Tahapan Pengadaan Guru ASN PPPK Tahun 2021

Tahapan Pengadaan Guru ASN PPPK Tahun 2021

Amongguru.com. Pemerintah pada tahun 2021 berencana untuk melakukan seleksi guru ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Seleksi guru ASN PPPK tahun 2021 akan dilakukan pada guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan.

Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar juga diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi guru ASN PPPK tahun 2021.

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) merupakan Pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) sesuai dengan kebutuhan Instansi Pemerintah dan ketentuan Undang-Undang ASN.

PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Seleksi Guru ASN PPPK Tahun 2021

Pengadaan guru ASN PPPK tahun 2021 dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah. Penilaian akan dilakukan secara objektif berdasarkan kompetensi, kualifikasi, kebutuhan Instansi Pemerintah, dan persyaratan lain yang dibutuhkan dalam jabatan.

Secara lebih khusus, Seleksi guru ASN PPPK tahun 2021 akan membenahi tiga hal, yaitu perbaikan tata kelola guru, penyelesaian isu guru honorer, dan reformasi birokrasi dengan peningkatan kualitas layanan publik oleh Aparatur Sipil Negara (ASN).

Berdasarkan Data Pokok Pendidikan, Kemendikbud mengestimasi bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri, di luar guru PNS yang saat ini mengajar, mencapai satu juta guru.

Melalui rekrutmen guru melalui skema rekrutmen ASN PPPK sesuai kebutuhan, akan dapat mendorong produktivitas ASN dengan SDM yang memiliki kualifikasi, kompetensi dan kinerja baik.

Selain itu juga dapat meningkatkan kualitas layanan publik terutama kepada peserta didik dengan kualitas SDM ASN yang baik, memperjelas status guru dengan menjadi Aparatur Sipil Negara, dan meningkatkan kesejahteraan guru karena gaji dan tunjangannya setara dengan PNS. Kebutuhan guru secara nasional pun dapat dipenuhi dan terdistribusi dengan lebih baik.

Dukungan Pemerintah Dalam Seleksi Guru ASN PPPK

Untuk mendaftar dan mengikuti ujian seleksi menjadi guru PPPK, Kemendikbud akan menyediakan materi pembelajaran online untuk membantu kesiapan mengikuti ujian seleksi
guru PPPK.

Setiap pendaftar diberi kesempatan mengikuti ujian seleksi hingga tiga kali. Semua biaya ujian seleksi ditanggung oleh Kemendikbud, sehingga tidak ada pemerintah daerah yang
terhambat dalam pelaksanaan ujian karena keterbatasan anggaran.

Baca : Materi Ujian Tes Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 dan Jadwal Pelaksanaan

Tahapan Pengadaan Guru ASN PPPK Tahun 2021

Berikut ini adalah tahapan pengadaan guru ASN PPPK tahun 2021.

1. Pendaftaran

  • Pendaftar memilih satu dari tiga kategori (Guru Honorer / Individu baru yang telah memiliki sertifikat pendidik / Guru Honor K2)
  • Pendaftar menginput ID berupa: Nomor Registrasi K2 / NUPTK / NIK / Nomor Sertifikat Pendidik.

2. Seleksi Administrasi

  • Seleksi berkas berupa: Pernyataan tanggung jawab mutlak, KTP, dan Surat lamaran.
  • Pengecekan linieritas mata pelajaran dengan sertifikat pendidik atau latar belakang Pendidikan (by system)
  • Pengecekan nomor mahasiswa terkait ijazah dan jurusan (by system)

3. Asesmen

  • Tipe konten asesmen: Kompetensi teknis; Manjerial dan sosio kultural; dan Pertanyaan
    wawancara yang dijawab tertulis.
  • Peserta diberi kesempatan mengikuti ujian seleksi hingga tiga kali.

4. Pengumuman

  • Panselnas menerima hasil asesmen.
  • BKN melakukan perangkingan peserta sesuai formasi per kabupaten/kota.
  • Panselnas menyerahkan hasil perangkingan peserta sesuai formasi ke Pemerintah Daerah.
  • Pemerintah daerah mengumumkan peserta yang lulus beserta sekolah penempatan.

5. Pemberkasan

  • Pemerintah Daerah membuat SK Pengangkatan serta kontrak.
  • Pemerintah Daerah menyerahkan SK Pengangkatan serta kontrak

Tahapan pengadaan dan perkembangan persiapan rekrutmen Guru ASN PPPK Tahun 2021 secara lengkap dapat dibaca dan diunduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian informasi mengenai tahapan pengadaan guru ASN PPPK tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan