Tema dan Logo Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021

Tema dan Logo Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021

Amongguru.com. Tema dan Logo Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 diterbitkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) selaku Pantia Pelaksana Peringatan Hari Lahir Pancasia Tahun 2021.

Tema dan Logo Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 tersebut tertuang dalam Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021.

Sebagai upaya pemerintah dalam mencegah, mengendalikan, dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia, maka peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dilaksanakan dalam bentuk Upacara Bendera secara virtual reality.

Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila

Pancasila merupakan fundamen yang dijadikan pijakan serta dapat memberi kekuatan kepada berdirinya suatu negara. Indonesia dibangun juga berdasarkan pada suatu alas atau landasan, yaitu Pancasila.

Pancasila pada fungsinya sebagai dasar negara, adalah sumber kaidah hukum yang mengatur Bangsa Indonesia, termasuk di dalamnya seluruh unsur-unsurnya yakni rakyat, pemerintah dan wilayah.

Pancasila juga berfungsi sebagai Ideologi Bangsa yang pada hakikatnya adalah suatu hasil perenungan atau pemikiran bangsa Indonesia.

Nilai-nilai Pancasila diangkat atau diambil dari nilai-nilai adat istiadat yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia. Pancasila merupakan bahan yang di angkat dari pandangan hidup masyarakat Indonesia.

Pada tanggal 1 Juni 1945 Bung Karno (Ir. Soekarno) di depan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) mengusulkan calon dasar negara yang terdiri dari lima asas, oleh bung karno kelima asas tersebut diberi nama Pancasila.

Inilah awal terbentuknya dasar negara Pancasila, yang kemudian pada tanggal tersebut dikenang sebagai hari lahir Pancasila.

Berikut ini kelima asas yang diusulkan Bung Karno sebagai calon dasar negara.

1. Nasionalisme (Kebangsaan Indonesia)

2. Internasionalisme (Perikemanusiaan)

3. Mufakat atau Demokrasi

4. Kesejahteraan Sosial

5. Ketuhanan yang Berkebudayaan

Hari Lahir Pancasila, tanggal 1 Juni 1945, ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Berdasarkan Keputusan Presiden tersebut, maka segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,

Sejarah lengkap Hari Lahir Pancasila 1 Juni dapat di baca di sini.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 masih berada pada masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dilaksanakan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi kedaruratan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) selaku Pantia Pelaksana Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 melaksanakan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 pada hari Selasa, tanggal 1 Juni 2021 pukul 09.45 WIB secara virtual reality.

Upacara dihadiri secara daring oleh pimpinan lembaga tinggi negara, lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, perwakilan negara sahabat di Indonesia, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan para tokoh.

Sedangkan Instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah, lingkungan pendidikan, dan  kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri melaksanakan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 pada hari Selasa, tanggal 1 Juni 2021 mulai pukul 08.00 sampai dengan selesai yang dihadiri oleh pejabat dan pegawai di lingkungan masing-masing instansi secara daring.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dilaksanakan di Gedung Pancasila disiarkan secara langsung mulai pukul 09,45 WIB sampai dengan selesai, melalui saluran di kanal Youtube BPIP, laman facebook BPIP, Instagram BPIP, dan Televisi Republik Indonesi (TVRI).

Tema dan Logo Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 adalah ”Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh”.

Sedangkan logo peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 adalah sebagai berikut.

Latar belakang layar (background) virtual peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 adalah sebagai berikut.

Setiap lembaga tinggi negara, lembaga negara, kementerian/lembaga, TNI, Bank Indonesia, Kejaksaan RI, Kepolisian RI, kantor perwakilan RI di luar negeri, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, universitas, dan sekolah diimbau turut memeriahkan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 melalui berbagai media publikasi cetak, elektronik, serrta media sosial dengan  menggunakan tema, logo, dan latar belakang layar Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021.

Lembaga tinggi negara, lembaga negara, kementerian/lembaga, TNI, Bank Indonesia, Kejaksaan RI, Kepolisian RI, kantor perwakilan RI di luar negeri, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, universitas, dan sekolah juga diinbau untuk tidak mengadakan aktivitas Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak pada suatu lokasi.

Aktivitas atau kegiatan alternatif untuk memeriahkan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dapat dilakukan secara kreatif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tinggalkan Balasan