Teh Hijau sebagai Minuman yang Sehat untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Teh Hijau sebagai Minuman yang Sehat untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Amongguru.com. Teh Hijau sebagai Minuman yang Sehat untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes. Diabetes ini masih menjadi penyakit kronis di seluruh belahan dunia.

Penyakit ini secara perlahan akan dapat mengurangi kualitas hidup pengidapnya apabila tidak diatasi pengobatan yang tepat dengan diiringi gaya hidup yang sehat

Penderita diabetes harus menerapkan pola hidup yang sehat, seperti olahraga teratur, konsumsi makanan sehat, menghindari makanan yang mengandung banyak gula, dan menjaga kebersihan  tubuh.

Diabetes sendiri terjadi karena tubuh mengalami kekurangan insulin sehingga membuat kadar gula dalam darah meningkat secara signifikan.

Penderita diabetes juga akan mengalami gejala yang beragam, mulai dari sering buang air kecil pada malam hari, mudah merasa haus dan lapar, berat tubuh yang menurun drastis, penglihatan menjadi kabur, gatal pada sekujur kulit, sistem kekebalan tubuh yang melemah, dan pemulihan luka yang lama.

Diabetes apabila dibiarkan begitu saja, justru akan semakin menaikkan kadar gula darah sehingga memunculkan beragam komplikasi yang berbahaya bagi tubuh, seperti stroke dan jantung koroner.

Teh Hijau sebagai Minuman yang Sehat untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Teh Hijau sebagai Minuman yang Sehat untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Mengkonsumsi teh hijau terbukti dapat membantu penderita diabetes dalam menjaga kadar gula darah.

Berdasarkan penelitian di Jepang yang dipublikasikan dalam Diabetes and Metabolism Journal pada tahun 2013, seseorang yang meminum sedikitnya enam cangkir teh hijau dalam sehari, memiliki 33 persen lebih kecil kemungkinan terkena diabetes tipe 2.

Sesuai hasil penelitian, minum teh hijau ternyata dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 4 – 5 persen. Teh hijau efektif untuk membantu suatu sel menjadi lebih sensitif, sehingga lebih mampu memetabolisme gula secara lebih baik.

Teh hijau dianggap baik untuk menjaga kadar gula darah, karena membantu metabolisme dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.

Teh hijau terbukti mengandung suatu zat yang disebut polifenol, sebagai antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Polifenol mampu membantu mengurangi stres oksidatif, yaitu keadaan dimakan jumlah radikal bebas melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya.

Cara kerja antioksidan dalam tubuh antara teh hijau dengan teh hitam memiliki perbedaan. Polifenol dalam teh hijau mudah diserap ke dalam darah, sedangkan polifenol dalam teh hitam bekerja melalui usus, karena terlalu besar untuk diserap ke dalam aliran darah.

Teh hitam membantu meningkatkan bakteri baik untuk usus, yang dapat menjaga metabolisme tetap berjalan dengan

Pada saat stres oksidatif semakin tinggi, maka intensitas proses oksidasi sel-sel tubuh menjadi semakin tinggi pula dan hal ini akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Polifenol berperan dalam melawan kerusakan tersebut.

Zat polifenol menyebabkan pelebaran arteri atau istilah medisnya vasodilatasi, sehingga dapat menurunkan tekanan darah, mencegah terjadinya penggumpalan darah, dan mengurangi kolesterol.

Mengkonsumsi teh hijau akan mengurangi resiko penyakit jantung yang seringkali meningkat pada penderita diabetes.

Pastikan ketika mengkonsumsi teh hijau untuk tidak menambahkan zat lain yang kadar gulanya tinggi, seperti susu dan gula alami. Ada baiknya Anda gunakan pemanis yang rendah kalori dan mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Teh Hijau sebagai Minuman yang Sehat untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes.

 

Tinggalkan Balasan