Surat Edaran tentang Akun belajar.id sebagai SSO SIMPKB

Surat Edaran tentang Akun belajar.id sebagai SSO SIMPKB

Amongguru.com. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek telah menerbitkan Surat Edaran tentang Akun belajar.id sebagai SSO SIMPKB.

Surat Edaran tersebut bernomor 0697/B.B5/GT.01.15/2022 tertanggal 15 Februari 2022 perihal Akun belajar.id sebagai SSO SIMPKB.

Surat Edaran terkait akun belajar.id sebagai SSO SIMPKB ini ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Propinsi, Kab/Kota Seluruh Indonesia serta Guru dan Tenaga Kependidikan Seluruh Indonesia.

Di dalam Surat Edaran disampaikan bahwa Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB) yang dipergunakan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan bertujuan meningkatkan layanan akses dan kualitas keprofesian guru dan tenaga kependidikan untuk mencapai mutu pendidikan yang berkualitas.

Baca : Surat Edaran Pelaksanaan Asesmen Nasional AN Tahun 2021 Susulan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terus melakukan perubahan dan perbaikan layanan khususnya pemanfaatan platform teknologi sesuai dengan Persesjen Nomor 16 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pemanfaatan Data Pokok Pendidikan untuk akun akses layanan pembelajaran.

Para Guru dan Tenaga Kependidikan dihimbau untuk melakukan aktivasi dan memanfaatkan akun belajar.id sebagai penunjang pembelajaran daring yang diselenggarakan oleh sekolah di masa pandemi maupun kondisi kenormalan baru.

Pemanfaatan akun belajar.id dioptimalkan menjadi layanan satu akun untuk semua dengan konsep Single Sign On (SSO).

Sehubungan dengan hal tersebut, diberitahukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Propinsi, Kabupaten, dan Kota serta Guru dan Tenaga Kependidikan di seluruh Indonesia terhitung mulai tanggal 12 Maret 2022 akun belajar.id akan digunakan sebagai SSO SIMPKB guna menyempurnakan layanan kepada Guru dan Tenaga Kependidikan.

Adapun petunjuk dan tata cara penggunaan SSO akun belajar.id dapat diperoleh pada laman login SIMPKB itu sendiri.

Baca : Panduan Registrasi SIMPKB Registrasi Akun Guru (Untuk Guru)

Surat Edaran tentang Akun belajar.id sebagai SSO SIMPKB selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian Surat Edaran Dirjen GTK, Kemendikbudristek tentang Akun belajar.id sebagai SSO SIMPKB. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan