNS tahun 2017. Peserta ujian yang berhak mengikuti tes wawancara adalah peserta yang telah dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Sebagai informasi, peserta ujian CPNS dinyatakan berhak untuk ikut pada tahap Seleksi Kompetensi Bidang, setelah berhasil melewati passing grade. Untuk mengetahui nilai passing grade kelulusan CPNS 2017 dan bagaimana cara pengukurannya, silahkan Anda baca di sini.

Hal yang perlu digaris bawahi adalah tidak semua peserta ujian yang lolos passing grade tes kompetensi dasar dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Hanya peserta ujian yang memiliki peringkat tiga besar tes kompetensi dasar pada satu instansi yang berhak untuk ikut Seleksi Kompetensi Bidang.

Melihat animo masyarakat yang begitu besar terhadap informasi penerimaan CPNS tahun 2017, maka dipastikan persaingan untuk memperebutkan kursi CPNS tahun ini sangat ketat.

Para pelamar harus benar-benar mempersiapkan diri sejak awal, termasuk meng-update berbagai hal yang terkait dengan penerimaan CPNS tahun 2017 ini.

Bagi peserta ujian yang dinyatakan telah lolos Seleksi Kompetensi Dasar dan terpilih dalam peringkat tiga besar, maka harus bersiap untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang.

Di dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dalam Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2017 disebutkan  bahwa Kompetensi bidang adalah kemampuan dan karakteristik dalam diri, berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya sebagai individu, sehingga individu mampu menampilkan unjuk kerja yang tinggi dalam suatu jabatan tertentu.

Berdasarkan pengertian kompetensi bidang tersebut, maka seleksi kompetensi bidang lebih difokuskan pada tes tugas jabatan yang dipilih peserta ujian. Salah satu bentuk tes kompetensi bidang tersebut adalah tes wawancara.

Tinggalkan Balasan