Surat Edaran Pengisian Survei Lingkungan Belajar AN Tahun 2021

Surat Edaran Pengisian Survei Lingkungan Belajar AN Tahun 2021

Amongguru.com. Badan Stadar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek telah mengumumkan pengisian Survei Lingkungan Belajar sebagai bagian dari Asemen Nasional (AN) Tahun 2021. Pengisian Survei Lingkungan Belajar ini untuk kepala satuan pendidikan dan pendidik.

Pengumuman terkaitĀ pengisian Survei Lingkungan Belajar tersebut tertuang dalam Surat Edaran Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Nomor 1424/H4/PG.00.02/2021 tertanggal 17 September 2021.

Surat Edaran ditujukan langsung kepada operator dan proktor satuan pendidikan jenjang Pendidikan Dasar maupun Menengah di seluruh Indonesia.

Surat Edaran ditandatangani langsung oleh Kepala Pusat Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Asrijanty, Ph.D.

Di dalam Surat Edaran disampaikan bahwa Survei Lingkungan Belajar bertujuan untuk memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Oleh karena itu, melalui Survei Lingkungan Belajar akan dapat memberikan informasi komprehensif mengenai input dan proses pembelajaran.

Terkait hal tersebut, maka dalam pelaksanaan Asesmen Nasional (AN), seluruh kepala satuan pendidikan dan pendidik (guru) diwajibkan mengisi instrumen Survei Lingkungan Belajar.

Lebih lanjut disampaikan bahwa waktu pengisian Survei Lingkungan Belajar AN, akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal Asesmen Nasional untuk masing-masing jenjang.

Pengisian Survei Lingkungan Belajar untuk kepala satuan pendidikan dan pendidik (guru) dilaksanakan sesuai jadwal pada masing-masing jenjang yang sudah ditetapkan melalui POS pelaksanaan AN.

Baca : POS Penyelenggaraan Asesmen Nasional AN Tahun 2021

Sebelum pengisian survei lingkungan belajar, masing-masing kepala sekolah dan guru akan diberikan kartu login untuk bisa mengakses laman survei yang beralamatkan di https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login.

Survei Lingkungan Belajar bertujuan memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga hasil asesmen nasional secara komprehensif memberikan profil satuan pendidikan dari input-proses-output.

Setiap respon yang diberikan diharapkan dapat mencerminkan kondisi satuan pendidikan sesungguhnya dan menjadi informasi reflektif.

Oleh karena itu; kejujuran, keaktifan, serta kelengkapan dalam pengisian survei lingkungan belajar akan menjadi kunci kualitas informasi yang akan diterima oleh satuan pendidikan.

Demi kelancaran pengisian survei tersebut, seluruh operator/proktor satuan pendidikan agar melakukan cetak kartu login pengisian survei. Informasi detail mengenai mekanisme cetak kartu login.

Hal-hal lain terkait pengisian Survei Lingkungan Belajar dapat diakses melalui laman https://dashboardslb.kemdikbud.go.id.

Surat Edaran tentang Pengisian Survei Lingkungan Belajar AN Tahun 2021 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan di bawah ini.

Unduh

Demikian Surat Edaran tentang Pengisian Survei Lingkungan Belajar Asesmen Nasional Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan