Tema dan Logo Musabaqah Qira’atil Kutub Tingkat Nasional MQKN 2023

Tema dan Logo Musabaqah Qira’atil Kutub Tingkat Nasional MQKN 2023

Amongguru.com. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI telah mempublikasikan Tema dan Logo Musabaqah Qira’atil Kutub Tingkat Nasional (MQKN) Tahun 2023.

Tema dan logo MQKN 2023 selanjutnya dijadikan sebagai branding  dalam penyelenggaraan Musabaqah Qira’atil Kutub Tingkat Nasional (MQKN) Tahun 2023.

Musabaqah Qira`atil Kutub Tingkat Nasional (MQKN) yang diharapkan mampu memotivasi dan meningkatkan kemampuan santri dalam melakukan kajian dan pendalaman ilmu-ilmu agama Islam yang bersumber dari kitab kuning sebagai bagian dari proses kaderisasi ulama dan tokoh masyarakat di masa depan, serta terjalinnya silaturahmi antar pesantren seluruh Indonesia untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kitab Kuning adalah kitab keislaman berbahasa Arab atau kitab keislaman berbahasa lainnya yang menjadi rujukan tradisi keilmuan Islam di Pesantren.

Mengingat adanya pandemi COVID-19, MQKN keenam yang semestinya terselenggara pada tahun 2020 batal dilaksanakan. MKQN kembali akan digelar dengan tuan rumah Pesantren Sunan Drajat Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur.

MQKN Tahun 2023 adalah sebagai ajang lomba/musabaqah kemampuan santri pesantren dalam membaca, memahami, dan mengungkapkan kandungan kitab kuning secara komprehensif.

Penyelanggaraan MQKN Tahun 2023 pada tanggal 10 – 18 Juli 2023.

Persyaratan Peserta

Peserta MQKN Tahun 2023 adalah santri dan mahasantri Pesantren yang memenuhi syarat sebagai berikut.

1. Berasal dari Pesantren yang terdaftar pada Education Management Information System (EMIS) Kementerian Agama.

2. Memenuhi kriteria usia:

a. santri aktif di bawah 15 (lima belas) tahun per tanggal 31 Juli 2023 untuk Marhalah Ula;

b. santri aktif di bawah 18 (delapan belas) tahun per tanggal 31 Juli 2023 untuk Marhalah Wustha dan ekshibisi Lalaran al-Amtsilah at-Tashrîfiyah;

c. santri aktif di bawah 21 (dua puluh satu) tahun per tanggal 31 Juli 2023 untuk Marhalah Ulya, Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris dan ekshibisi Lalaran Nazham Alfiyah Ibnu Mâlik; dan

d. mahasantri aktif untuk Marhalah Ma’had Aly.

3. Bukan peserta didik pada perguruan tinggi umum/keagamaan/Ma’had Aly untuk Marhalah Ula, Wustha dan Ulya.

4. Khusus peserta Debat Bahasa Arab dan Debat Bahasa Inggris tidak pernah mendapat pendidikan formal dari negara yang menggunakan Bahasa Arab atau Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar resmi sehari-hari/bahasa resmi kenegaraan.

Pendaftaran Peserta

Pelaksanaan pendaftaran peserta oleh Kafilah melalui laman https://mqkn.kemenag.go.id dengan mengunggah kelengkapan dokumen dalam bentuk pdf berupa:

1. surat keterangan dari Pimpinan Pesantren yang menyatakan peserta sebagai santri mukim sekurang-kurangnya 12 (dua belas bulan);

2. akta kelahiran atau dokumen sah yang mencantumkan tanggal lahir (KTP/SIM/Kartu Keluarga atau Ijazah); dan

3. pas foto berwarna terbaru. Bagi peserta santri laki-laki menggunakan Kopiyah Hitam dengan latar belakang berwarna merah dan bagi peserta santri putri memakai jilbab putih tampak muka dengan latar belakang berwarna merah.

Keabsahan Peserta

Keabsahan Peserta meliputi :

1. Keabsahan kesantrian dari EMIS melalui aplikasi pendaftaran dan keabsahan dokumen pada saat registrasi kedatangan peserta yang pengesahannya oleh tim keabsahan.

2 Peserta yang tidak lolos, oleh tim keabsahan tidak boleh mengikuti MQKN Tahun 2023.

3. Peserta yang telah lolos, oleh tim keabsahan dan di kemudian hari ditemukan pelanggaran atau kecurangan, maka dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca : Juknis Musabaqah Qira’atil Kutub Tingkat Nasional (MQKN) 2023

Tema MQKN 2023

MQKN Tahun 2023 mengusung tema “Rekontekstualisasi Turats untuk Peradaban dan Kerukunan Indonesia”

Logo MQKN 2023

Berikut ini adalah logo MQKN Tahun 2023.

Logo MQKN Tahun 2023

Logo Musabaqah Tilawatil Kutub Nasional Tema dan Logo Musabaqah Qira’atil Kutub Tingkat Nasional (MQKN) 2023 lebih modern dan futuristik, untuk mengangkat kembali nilai nilai yang ada dalam kitab kuning untuk peradaban dan kerukunan Indonesia.

Logo Musabaqah Qira’atil Kutub Tingkat Nasional (MQKN) Tahun 2023 selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Demikian tema dan logo Musabaqah Qira’atil Kutub Tingkat Nasional (MQKN) Tahun 2023. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan