Teknologi Reproduksi Pada Tumbuhan dan Hewan Beserta Contohnya

Teknologi Reproduksi Pada Tumbuhan dan Hewan Beserta Contohnya

Amongguru,com. Teknologi reproduksi diciptakan untuk menghasilkan keturunan atau organisme baru secara lebih cepat, unggul, dan modern.

Teknologi reproduksi merupakan cara perkembangbiakan yang dilakukan menggunakan beberapa peralatan tertentu yang mempunyai sifat dan karakter lebih baik dari induknya secara lebih cepat dan efisien.

Perkembangan teknologi telah ikut memengaruhi teknik reproduksi pada hewan dan tumbuhan, Sistem reproduksi tumbuhan dan hewan sekarang tidak lagi hanya dilakukan secara alamiah saja, akan tetapi sudah melibatkan bantuan teknologi.

Melalui teknologi reproduksi pada tumbuhan dan hewan ini akan diperoleh individu baru yang memiliki kualitas yang lebih baik dari induknya dalam waktu yang relatif cepat dan dengan biaya yang murah.

Teknologi reproduksi pada tumbuhan dan hewan pada dasarnya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, terutama yang terkait dengan bahan makanan.

Selain itu, teknologi reproduksi juga dikembangkan untuk melestarikan pasma nutfah, khusunya pada hewan atau tumbuhan yang mengalami kepunahan.

Berikut ini adalah beberapa teknologi reproduksi pada tumbuhan dan hewan beserta contohnya.

1. Hidroponik

Hidroponik merupakan teknik perkembanbiakan tanaman yang tidak menggunakan media tanah, akan tetapi menggunakan larutan nutrisi dan mineral dalam air.

Media pengganti tanah pada budidaya tanaman secara hidroponik dapat berupa pasir, batu apung,arang sekam, air, dan batu sungai.

Beberapa jenis sayuran yang sudah berhasil dibudidayakan secara hidroponik adalah tomat, paprika, selada, mentimun, sawi, kangkung, dan bayam.

Informasi lengkap mengenai teknologi reproduksi tumbuhan secara hidronik dapat dibaca di sini.

2. Kultur Jaringan

Teknik kultur jaringan adalah upaya perkembangbiakan tumbuhan dengan cara mengambil bagian tubuh tumbuhan, misalnya sel, jaringan, atau organnya.

Bagian tumbuhan yang diambil tersebut kemudian ditumbuhkan pada kondisi steril di dalam medium yang mengandung nutrisi dan hormon pertumbuhan.

Baca : Perbedaan Fertilisasi Internal dan Eksternal Pada Hewan Serta Contohnya.

Bagian tumbuhan yang ditanam secara kultur jaringan ini akan dapat memperbanyak diri dan berkembang menjadi tanaman baru dengan organ yang lengkap.

Informasi selengkapnya mengenai teknologi reproduksi tumbuhan secara kultur jaringan dapat dibaca di sini.

3. Kloning

Kloning adalah teknik reproduksi untuk menghasilkan organisme baru yang secara genetis memiliki kesamaan dengan induknya. Konsep kloning didasarkan pada sifat totipotensi yang dimiliki setiap makhluk hidup, dimana setiap sel penyusun tubuh makhluk hidup memiliki kemampuan untuk membentuk spesies baru.

Spesies baru hasil kloning dinamakan klon, sehingga klon dapat diartikan sebagai organisme yang mempunyai rangkaian kromosom sama dan sifat identik dengan induknya.

Klon diciptakan dari proses yang disebut dengan transfer inti somatik. Sel somatik terdapat pada semua sel tubuh.

Mekanisme kloning dimulai dari  inti sel somatik yang dimasukkan ke dalam sel telur yang tidak dibuahi dan sudah dihapus inti selnya.

Telur dengan inti somatik tersebut akan dijaga sampai terbentuk embrio. Embrio selanjutnya akan ditempatkan ke dalam induk pengganti dan berkembang  di dalam induk tersebut.

Informasi selengkapnya mengenai teknologi reproduksi secara kloning dapat dibaca di sini.

4. Inseminasi Buatan

Inseminasi buatan  (kawin suntik) merupakan proses memasukkan cairan sperma dari hewan pejantan unggul ke dalam saluran reproduksi sapi betina dengan bantuan manusia.

Alat yang digunakan berupa suntikan (gun) untuk memasukkan spermatozoa ke dalam uterus hewan betina menggunakan suntikan tersebut agar terjadi pembuahan dan bunting.

Tujuan inseminasi buatan adalah untuk memperbaiki mutu genetika hewan ternak dengan mengoptimalkan penggunaan bibit pejantan unggul secara luas dengan jangka waktu lama

Informasi selengkapnya mengenai teknologi reproduksi hewan secara inseminasi buatan dapat dibaca di sini.

Demikian ulasan mengenai teknologi reproduksi pada tumbuhan dan hewan beserta contohnya. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan