Surat Pemberitahuan Kemendikbud tentang Pelaksanaan Kegiatan Masa Covid-19

Surat Pemberitahuan Kemendikbud tentang Pelaksanaan Kegiatan Masa Covid-19 

Amongguru,com. Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Surat Pemberitahuan Pelaksanaan Kegiatan Masa Covid-19.

Surat Pemberitahuan tentang Pelaksanaan Kegiatan Masa Covid-19 ini ditujukan kepada :

1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi;

2. Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi;

3. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I s.d.XV seluruh Indonesia; dan

4. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Pusat Prestasi Nasional sebagai satuan kerja di Kemendikbud yang bertugas memfasilitasi pengembangan prestasi peserta didik dan satuan satuan pendidikan  tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik di dalam situasi pandemi Covid-19 ini.

Di dalam surat edaran tersebut disampaikan bahwa seluruh kegiatan pengembangan prestasi peserta didik, karena situasi pandemik yang belum mereda, telah dirancang untuk dilakukan secara daring (virtual).

Pengembangan prestasi ini dirancang untuk seluruh bidang lomba/festival pada seluruh jenjang mulai dari tingkat daerah hingga ke tingkat internasional.

Sebelumnya, terkait dengan Kegiatan Lomba-lomba Tahun 2020, Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbud juga telah mengeluarkan edaran nomor 0093/J3/TU/2020 tentang Penundaan Kegiatan Lomba-lomba Tahun 2020.

Berbagai lomba/festival di bidang sains, seni, literasi, bahasa, vokasi, kewirausahaan, dan olahraga, akan diadaptasikan secara daring (online).

Lomba secara daring ini dilakukan dalam berbagai wujud aplikasi yang bisa diakses oleh peserta didik yang harus tetap berada di rumah.

Diperlukan beberapa adaptasi dan pendampingan dari orang tua/orang dewasa, guru/kepala sekolah kepada peserta didik untuk mengikuti lomba/festival sesuai dengan minat dan potensinya.

Dengan demikian, kerjasama orangtua dan pihak sekolah diperlukan agar peserta didik tetap bisa berprestasi di masa pandemi ini, dengan tetap mengutamakan untuk menjaga kesehatannya.

Pusat Prestasi Nasional juga menerbitkan pedoman umum dan pedoman teknis penyelenggaraan kegiatan lomba/festival atas arahan dari Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), Satgas Penanggulangan/Pencegahan Covid-19 dan berbagai pihak terkait,

Pedoman tersebut dapat dilihat serta diakses dalam laman resmi Puspresnas http://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id dan juga melalui media sosial resmi Puspresnas.

Agenda Umum Kegiatan Masa Pandemi

Pusat Prestasi Nasional telah mengatur agenda umum pelaksanaan kegiatan lomba/festival secara tematik setiap bulan pada sisa tahun pandemik ini sebagai berikut,

1. Bulan September : Prestasi bidang seni, bahasa, dan literasi.
2. Bulan Oktober : Prestasi bidang sains, riset, teknologi, dan inovasi.
3. Bulan November/Desember : Prestasi bidang vokasi, olahraga dan kesehatan jasmani.

Untuk bidang olahraga, pada tahun ini Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) hanya untuk cabang Pencak Silat dan Karate yang dilakukan secara daring.

Demikian juga untuk Gala Siswa Indonesia (GSI), lomba sepakbola jenjang SMP, dilakukan secara daring untuk seleksi daerah.

GSI sedang menjadi pertimbangan bersama PSSI jika dapat dilakukan secara onsite pada bulan November 2020 untuk tingkat nasional.

Berbagai kegiatan pada tingkat perguruan tinggi tetap dipertahankan dengan berbagai adaptasi secara daring/online.

Beberapa kegiatan seperti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) pada tingkat nasional masih dipertimbangkan untuk dilakukan secara luring/onsite/blended dengan mengikuti perkembangan kondisi pandemi di bulan September 2020.

Kompetisi Penelitan Siswa Indonesia (KOPSI) dan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI), yang sejak 3 tahun terakhir ini registrasi dan seleksinya telah dilakukan secara daring, maka 2 (dua) kegiatan ini sudah dimulai proses seleksinya sejak bulan Mei/Juni 2020 hingga bulan Oktober 2020 dengan sejumlah penyesuaian di beberapa bidang IPA.

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK dan Pendidikan Khusus tahun ini ditetapkan semuanya dilakukan secara daring. LKS Nasional akan dilaksanakan secara daring/virtual pada awal November 2020.

Seleksi tingkat provinsi untuk SMK telah dilakukan oleh 19 Provinsi (sebelum pandemi) dan 15 lainnya belum melaksanakan.

Kompetisi internasional di semua jenjang secara umum dibatalkan, kecuali untuk beberapa olimpiade sains tingkat SMA (ICHO, IBO, IEO, IOI, IESO, IOAA), lomba peneltian internasional (YIC) tetap dilaksanakan secara daring, dan festival seni poster (IHSAF) di Jepang.

Semua kegiatan festival/lomba secara virtual tersebut menghendaki peserta didik tetap di rumah. Marwah kompetisi dan integritas akan sangat tergantung pada diri peserta didik sendiri dan orang tua/keluarga di rumah.

Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga semua proses ini dapat berlangsung dengan lancar, aman, sehat, tertib, penuh integritas dan keteladanan.

Surat Pemberitahuan Kemendikbud tentang Pelaksanaan Kegiatan Masa Covid-19 secara lengkap dapat dilihat dan di unduh pada tautan di bawah ini.

Unduh

Demikian surat pemberitahuan Kemendikbud tentang pelaksanaan kegiatan masa Covid-19. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan