Tata Cara Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Tata Cara Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Amongguru.com. Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menyiapkan guru-guru profesional.

PPG Dalam Jabatan merupakan program pendidikan untuk menyiapkan guru dalam jabatan agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan, sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Guru dalam Jabatan adalah guru pegawai negeri sipil dan guru bukan pegawai negeri sipil yang sudah mengajar pada satuan pendidikan, baik yang diselenggarakan pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun masyarakat penyelenggara pendidikan yang sudah mempunyai perjanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama.

Baca : Perbedaan Antara PPG Prajabatan dengan PPG Dalam Jabatan

Pemerintah melalui, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek kembali akan membuka pendaftaran PPG Dalam Jabatan untuk pelaksanaan tahun 2022.

Terkait hal tersebut, maka Dirjen GTK telah menerbitkan informasi terkait dengan persiapan pendaftaran dan seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek menerbitkan Surat Edaran tentang Pendaftaran dan Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022.

Surat Edaran tentang Pendaftaran dan Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 tersebut bernomor 0248/B2/GT.00.03/2022 tertanggal 4 Februari 2022.

Salah satu poin penting yang diinformasikan pada Surat Edaran adalah mengenai tata cara pendaftaran PPG Dalam Jabatan tahun 2022.

Tata Cara Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 perlu dipahami oleh calon peserta  yang akan mendaftarkan diri mengikuti seleksi PPG Dalam Jabatan di tahun 2022 ini.

Berdasarkan jadwal di dalam Surat Edaran, pelaksanaan pendaftaran dan pengiriman berkas akan dilaksanakan mulai tanggal 10 sampai dengan 23 Februari 2022.

Sedangkan pengumuman hasil seleksi administrasi/pendaftaran dilakukan pada tanggal 4 Maret 2022.

Berikut ini adalah prosedur pendaftaran PPG Dalam Jabatan Tahun 2022.

1. Aplikasi pendaftaran calon peserta seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 dapat dibuka melalui laman https://pendaftaran.ppg.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun SIMPKB masing-masing.

2. Guru membuka situs tersebut untuk melakukan pendaftaran sebagai calon peserta dengan menggunakan akun SIMPKB masing-masing. Guru mengunggah (upload) hasil pindai (scan) ijazah asli S-1/D-IV. Bagi guru yang terkendala dengan akses internet, pendaftaran dapat dibantu oleh kepala sekolah atau dinas pendidikan.

3. Guru menetapkan bidang studi yang akan diikuti dalam PPG. Ketentuan penetapan program studi PPG adalah linier dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-IV yang dimiliki. Daftar linieritas program studi PPG pada Lampiran II.

4. Guru mengisi nama perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan ijazah S-1/D-IV.

5. LPMP melakukan verifikasi dan validasi kesesuaian berkas dengan syarat-syarat administrasi yang telah ditentukan diantaranya yaitu linieritas antara program studi PPG yang dipilih dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-4. Hasil verifikasi dan validasi tersebut dinyatakan dengan 3 (tiga) kategori sebagai berikut.

a. “Disetujui” jika berkas memenuhi syarat dan bidang studi PPG yang dipilih linier dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-IV.

b. “Tolak (permanen)” jika berkas tidak memenuhi syarat dan atau bidang studi studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV serta tidak dimungkinkan adanya perbaikan.

Contoh: Guru dengan kualifikasi akademik Sarjana Hukum tidak linier dengan program studi PPG yang ada.

Baca : Persyaratan Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

c. “Tolak (perbaikan)” jika berkas tidak lengkap dan/atau bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV tetapi dimungkinkan adanya perbaikan.

Contoh: Guru dengan kualifikasi akademik Sarjana Bahasa Inggris memilih program studi PPG Guru Kelas SD. Jika Guru tersebut ingin mengikuti PPG maka guru harus memperbaiki program studinya menjadi Bahasa Inggris.

Guru yang lolos verifikasi dan validasi yang berstatus “Disetujui” dinyatakan lolos seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan tahun 2022.

Baca : Linieritas Kualifikasi Pendidikan dengan Bidang Studi PPG Dalam Jabatan 2022

Demikian tata cara pendaftaran PPG Dalam Jabatan Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan