Susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021

Susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021

Amongguru.com. Bangsa Indonesia kembali akan memperingati Hari Pahlawan di tahun 2021 ini. Pada tahun 2021 ini, seluruh bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan yang ke-76.

Meskipun dalam masa pandemi covid, Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna.

Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta membantu sesama yang membutuhkan sesuai kemampuan dan profesi masingmasing.

Puncak peringatan Hari Pahlawan ke-76 adalah pada hari Rabu, 10 November 2021 yang ditandai dengan acara seremonial, yaitu Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021.

Penetapan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang ditandatangani oleh Presiden Soekarno.

Sejarah Hari Pahlawan ditandai dengan pertempuran hebat yang terjadi di Surabaya antara arek-arek Surabaya dengan tentara Belanda dan Sekutunya pada tanggal 10 November 1945.

Pedoman Upacara Bendera Hari Pahlawan Tahun 2021

Pedoman Penyelenggaraan Upacara Hari Pahlawan Tahun 2021 tertuang dalam Pedoman Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 yang diterbitkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Di dalam Pedoman penyelenggaran Upacara Bendera Hari Pahlawan 2021 diinformasikan bahwa pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 dilaksanakan secara khidmat, Tertib dan Sederhana dengan mengutamakan protokol kesehatan

Tema yang diangkat pada Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 adalah ”Pahlawanku Inspirasiku”. Upacara bendera memperingati Hari Pahlawan tahun 2021 ini akan dilaksananakan pada hari Rabu, 10 November 2021 mulai pukul 08.00 waktu setempat di lapangan terbuka atau menyesuaikan.

Upacara Bendera dilaksanakan dengan jumlah terbatas di Instansi Pemerintah dan Non Pemerintah, serta Lembaga-Lembaga.

Pada Upacara Bendera tersebut Pembina Upacara membacakan Amanat Menteri Sosial dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2021.

Baca : Download Logo Hari Pahlawan Tahun 2021 dan Maknanya

Bagi pegawai di lingkungan Instansi Pemerintah dan Non Pemerintah, Lembaga-Lembaga yang tidak dapat menyelenggarakan upacara bendera dapat menyaksikan Upacara Ziarah Nasional di TMPN Utama Kalibata dengan Inspektur Upacara Pesiden RI melalui siaran TVRI atau Chanel Youtube Kemensos RI.

Susunan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021

Berikut ini adalah susunan upacara peringatan Hari Pahlawan 2021 berdasarkan pedoman penyelenggaraan upacara peringatan Hari Pahlawan ke-76 Tahun 2021.

1. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara.

2. Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara.

3. Pengibaran bendera Merah Putih diiringi Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya ” yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara.

4. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina Upacara.

5. Pembacaan Pancasila.

6. Pembacaan Pembukaan UUD 1945.

6. Pembacaan pesan-pesan Pahlawan (ditentukan panitia).

7. Amanat Pembina Upacara.

8. Pembacaan Do’a.

9. Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara.

10. Penghormatan kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara.

11. Upacara selesai.

Catatan :

Apabila Upacara terpaksa tidak dapat dilaksanakan di lapangan terbuka, pengibaran Bendera Merah Putih diganti dengan Bendera Merah Putih yang sudah dipasang di tiang.

Akan tetapi pokok-pokok acara lainnya wajib diikuti dengan penyesuaian seperlunya dan menyesuaikan dengan protokol kesehatan.

Demikian susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan