Tema dan Logo Hari Sumpah Pemuda HSP Ke-94 Tahun 2022

Tema dan Logo Hari Sumpah Pemuda HSP Ke-94 Tahun 2022

Amongguru.com. Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia telah mempublikasikan Tema dan Logo Hari Sumpah Pemuda HSP Ke-94 Tahun 2022.

Tema dan Logo Hari Sumpah Pemuda ditetapkan untuk memeriahkan pelaksanaan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) yang ke-94 di tahun 2022 ini.

Tema dan logo Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 selanjutnya akan menjadi branding rangkaian kegiatan peringatan hari bersejarah nasional tersebut.

Sumpah Pemuda menjadi salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar Sumpah Pemuda dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Sejarah lahirnya Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 merupakan peristiwa yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Ikrar Sumpah Pemuda yang dibacakan pada Kongres Pemuda II dan dihadiri kaum muda lintas suku, agama, dan daerah telah melahirkan semangat persatuan, sehingga 17 tahun kemudian melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda sejak tahun 1959, yaitu hari nasional bukan hari libur yang ditetapkan pemerintah. Penetapan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober ini berdasarkan Keputusan Presiden Keppres Nomor 316 Tahun 1959 tertanggal 16 Desember 1959.

Di dalam Keppres Nomor 316 Tahun 1959 Pasal 1 disebutkan bahwa salah satu Hari Nasional yang bukan hari libur tersebut adalah Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Berikut adalah tema dan logo Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 beserta maknanya.

Tema Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022

Sumpah Pemuda yang dihasilkan pada Kongres Pemuda II merupakan salah satu tonggak sejarah bangsa yang membangunkan kesadaran persatuan terhadap kaum muda.

Ikrar sebagai satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa dimotori oleh para pemuda dari berbagai suku, budaya, agama, dan daerah yang 17 tahun kemudian melahirkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Peristiwa sejarah Sumpah Pemuda ini telah mengajarkan nilai‑nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda membuktikan bahwa perbedaan bangsa Indonesia sebenarnya dapat disatukan menjadi penjelmaan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda‑beda tapi tetap satu”.

Sumpah Pemuda hendaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia sekarang untuk senantiasa Bersatu Bangun Bangsa dengan membawa bangsa ini maju kearah yang lebih baik. Oleh karena itu, Tema Hari Sumpah Pemuda HSP ke-94 Tahun 2022 adalah ”Bersatu Bangun Bangsa”.

Logo Hari Sumpah Pemuda Ke‑94 Tahun 2022

Di dalam upaya menyemarakkan Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke‑94 tahun 2022, Kementerian Pemuda dan Olahraga telah menetapkan logo HSP Ke‑94 Tahun 2022 sebagai identitas tunggal.

Logo peringatan Hari Sumpah Pemuda ini mencerminkan persatuan bangsa yang multikultural, jiwa kepemudaan yang terus semangat, tegas, dan keyakinan‑keyakinan untuk selalu adaptif dalam segala transformasi.

Sebuah refleksi dari nilai‑nilai Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan keaneka ragaman bangsa untuk mencetak Pemuda‑Pemudi yang ikut serta Bersatu Bangun Bangsa.

Baca : Materi Publikasi Hari Sumpah Pemuda HSP ke-94 Tahun 2022

Logo Hari Sumpah Pemuda Ke‑94 Tahun 2022 adalah sebagai berikut.

Makna Logo HSP Ke-94 Tahun 2022

1. Karakter Logo

Karakteristik penggabungan warna menggambarkan Indonesia memiliki keberagaman Suku, Bangsa, dan Budaya.

2. Garis

Garis putih yang berada di dalam angka 9 dan 4, mengikuti bentuk logo dan menjadi satu kesatuan yang menambah indahnya keberagaman sekaligus menjadi simbol persatuan yang suci.

3. Lingkaran

Bentuk lingkaran ibarat gambar kepalan tangan yang menggambarkan semangat persatuan dan semangat kepemudaan.

4. Dua Garis Berjajar

Garis yang saling berjajar dan mengarah keatas menggambarkan semangat pemuda‑pemudi Indonesia untuk terus bangkit bersama sebagai wujud dari rasa cintanya pada tanah air Indonesia.

Penggunaan Logo Yang Benar

Logo harus selalu ditampilkan dengan tepat dan konsisten. Orientasi, warna, dan komposisi harus di terapkan dengan jelas . Berikut adalah contoh penggunaan logo  pada  latar  belakang  dengan  palet  warna  identitas yang benar.

Contoh penggunaan logo pada latar belakang putih

Contoh penggunaan logo pada latar belakang Gelap

Penggunaan Logo yang Benar

Penggunaan Logo yang Salah

Logo harus selalu ditampilkan dengan tepat dan konsisten. Orientasi, warna, dan komposisi haus di terapkan dengan jelas. Berikut ini adalah penggunaan logo yang salah.

Ketentuan tentang penggunaan tema dan logo Hari Sumpah Pemuda HSP Ke-94 Tahun 2022 dapat dibaca pada Pedoman Identitas Visual HSP Ke-94 Tahun 2022 (Unduh).

Demikian tema dan logo Hari Sumpah Pemuda HSP Ke-94 Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan