Tidak Cuma Menyehatkan Mata, Inilah 10 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Tidak Cuma Menyehatkan Mata, Inilah 10 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Amongguru.com. Wortel merupakan tanaman sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. Wortel mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Sayuran ini juga banyak mengandung kalium, beta karoten, serat, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu manfaat wortel bagi kesehatan dan sudah diketahui banyak orang adalah untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan beta karoten dan vitamin A dalam wortel dalam membantu mencegah terjadinya rabun senja serta memperbaiki penglihatan yang lemah.

Baca : Jenis-Jenis Cacat Mata, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Tidak cuma menyehatkan mata, inilah 10 manfaat wortel untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Mencegah resiko kanker

Kanker menyebabkan sel sehat menjadi tumbuh secara tidak normal dan dengan cepat menyebar ke jaringan sehat lainnya.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada wortel akan dapat melindungi sel-sel tubuh dari segala jenis kanker, seperti kanker paru-paru, kanker darah, dan kanker usus.

2. Menjaga tekanan darah normal

Wortel mengandung zat kalium yang memiliki fungsi untuk mengatur tekanan darah agar tetap dalam keadaan normal.

Kalium yang terdapat pada wortel akan mampu menyeimbangkan kadar garam dan cairan tubuh, sehingga tekanan darah dapat terkontrol.

Kalium dari wortel mampu menyeimbangkan kadar garam (natrium) dan cairan tubuh, sehingga bisa mengontrol tekanan darah.

3. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Salah satu masalah pada gigi adalah gigi berlubang. Gigi yang berlubang dapat disebabkan karena plak pada gigi, sehingga mudah rapuh.

Menjaga kesehatan gigi, selain dengan menggosok gigi secara teratur, dapat juga dengan memakan sayuran tertentu yang mengandung beta karoten.

Mengunyah wortel, seledri, dan sayuran yang berserat lainnya akan mampu merangsang otot gusi, sehingga gigi menjadi lebih kuat.

Selain itu, mengonsumsi sayuran tersebut juga membantu meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan mulut dari sisa makanan yang menempel.

4. Mengurangi resiko diabetes

Kandungan karotenoid (beta karoten) pada wortel sangat baik untuk regulasi gula darah. Wortel mampu berperan dalam mengatur jumlah insulin dan glukosa dalam proses metabolisme tubuh.

Dengan demikian, mengonsumsi wortel secara rutin akan memberikan fluktuasi yang lebih banyak dan menyehatkan untuk para penderita diabetes.

Baca : Alasan Mengapa Diabetes Selalu Berujung Pada Komplikasi Berbahaya

5. Menjaga kesehatan otak

Stres oksidatif dapat menyebabkan sel otak dan saraf tidak beregenerasi dengan baik, sehingga fungsi otak menurun.

Kondisi ini sering dialami oleh orang yang sudah lanjut usia, sehingga mereka menjadi mudah sekali lupa dan lambat dalam mempelajari hal-hal baru.

Wortel mengandung beta karoten yang dipercaya ampuh untuk menurunkan sters oksidatif penyebab kepikunan tersebut, sehingga kesehatan otak terjaga.

6. Mencegah penuaan dini

Kerutan dan bintik hitam pada wajah dapat disebabkan oleh peradangan akibat radikal bebas. Jika terus terpapar, maka penuaan dapat terjadi lebih cepat.

Kandungan beta karoten pada wortel dapat mencegah terjadinya penuaan dini dan membuat kulit tetap muda.

7. Menjaga kesehatan kulit

Mengonsumsi wortel secara rutin dapat mengobati penyakit kulit, seperti eksim atau psoariasis, sehingga penampilan kulit menjadi lebih baik.

Sifat antiradang pada beta karoten dan vitamin C pada wortel akan dapat mempercepat proses penyembuhan kulit dari luka luar dan trauma.

8. Meningkatkan sistem imun

Sistem imun yang lemah membuat tubuh rentan terkena penyakit, misalnya flu. Meskipun tidak termasuk penyakit berbahaya, flu dapat melumpuhkan aktivitas.

Kandungan vitamin C pada wortel akan meningkatkan sistem imun, sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

9. Menjaga kesehatan paru-paru

Salah satu cara mudah untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan mengonsumsi jus wortel. Kandungan vitamin A pada wortel dapat melindungi sistem pernapasan dari resiko iritasi serta membantu melawan dampak buruk yang berhubungan dengan polusi udara.

10. Memperkaya laktasi

Jus wortel juga dapat dimanfaatkan untuk ibu menyusui dalam membantu meningkatkan jumlah ASI. Selain itu, mengonsumsi jus wortel juga akan membantu dalam pemenuhan kalsium selama kehamilan.

Meminum jus wortel menjadi cara terbaik bagi bayi yang disusui untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral.

Demikian 10 manfaat wortel untuk menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan