Tata Tertib Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 Secara Hybrid

Tata Tertib Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 Secara Hybrid

Amonggguru.com. Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 jatuh pada Rabu, 1 Juni 2022. Puncak peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 ditandai dengan pelaksanaan upacara secara hybrid (luring dan daring).

Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara hybrid ini sebagai upaya mendukung upaya pemerintah dalam mencegah, mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Indonesia.

Di dalam Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 diinformasikan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 akan dilaksanakan secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan masing-masing instansi pemerintah pusat dan daerah serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dilakukan secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) selaku Panitia Pelaksana Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara terpusat, melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada hari Rabu tanggal 1 Juni 2022 pukul 08.00 WITA.

Upacara dilakukan secara (hybrid) luring dan daring, yang dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden, pimpinan lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah provinsi, kabupaten/kota, perwakilan negara sahabat di Indonesia, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan para tokoh serta seluruh tamu undangan secara luring dan daring.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 di masing-masing instansi pemerintah pusat dan daerah serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri ditiadakan dan diganti dengan kegiatan mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur secara luring dan daring.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur disiarkan secara langsung pukul 08.00 WITA sampai selesai melalui saluran di kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP, dan siaran TV Nasional.

Lembaga. instansi, dan seluruh elemen masyarakat  diimbau untuk mengikuti jalannya Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui siaran langsung di kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP dan siaran TV Nasional dari kantor/ruang kerja/rumah/tempat tinggal masing-masing dengan tetap mematuhi protokol pencegahan covid-19.

Setiap kantor lembaga negara, kementerian/lembaga, Tentara Nasional Indonesia, Bank Indonesia, kejaksaan, kepolisian, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, pemerintahan daerah, badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, kampus, sekolah negeri dan swasta serta seluruh komponen masyarakat Indonesia juga diimbau untuk mengibarkan Bendera Merah Putih selama satu hari pada tanggal 1 Juni 2022.

Baca :

Berikut ini adalah tata tertib dan panduan pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara hybrid (luring dan daring), dikutip dari Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022.

Para Peserta dan/atau Tamu Undangan agar berkenan:

1. Bergabung dalam link video conference (zoom meeting) yang telah ditentukan paling lambat 15 (lima belas) menit sebelum Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dimulai pada pukul 08.00 WITA tanggal 1 Juni 2022.

2. Mengenakan pakaian sesuai Surat Edaran ini.

3. Menyalakan video selama Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022.

4. Mematikan microphone selama selama Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022.

5. Memastikan pencahayaan, posisi duduk, serta rasio wajah dengan layar komputer atau laptop proporsional selama mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022.

6. Tidak melakukan aktivitas lainnya ataupun meninggalkan layar komputer/laptop yang dapat menganggu khidmatnya Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022.

Demikian tata tertib Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 Secara Hybrid. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan