Susunan dan Gerak Partikel Berbagai Wujud Zat (Padat, Cair, dan Gas)

Susunan dan Gerak Partikel Berbagai Wujud Zat (Padat, Cair, dan Gas)

Amongguru.com. Partikel merupakan sebutan satuan dasar dari suatu zat atau materi. Partikel dapat juga diartikan sebagai bagian terkecil dari zat yang masih memiliki sifat dari zat tersebut. Zat adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruangan.

Terdapat tiga jenis partikel penyusun suatu zat, yaitu atom, ion, dan molekul. Ketiganya merupakan satuan terkecil dari suatu zat yang secara umum disebut sebagai partikel.

Apabila sepotong besi dipotong menjadi dua bagian, kemudian potongan tersebut dipotong kembali menjadi bagian yang lebih kecil, demikian seterusnya sampai tidak dapat dipotong lagi dan menjadi bagian terkecil, maka bagian terkecil ini dinamakan partikel (atom).

Susunan dan Gerak Partikel Berbagai Wujud Zat (Padat, Cair, dan Gas)

Susunan dan Gerak Partikel Berbagai Wujud Zat (Padat, Cair, dan Gas)

Susunan partikel akan memengaruhi sifat dari suatu zat. Zat berdasarkan wujudnya dibedakan menjadi tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Ketiga wujud zat tersebut memiliki susunan partikel yang berbeda-beda, sehingga memiliki sifat fisik yang juga berbeda.

Contoh dari zat padat adalah kayu, batu, kertas, dan logam. Kelompok b misanya sirup, alkohol, kecap, susu, dan air teh. Sedangkan contoh gas, antara lain oksigen, karbondioksida, helium, dan CFC.

1. Partikel Zat Padat
Gambar Partikel Zat Padat - susunan partikel zat padat

Zat padat tersusun atas partikel-partikel yang teratur serta mempunyai jarak antarpartikel yang sangat dekat dan rapat. Kondisi tersebut menjadikan ikatan dan gaya tarik menarik antarpartikel zat padat sangat kuat. Susunan partikel yang rapat menyebabkan partikel zat pada tidak dapat bergerak bebas dan hanya bergetar serta berputar ditempatnya.

Gaya tarik-menarik antarpartikel dapat terjadi antara partikel-partikel yang sejenis maupun antara partikel-partikel yang tidak sejenis. Gaya tarik-menarik antarpartikel yang sejenis disebut kohesi, dan gaya tarik-menarik antarpartikel yang tidak sejenis disebut adhesi.

Karena kerapatan susunan partikelnya, maka zat padat dapat mempertahankan bentuk dan volumenya, sehingga bentuk dan volumenya tidak berubah (tetap).

Gaya tarikmenarik antarpartikel zat padat sangat kuat. Hal ini menyebabkan partikel tidak dapat bergerak secara bebas untuk berpindah tempat. Keadaan ini menyebabkan zat padat dapat mempertahankan bentuk dan volumenya sehingga zat padat selalu mempunyai bentuk dan volume yang tetap.

2. Partikel Zat Cair

Gambar Partikel Zat Cair - Susunan partikel zat cair

Apabila dibandingkan dengan zat padat, maka zat cair memiliki susunan partikel yang kurang teratur dan juga kurang rapat. Hal tersebut menyebabkan partikel zat cari dapat bergerak dan berpindah tempat meskipun terbatas. Kurang rapatnya susunan partikel pada zat cair menyebabkan gaya tarik menarik antar partikelnya tidak begitu kuat.

Karena partikel-partikel penyusun zat cair tidak dapat memisahkan diri dari kelompoknya, maka volume zat cair akan selalu tetap, meskipun bentuknya selalu berubah mengikuti tempatnya.

3. Partikel Zat Gas
Gambar Partikel Zat Gas - Susunan partikel zat gas

Jarak antar partikel pada zat padat sangat berjauhan, sehingga gaya tarik menarik antar partikelnya sangat lemah, Karena jaraknya yang berjauhan inilah, sehingga partikel-partikel gas dapat bergerak dan berpindah tempat dengan bebas.

Hal tersebut menyebabkan gas tidak dapat mempertahankan bentuk dan volumenya, sehingga bentuk dan volue gas selalu berubah-ubah mengikuti ruang yang ditempatinya.

Kesimpulan :

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan sifat-sifat zat padat, cair, dan gas sebagai berikut.

1. Sifat Zat Padat

  • Susunan partikelnya sangat rapat dan teratur
  • Gaya tarik menarik antar partikelnya kuat
  • Partikel tidak dapat bergerak bebas, hanya bergetar ditempatnya
  • Memiliki bentuk tetap
  • Memiliki volume tetap

2. Sifat Zat Cair

  • Susunan partikelnya kurang rapat dan kurang teratur
  • Gaya tarik menarik antar partikelnya kurang kuat
  • Partikel dapat bergerak tapi terbatas
  • Memiliki bentuk yang tidak tetap (menyesuaikan wadah)
  • Memiliki volume tetap

3. Sifat Gas

  • Susunan partikelnya sangat berjauhan dan tidak teratur
  • Gaya tarik menarik antar partikelnya sangat lemah
  • Partikel dapat bergerak dan berpindah tempat dengan bebas
  • Memiliki bentuk tidak tetap
  • Memiliki volume tidak tetap

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Susunan dan Gerak Partikel Berbagai Wujud Zat (Padat, Cair, dan Gas). Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan