Surat Edaran Kemenag tentang Peniadaan PPG Madrasah Tahun 2020

Surat Edaran Kemenag tentang Peniadaan PPG Madrasah Tahun 2020

Amongguru.com. Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan Surat Edaran Nomor B-878.1/Dt.I.II/PP.00/05/2020 tentang Peniadaan Program Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan bagi Guru Madrasah Tahun 2020.

Surat Edaran tentang Peniadaan PPG Madrasah Tahun 2020 ini diterbitkan di Jakarta, tanggal 5 Mei 2020. Surat edaran ditandatangani oleh Suyitno, selaku a,n, Dirjen, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah.

Surat edaran ditujukan kepada para Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Cq. Kepala Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam di seluruh Indonesia.

Di dalam Surat Edaran tersebut diinformasikan bahwa Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam tidak melaksanakan program pendidikan profesi guru dalam jabatan bagi guru madrasah tahun 2020.

Keputusan tersebut disampaikan sehubungan dengan situasi dan kondisi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang sampai saat ini belum selesai.

Baca : Pendidikan Profesi Guru (PPG), Tujuan, dan Manfaatnya Bagi Guru

Selain itu, keputusan meniadakadan program PPG dalam jabatan bagi guru madrasah tahun 2020 ini karena telah dilakukannya refocusing anggaran program pendidikan profesi guru dalam jabatan bagi guru madrasah pada DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam untuk penanganan Covid-19.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) sendiri adalah sebuah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru, agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Program PPG dilaksanakan sesuai amanat undang-undang, baik Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen maupun Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Di dalam Bab I Ketentuan Umum Pasal 2 Undang-Undang Guru dan Dosen dijelaskan bahwa guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Pengakuan kedudukan guru sebagai tenaga profesional tersebut dibuktikan dengan dimilikinya sertifikat pendidik. Sedangkan pada Pasal 17 (1) Undang-Undang Pendidikan Tinggi juga menyatakan bahwa pendidikan profesi merupakan Pendidikan Tinggi setelah program sarjana yang menyiapkan mahasiswa dalam pekerjaan yang memerlukan persyaratan keahlian khusus.

Program PPG Prajabatan diselenggarakan dengan tujuan agar lulusan dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional.

Melalui PPG prajabatan diharapkan akan menghasilkan guru-guru profesional yang diharapkan dapat mencetak lulusan unggul dan siap menghadapi tuntutan jaman.

Dengan ditiadakannya program PPG madrasah tahun 2020 ini, maka  ketentuan pelaksanaan PPG dalam jabatan bagi guru madrasah akan diatur kemudian.

Pengaturan pelaksanaan PPG dalam jabatan bagi guru madrasah nantinya akan menyesuaikan dengan kebijakan terbaru yang ditetapkan Kementerian terkait.

Surat Edaran Kemenag tentang Peniadaan Program PPG dalam Jabatan bagi Guru Madrasah Tahun 2020 dapat di unduh pada link berikut.

SE Peniadaan Program PPG Guru Madrasah 2020 (Unduh)

Demikian informasi mengenai Surat Edaran Kemenag tentang Peniadaan PPG Guru Madrasah Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan