Tambahan Nilai (Afirmasi) pada Seleksi Guru PPPK P3K Tahun 2021

Tambahan Nilai (Afirmasi) pada Seleksi Guru PPPK P3K Tahun 2021

Amongguru.com. Pendaftaran seleksi guru PPPK P3K tahun 2021 akan mulai dilaksanakan di akhir bulan Mei 2021 ini. Peserta seleksi perlu mulai mempersiapkan semua dokumen persyaratan yang akan diunggah saat pendaftaran.

Seleksi guru PPPK P3K tahun 2021 meliputi beberapa tahapan, mulai dari pengajuan formasi, pendaftaran, ujian seleksi, penempatan, hingga pemberkasan.

Baca :

Pendaftaran untuk menjadi guru PPPK P3K tahun 2021 terbuka untuk : (1) Guru honorer THK-2 sesuai database THK-2 di Badan Kepegawaian Negara; (2) Guru honorer yang terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan per 30 Juni 2020 (tidak harus memiliki NUPTK); dan (3) Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar sebagai guru.

Pendaftaran seleksi guru PPPK melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) Badan Kepegawaian Negara. Setiap peserta mendapatkan kesempatan untuk mengikuti ujian seleksi hingga tiga kali.

Penetapan mekanisme tahapan seleksi guru PPPK P3K tahun 2021 berdasarkan hasil keputusan rapat koordinasi antara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Di dalam seleksi guru PPPK tahun 2021, pemerintah akan memberikan nilai tambah atau afirmasi yang bisa membantu kelulusan peserta seleksi.

Nilai tambah seleksi PPPK khusus untuk peserta dari Guru Honorer. Pemberian nilai tambah ini pada penilaian Kompetensi Teknis dengan kriteria tertentu.

Berikut adalah tambahan nilai (Afirmasi) pada seleksi Guru PPPK P3K tahun 2021.

1. Sertifikat Pendidik

Sertifikat Pendidik memiliki nilai tambah 100% dari nilai maksimal Kompetensi Teknis (Seleksi Kompetensi Bidang).

Hal ini artinya, jika peserta seleksi memiliki sertifikat pendidik yang linier dengan formasi yang dipilih, maka akan mendapatkan nilai tambah 100 pada tahap Seleksi Kompetensi Bidang.

2. Usia

Usia memiliki nilai tambah 15% dari nilai maksimal Kompetensti Teknis. Akan tetapi, ketentuan nilai tambah usia ini hanya berlaku untuk peserta di atas 35 tahun. Peserta juga berstatus aktif sebagai Guru selama tiga tahun terakhir berdasarkan Data Dapodik.

3. Disabilitas

Disabilitas memiliki nilai tambah 10% dari nilai maksimal Kompetensi Teknis. Kriteria disabilitas yang dapat mengikuti seleksi guru PPK tahun 2021 akan ditentukan oleh Kemendikbud. Verifikasi akan dilakukan oleh Kemendikbud dengan metode verifikasi video.

4. Guru Honorer THK-II

Guru Honorer THK-II mendapatkan tambahan nilai sebesar 10% dari nilai maksimal Kompetensi Teknis. Syaratnya adalah Guru Honorer THK-II tersebut terdaftar di data base THK-II BKN dan berstatus aktif sebagai guru selama 3 tiga tahun terakhir (berdasarkan Data Dapodik).

Tinggalkan Balasan