Tips Mengontrol Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Menggunakan Buah Mangga

Tips Mengontrol Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Menggunakan Buah Mangga

Amongguru.com. Tips Mengontrol Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Menggunakan Buah ManggaBahan-bahan alami seperti buah, daun, akar, dan biji tanaman dapat digunakan sebagai obat yang ampuh dan efektif untuk melawan beberapa penyakit berbahaya bagi tubuh.

Tahukah Anda, mangga dapat dijadikan untuk mengontrol kadar gula darah? Banyak persepsi yang keliru dari para penderita diabetes bahwa buah mangga harus dihindari untuk dikonsumsi karena akan menaikkan kadar gula darah.

Tips Mengontrol Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Menggunakan Buah Mangga
Tips Mengontrol Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Menggunakan Buah Mangga

Sebuah penelitian membuktikan buah mangga dapat digunakan untuk mengontrol kadar gula darah penderita diabetes. Diabetes merupakan kondisi dimana kadar gula darah dalam tubuh yang meningkat tinggi, karena tubuh tidak mampu memproduksi insulin akibat kerusaan organ pankreas.

Tips Mengontrol Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Menggunakan Buah Mangga

Buah mangga memiliki kandungan polifenol yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya obesitas..

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Experimental Biology Conference pada tahun 2013, disebutkan bahwa peningkatan kadar gula darah dapat menyebabkan diabetes atau obesitas. Kedua kondisi tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi buah mangga yang mengandung polifenol.

Polifenol sering ditemukan secara alami pada tumbuhan. Jenis polifenol yang paling sering ditemukan pada tanaman adalah flavonoid, asam fenolat, catechin, anthocyanin, isoflavon, quercetin, dan resveratrol. Beberapa zat tersebut memiliki sifat antioksidan yang tinggi.

Buah-buahan dan sayuran bersama adalah sumber makanan yang kaya akan polifenol. Kandungan polifenol dan antioksidan yang kaya pada buah mangga dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh dan efektif untuk melawan diabetes.

Antioksidan pada buah mangga juga diyakini memiliki khasiat untuk meningkatkan kemampuan anti-inflamasi dan kekebalan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat polifenol bagi kesehatan.

  • Sebagian besar polifenol adalah antioksidan sehingga mampu menetralkan radikal bebas yang memiliki efek merusak terhadap sel-sel dan jaringan tubuh.
  • Radikal bebas sering dikaitkan sebagai penyebab kerusakan sel yang berhubungan dengan penuaan. Sebagai antioksidan kuat, polifenol mampu memperlambat proses penuaan.
  • Polifenol efektif memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat merupakan suatu keharusan untuk menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit.
  • Polifenol dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan jantung sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular.
  • Polifenol tertentu seperti resveratrol menunjukkan sifat anti-tumor sehingga berpotensi menghambat pertumbuhan kanker.
  • Beberapa polifenol yang ditemukan dalam raspberry dipercaya efektif memperlambat keropos pada tulang. Keropos tulang adalah faktor utama yang menyebabkan osteoporosis.
  • Catechin, salah satu jenis polifenol yang ditemukan dalam teh hijau efektif membantu menurunkan berat badan. Senyawa ini merangsang tubuh untuk membakar lebih banyak lemak dan kalori.
  • Isoflavon, jenis lain dari polifenol, ditemukan sebagian besar dalam produk kedelai dan dapat membantu wanita mengatasi gejala-gejala menopause terutama hot flashes dan keropos tulang. (Sumber : https://www.amazine.co.)

Seperti yang dilansir dalam www.deherba.com, penelitian ilmiah yang dilakukan oleh peneliti dari Oklahoma University, Dr. Edralin Lucaspatut dijadikan acuan untuk validasi bukti bahwa buah mangga mampu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes.

Di dalam penelitian tersebut, dilakukan uji coba terhadap 20 orang yang menderita obesitas dengan memberikan 10 gram buah mangga yang sudah dikeringkan untuk dikonsumsi setiap hari dalam jangka waktu 12 minggu.

Hasilnya adalah kadar gula darah dari ke-20 orang tersebut tersebut menurun secara drastis meskipun kadar lemaknya tidak ada perubahan.

Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan penelitian dilakukan pada tikus yang diberikan makanan dengan kadar lemak tinggi dan selanjutnya diberikan mangga. Hasilnya, kandungan gula darah dalam tikus tersebut menurun secara signifikan.

Beberapa penelitian tersebut membuktikan bahwa konsumsi buah mangga secara teratur dengan kadar cukup akan sangat membantu dalam menurunkan kadar gula darah penderita diabetes.

Baca juga :

Demikian Tips Mengontrol Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Menggunakan Buah Mangga.

Tinggalkan Balasan