Susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019

Susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019

Amongguru.com. Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Ditetapkannya Hari Guru Nasional ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 78 Tahun 1994, yang kemudian dimantapkan oleh Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Hari Guru Nasional diperingati dengan mengacu pada hari lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia, sebuah organisasi profesi guru terbesar di Indonesia yang lahir pada tanggal 25 November 1945.

Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat.

Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Dengan demikian, guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa.

Sebagai penghormatan kepada guru, maka pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional.

Untuk memperingati momentum yang berharga tersebutm, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru.

Salah satu bentuk penghargaan tersebut adalah dengan diselenggarakannya Upacara Bendera Memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2019.

Susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019

Kegiatan Hari Guru Nasional tahun 2019 diperingati dengan melaksanakan upacara bendera Peringatan Hari Guru Nasional 2019 pada hari Senin tanggal 25 November 2019 secara tertib, khidmat, dan sederhana dengan mengacu pada pedoman upacara bendera. Unduh Pedoman Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional 2019 di sini.

Berikut ini adalah susunan upacara bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 berdasarkan pedoman pelaksanaan penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2019.

1. Pembina upacara memasuki lapangan upacara.

2. Penghormatan kepada Pembina Upacara, dipimpin oleh Pemimpin Upacara.

3. Laporan Pemimpin Upacara.

4. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

5. Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Pembina Upacara.

6. Pembacaan Teks Pancasila diikuti oleh seluruh Peserta Upacara.

7. Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

8. Menyanyikan lagu Hymne Guru oleh Paduan Suara.

9. Amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (unduh di sini).

10. Menyanyikan lagu Terima Kasih Guru oleh Paduan Suara.

11. Pembacaan Doa (unduh di sini).

12. Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara.

13. Penghormatan kepada Pembina Upacara.

14. Pembina Upacara meninggalkan tempat upacara.

15. Upacara selesai.

Kelengkapan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional 2019

A. Teks Pancasila

PANCASILA

1. Ketuhanan Yang Maha Esa.

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.

3. Persatuan Indonsia.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh khikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

B. Teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945

UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945

P e m b u k a a n 

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. 

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya. 

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

C. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta

LAGU MENGHENINGKAN CIPTA

Instrumen lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta dapat diunduh pada tautan di bawah ini.

– Instrumen Lagu Kebangsaan Indonesia Raya (Download)

– Instrumen Lagu Mengheningkan Cipta (Download)

D. Lagu Hymne Guru

E. Lagu Terima Kasih Guru

Demikian susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan