Syarat Pendaftaran Program PPG Prajabatan Biaya Mandiri Tahun 2020

Syarat Pendaftaran Program PPG Prajabatan Biaya Mandiri Tahun 2020

Amongguru.com. Kemendikbud Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan membuka pendaftaran Program PPG Prajabatan (Biaya Mandiri) Tahun 2020.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah sebuah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru, agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Tujuan program PPG adalah agar lulusan dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional, baik pada jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar, maupun pendidikan menengah.

Program PPG akan menghasilkan guru-guru profesional yang diharapkan dapat mencetak lulusan unggul dan siap menghadapi tuntutan jaman.

Baca : Inilah 4 Standar Kompetensi Guru dan Indikator Pengukurannya

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dilaksanakan sesuai amanat undang-undang, baik Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen maupun Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Di dalam Bab I Ketentuan Umum Pasal 2 Undang-Undang Guru dan Dosen dijelaskan bahwa guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Pengakuan kedudukan guru sebagai tenaga profesional tersebut dibuktikan dengan dimilikinya sertifikat pendidik.

Pasal 17 (1) Undang-Undang Pendidikan Tinggi juga menyatakan bahwa pendidikan profesi merupakan Pendidikan Tinggi setelah program sarjana yang menyiapkan mahasiswa dalam pekerjaan yang memerlukan persyaratan keahlian khusus.

Program Studi PPG yang dirancang secara sistematis dan menerapkan prinsip mutu mulai dari seleksi, proses pembelajaran dan penilaian,hingga uji kompetensi, diharapkan akan menghasilkan guru-guru masa depan yang profesional yang dapat menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan berkarakter.

Baca : Kisi-kisi dan Latihan Soal Pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2019

Program Studi PPG dapat diselenggarakan dalam dua bentuk, yaitu PPG Bersubsidi dan PPG Swadana. PPG

Bersubsidi adalah penyelenggaraan PPG yang pembiayaan pendidikannya dibantu oleh pemerintah.

Sedangkan PPG Swadana adalah penyelenggaraan PPG yang pembiayaan pendidikannya ditanggung sepenuhnya oleh mahasiswa (biaya mandiri).

Terkait dengan rencana pelaksanaan program PPG Prajabatan tahun 2020, maka Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan (Kemendikbud) membuka sebanyak 13 (tiga belas bidang studi PPG.

Bidang Studi PPG yang dibuka dalam pendaftaran dan seleksi Program PPG tahun 2020 adalah sebagai berikut.

1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (SD)

2. Bimbingan dan Konseling (BK)

3. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

4. Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Penjasorkes)

5. Bahasa Inggris

6. Matematika

7. Ekonomi

8. Sejarah

9. Akuntansi dan Keuangan

10. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

11. Teknik Otomotif

12. Perhotelan dan Jasa Pariwisata

13. Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura

Pendaftaran secara online Program PPG tahun 2020 akan dimulai dari tanggal 02 sampai 20 Januari 2020. Seleksi Administrasi dilakukan mulai tanggal 15 sampai 31 Januari 2020.

Sedangkan pengumuman hasil seleksi administrasi akan dilaksanakan pada tanggal 04 Februari 2020.

Pendaftaran online Program PPG Tahun 2020 dilakukan pada laman http://pendaftaran.ppg.ristekdikti.go.id berdasarkan jadwal pendaftaran yang sudah ditentukan.

Biaya pendaftaran PPG tahun 2020 sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) dibayarkan melalui virtual account di BNI atau BTN, atau Bank Mandiri yang diperoleh pada saat proses pendaftaran online.

Pendaftaran dan pemenuhan persyaratan seleksi (berupa soft file) diunggah (upload) melalui laman http://pendaftaran.ppg.ristekdikti.go.id paling lambat tanggal 30 Januari 2020 pukul 23.59.

Informasi lengkap mengenai jadwal pelaksanaan program PPG Prajabatan tahun 2020 dapat dibaca di sini.

Linieritas program studi S1/D4 mengacu kepada linieritas untuk penerimaan peserta PPG Dalam Jabatan. Untuk mengetahui daftar linieritas program studi PPG Prajabatan  tahun 2020, silakan baca di sini.

Seleksi program PPG Prajabatan tahun 2020 meliputi 3 (tiga) tiga bentuk, sebagai berikut.

1. Seleksi Administratif

2. Seleksi Akademik

3. Seleksi Bakat Minat Kepribadian dan Panggilan Jiwa

Syarat Pendaftaran Program PPG Prajabatan Biaya Mandiri Tahun 2020

Berikut ini adalah syarat pendaftaran program PPG Prajabatan Biaya Mandiri Tahun 2020 berdasarkan Edaran Pengumuman Seleksi Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Tahun 2020 dari Kemendikbud Nomor 1141/E/PB/2019.

1. Lulusan Sarjana / Diploma IV dari program studi terakreditasi minimal B.

2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 3,00 (tiga koma nol).

3. Berusia setinggi-tingginya 34 (tiga puluh empat) tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun pendaftaran.

4. Program studi S1/D4 linier dengan bidang studi pada program PPG, sesuai dengan Surat Direktur Pembelajaran Ditjen belmawa Kemenristekdikti Nomor B/1016/B2.2/PB.05/2019 tanggal 24 September 2019 tentang Persetujuan Linieritas Kualifikasi S1/D4 dengan Program Studi PPG dalam Jabatan.

5. Calon peserta terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI).

6. Bebas Napza, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari BNN atau yang berwenang (dibawa pada saat lapor diri).

7. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/puskesmas (dibawa pada saat lapor diri).

8. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian (dibawa pada saat lapor diri).

Demikian informasi mengenai syarat pendaftaran Program PPG Prajabatan Biaya Mandiri Tahun 2020. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan