Teks Lengkap Pidato Kenegaraan Presiden Dalam Rangka HUT Ke 75 RI

Teks Lengkap Pidato Kenegaraan Presiden Dalam Rangka HUT Ke 75 RI

Amongguru.com. Setiap tanggal 17 Agustus, seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan.

Pada tanggal 17 Agustus 2020, bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 berada di tengah-tengah masa pandemi Covid-19.

Di dalam mencegah penyebaran Covid-19, maka berbagai upaya dilakukan menjelang puncak peringatan HUT RI ke 75, antara lain meniadakan lomba-lomba yang bersifat mengumpulkan massa dan pembatasan pelaksanaan upacara bendera.

Baca : Naskah Doa Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 75 Tahun 2020

Di dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, maka upacara bendera peringatan HUT RI ke 75 tahun 2020 hanya dilakukan di Tingkat Pusat (istana Negara), Kantor Pewakilan RI di Luar Negeri, dan Tingkat Daerah (Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota).

Upacara juga akan dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10.17 sampai dengan 10.20 WIB nanti (selama 3 menit), segenap masyarakat Indonesia wajib menghentikan aktivitasnya sejenak untuk berdiri tegap saat pengumandangan lagu Indonesia Raya secara serentak dan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tema peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75 tahun 2020 adalah Indonesia Maju. Indonesia Maju merupakan sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan Indonesia.

Selain itu, tema kemerdekaan Indonesia Maju menjadi simbol ajakan agar masyarakat Indonesia mau fokus bersama ke hal-hal penting dalam menyatukan keberagaman di Tanah Air.

Pidato Kenegaraan Presiden Dalam Rangka HUT Ke 75 RI

Menjelang hari kemerdekaan, Presiden Republik indonesia selalu memberikan pidato kenegaraan dalam rangka Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Penyampaian Pidato Kenegaraan tersebut dilakukan di Gedung MPR, sebagai salah satu kegiatan sakral untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia.

Terkait dengan hal tersebut, maka Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, telah menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2020 dan Pidato Kenegaraan dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Kemerdekaan RI pada hari Jumat, 14 Agustus 2020.

Baca : Cara Mendaftar Upacara Virtual HUT RI Ke 75 Tahun 2020

Kutipan teks lengkap Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR dalam rangka HUT Ke 75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dapat dilihat dan di unduh pada link di bawah ini.

 

Unduh

Demikian isi teks lengkap Pidato Kenegaraan Presiden Dalam Rangka HUT Ke 75 RI. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan