Tata Cara Pendaftaran dan Jadwal Seleksi CPNS Kemendikbud 2017

Tata Cara Pendaftaran dan Jadwal Seleksi CPNS Kemendikbud 2017

Amongguru.com. Berdasarkan informasi resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (MenPANRB), maka pada tahun 2017 ini akan dibuka kembali seleksi penerimaan CPNS pada beberapa instansi pemerintah secara terintegrasi.

Pemerintah memberi nama Seleksi CPNS Tahap II Tahun 2017 untuk memberikan peluang kepada para pelamar dalam mengisi kebutuhan pegawai di 60 Kementerian dan Lembaga serta satu wilayah pemekaran, yaitu Provinsi Kalimantan Utara. Baca juga : Informasi Resmi Lowongan Kerja CPNS Tahap II Tahun 2017.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merupakan salah satu instansi pemerintah yang ikut melakukan perekrutan CPNS pada tahun 2017 ini. Sebanyak 300 CPNS akan diterima untuk mengisi kekosongan lowongan pada delapan unit kerja di Kemendikbud tahun 2017. Silahkan Anda baca kembali : Unit Kerja Alokasi Formasi Seleksi CPNS Kemendikbud 2017.

Untuk melengkapi informasi terkait seleksi penerimaan CPNS Kemendikbud tahun 2017 ini, berikut Admin bagikan Tata Cara Pendaftaran dan Jadwal Seleksi CPNS Kemendikbud 2017. Informasi ini tentu sangat penting untuk Anda yang akan melamar CPNS di Kemendibud, sehingga Anda mengetahui secara jelas tahap-tahap pendaftaran yang akan dilaksanakan secara online tersebut.

Sebelum Anda membaca Tata Cara Pendaftaran dan Jadwal Seleksi CPNS Kemendikbud 2017, Admin sarankan untuk memahami terlebih dahulu apa saja kriteria dan persyaratan penerimaan CPNS Kemendikbud tahun 2017  di sini.

Tata Cara Pendaftaran Seleksi CPNS Kemendikbud 2017

Berikut ini tata cara pendaftaran seleksi CPNS Kemendikbud 2017.

  1. Pelamar wajib memiliki email yang aktif untuk mengikuti rekrutmen CPNS Kemendikbud.
  2. Pelamar wajib melakukan pendaftaran/registrasi secara online terlebih dahulu di portal nasional dengan alamat https://sscn.bkn.go.id. dengan mengisikan NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga, alamat email aktif, dan password akun portal SSCN. Selanjutnya pelamar wajib mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2017.
  3. Pelamar melakukan login ke portal SSCN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan dengan melengkapi biodata, memilih instansi, dan memilih jenis formasi sesuai instansi (pastikan bahwa instansi yang dituju adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, karena setiap pelamar hanya diperkenankan mendaftar pada 1 (satu) instansi, 1 (satu) jabatan, dan 1 (satu) jenis formasi). Selanjutnya pelamar dapat melakukan pendaftaran melalui portal mandiri instansi.
  4. Pelamar melakukan proses pendaftaran melalui laman CPNS Kemendikbud dengan alamat https://cpns.kemdikbud.go.id dengan melakukan login aplikasi cpns online untuk melengkapi isian data pendaftaran online dengan tahapan:
  • mengisi formulir data pendaftaran CPNS online dan mencetak lembar formulir pendaftaran. Pelamar wajib memilih zona (wilayah) tempat seleksi sesuai dengan yang diinginkan;
  • menyetujui Pernyataan Integritas bahwa data dan informasi yang disampaikan adalah benar;
  • menyetujui pernyataan komitmen untuk melanjutkan proses lamaran apabila telah dinyatakan lulus pada tahap seleksi akhir;
  • melakukan upload pas foto; dan
  • mencetak Kartu Tanda Peserta Seleksi setelah dinyatakan memenuhi persyaratan (MP) administrasi.

Jadwal Seleksi Penerimaan CPNS Kemendikbud 2017

Rencana jadwal seleksi penerimaan CPNS Kemendikbud tahun 2017 dapat Anda lihat di bawah ini.

NoKegiatanTanggal
1Pengumuman tentang Penerimaan CPNS di portal Nasional dan Kemendikbud5 september s.d. 19 September 2017
2Pendaftaran melalui CPNS online di portal Nasional (https://sscn/kbn.go.id/)11 September s.d. 25 September 2017
3Pendaftaran melalui CPNS online di portal Kemendikbud (https://sscn/kbn.go.id/)11 September s.d. 26 September 2017
4Pengiriman berkas pelamar ke PO BOX12 September s.d. 27 September 2017 Terakhir cap pos tanggal 27 September 2017 dengan terakhir pengambilan berkas pelamar di PO BOX oleh panitia tanggal 2 Oktober 2017. Bagi berkas yang sampai batas akhir pengambilan belum masuk PO BOX dinyatakan tidak memenuhi persyaratan administrasi.
5Seleksi administrasi27 September s.d. 4 Oktober 2017
6Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)9 Oktober 2017
7Cetak Kartu Tanda Peserta Seleksi9 Oktober s.d. 13 Oktober 2017
8Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)Dimulai tangal 14 Oktober 2017. Akhir penyelenggaraan SKD tergantung pada jumlah peserta.
9Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)27 Oktober 2017
10Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)Dimulai tangal 4 November 2017. Akhir penyelenggaraan SKB tergantung pada jumlah peserta.
11Integrasi nilai SKD dan SKB13 November s.d. 17 November 2017
12Pengumuman final kelulusan seleksi CPNS20 November 2017
13Pemberkasan21 November s.d. 10 Desember 2017

Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan penetapan jadwal dari Panselnas.

Informasi tentang Tata Cara Pendaftaran dan Jadwal Seleksi CPNS Kemendikbud 2017 ini admin dapatkan dari pengumuman resmi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017 Nomor 51580/A.A3/KP/2017 yang diunduh pada laman http://www.menpan.go.id.

Baca juga :

Sekian informasi tentang Tata Cara Pendaftaran dan Jadwal Seleksi CPNS Kemendikbud 2017

Semoga postingan ini dapat membantu Anda yang sedang mencari informasi tentang seleksi penerimaan CPNS 2017, khususnya pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Tinggalkan Balasan