Tema dan Logo Resmi HUT RI ke-73 Tahun 2018, “Kerja Kita Prestasi Bangsa”

Tema dan Logo Resmi HUT RI ke-73 Tahun 2018, “Kerja Kita Prestasi Bangsa”

Amongguru.com. Tema dan Logo HUT RI selalu ditetapkan oleh pemerintah untuk menyambut kemerdekaan Republik Indonesia.

Kemunculan tema dan logo HUT RI yang baru selalu ditunggu-tunggu, karena akan ikut mewarnai dalam peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Tema dan logo HUT RI ke-73 akan menjadi branding rangkaian kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tahun 2018.

Pembuatan tema dan logo untuk peringatan hari ulang tahun kemerdekaan negara, harus sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sekretaris Negara. 

Pada tanggal 11 Juli 2018 kemarin, pemerintah, dalam hal ini Kementerian Sekretaris Negara telah menyampaikan edaran mengenai tema dan logo resmi HUT RI ke-73 Tahun 2018, “Kerja Kita Prestasi Bangsa”.

Surat edaran tersebut bernomor B-484 / M.Sesneg/Set/TU.000.04/07/2018 tertanggal 11 Juli 2018 yang ditandatangani langsung oleh Pratikno, Menteri Sekretaris Negara  selaku Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-hari Nasional  dan Penerimaan Kepala Negara/Pemerintah Asing/Pimpinan Organisasi Internasional.  Berikut ini adalah kutipan surat edaran tersebut

MENTERI SEKRETARIS NEGARA
REPUBLIK INDONESIA

Nomor : B-484 / M.Sesneg/Set/TU.000.04/07/2018
Hal : Penyampaian Tema dan Logo

Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2018

Yth.

1. Para Pemimpin Lembaga Negara
2. Para Menteri Kabinet Kerja
3. Gubernur Bank Indonesia
4. Jaksa Agung
5. Panglima Tentara Nasional Indonesia
6. Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia
7. Para Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian
8. Para Pimpinan Lembaga Non Struktural
9. Para Gurbernur Provinsi di Seluruh Indonesia
10. Para Bupati dan Walikota di Seluruh Indonesia

di tempat

Dengan hormat bersama ini kami sampaikan tema dan logo untuk dapat digunakan sebagai branding rangkaian kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia yang sinergis dengan Asian Games XVIII.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kiranya Bapak/Ibuk berkenan memperbanyak dan mensosialisasikan kepada pejabat dan pegawai di lingkungan kerja Bapak/Ibu serta membantu menyebarluaskan kepada masyarakat umum. Soft copy Tema dan Logo Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI Tahun 2018 beserta pedomannya dapat diunduh melalui website resmi Kementerian Sekretariat Negara di www.setneg.go.id. 

Atas perhatian dan persetujuan Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Menteri Sekretaris Negara 
selaku Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-hari Nasional 
dan Penerimaan Kepala Negara/Pemerintah Asing/
Pimpinan Organisasi Internasional.
Pratikno

Download surat edaran penyampaian tema dan logo peringatan hari ulang tahun ke-73 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2018 di sini.

Makna Tema dan Logo Resmi HUT RI ke-73 Tahun 2018, “Kerja Kita Prestasi Bangsa”

Untuk memahami makna tema dan logo HUT RI ke-73, maka terlebih dahulu Anda dapat melihat gambar berikut yang merupakan logo dan slogan untuk peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke – 73 pada tahun 2018 ini.

Apabila dilihat dari slogan pada logo HUT RI ke-73, yaitu “Kerja Kita Prestasi Bangsa”, maka logo HUT RI ke-73 tahun 2018 terinspirasi dari kata “kerja” dan “energi”. Kata ‘kerja’ berarti adanya pergerakan atau keaktifan, sedangkan kata “energi” berarti tenaga atau daya untuk bekerja.

Tahun 2018 menjadi tahun yang istimewa bagi Indonesia, karena selain bertepatan dengan 73 tahun Kemerdekaan RI, negara Indonesia juga menyambut ajang Asian Games XVIII.

Logo HUT RI ke-73 tahun 2018 ini juga disesuaikan dengan Asian Games XVIII, yang pada tahun ini berlokasi di Indonesia dan akan dipusatkan di kota Jakarta dan Palembang. Asian Games XVIII secara kebetulan diselenggarakan pada bulan Agustus dan September 2018, tepatnya tanggal 8 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang.

Asian Games pertama kali dilaksanakan di New Dehli, India, tahun 1951. Indonesia sendiri pernah menjadi tuan rumah 56 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1962.

Tema dan Logo Resmi HUT RI ke-73 Tahun 2018, "Kerja Kita Prestasi Bangsa"

Pada perayaan 73 tahun Kemerdekaan RI kali ini, terlahir dua tema utama yang bersinergi, yaitu “Energi” dan “Kerja”. Tema “Energi” diambil dari identitas Asian Games XVIII yaitu “The Energy of Asia”. Sedangkan tema “Kerja” merupakan cerminan pemerintahan Presiden Joko Widodo selama 4 tahun terakhir untuk perubahan yang lebih baik.

Tema “Energi” dan “Kerja” pun diharapkan dapat memberikan dampak kepada masyarakat Indonesia agar terciptanya semangat dalam bekerja bersama membangun negeri dan semangat untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

Kerja dan energi adalah suatu kesatuan yang saling melengkapi. Disimbolkan oleh bentuk garis dinamis yang memiliki arti suatu kemajuan dalam bekerja, sekaligus melambangkan semangat, optimisme untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

Di dalam proses pembuatannya, logo 73 tahun Kemerdekaan RI dan Asian Games 2018 sebaiknya disusun berdampingan secara horizontal agar terlihat lebih rapi. Garis pembatas digunakan untuk memberikan penegasan antara logo Kemerdekaan dan logo Asian Games

Pedoman Pembuatan Tema dan Logo HUT RI

Pedoman dalam pembuatan logo dan tema Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia sebagaimana diatur oleh Kementerian Sekretaris Negara adalah sebagai berikut.

  • Logogram dan logotype harus dipakai dalam kesatuan yang utuh. Dalam pemakainnya, logogram dan logotype tidak dapat berdiri sendiri.
  • Pembuatan logo tidak boleh menggunakan ukuran kurang dari 2 centimeter untuk menjaga keterbacaan logo.
  • Setiap keterangan penggunaan logo, harus disertai dengan batas area aman logo untuk menjaga kejelasan dan keterbacaan logo.
  • Di dalam area aman yang telah ditentukan dan disepakati bersama, tidak boleh ada elemen grafis apa pun.
  • Penggunaan logo tidak diperbolehkan untuk didistorsi, diputar, dibalik.
  • Pemakaian logo tidak boleh diganti warna, selain warna korporasi yang telah disetujui.
  • Bentuk logo tidak boleh diubah atau dipotong sebagian, dan tidak boleh menggunakan efek gambar yang tidak relevan.
  • Logo tidak diperbolehkan diletakkan di atas pada foto berwarna, foto hitam putih maupun berwarna.
  • Bentuk logo tidak boleh dipisah antara logogram maupun logotype.
  • Logo tidak diperbolehkan diletakan di atas warna latar yang serupa dengan warna logo.

Pedoman HUT RI ke-73 tahun 2018 dan Panduan Desain dapat Anda download melalui link berikut.

Demikian ulasan mengenai Tema dan Logo Resmi HUT RI ke-73 Tahun 2018, “Kerja Kita Prestasi Bangsa”. Semoga dengan adanya tema dan logo hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 akan lebih mewarnai peringatan ulang tahun kemerdekaan negara kita di tahun 2018 ini.

Tinggalkan Balasan