Struktur dan Macam-macam Bentuk Daun Beserta Gambarnya

Amongguru.com. Struktur dan Macam-macam Bentuk Daun Beserta Gambarnya

Daun merupakan salah satu organ tumbuhan yang tumbuh dari ranting. Fungsi utama daun adalah sebagai penangkap energi dari cahaya matahari untuk keberlangsungan proses fotosintesis. Daun pada umumnya berwarna hijau karena mengandung klorofil, yang digunakan untuk menangkap energi cahaya matahari tersebut.

Klorofil merupakan suatu molekul dalam daun yang memanfaatkan energi dari sinar matahari untuk mengubah air (H2O) dan karbondioksida (CO2) menjadi gula (C2H12O6) dan oksigen (O2).

Proses pengubahan energi kimia dari cahaya matahari menjadi bahan makananan tumbuhan yang terjadi ndi dalam daun inilah yang disebut dengan fotosintesis.

Struktur dan Macam-macam Bentuk Daun Beserta Gambarnya

Struktur Daun

Struktur daun dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu strukturt bagian luar daun dan struktur bagian dalam daun.

1.  Struktur Bagian Luar Daun

Daun yang sempurna, terdiri atas tiga bagian luar, yaitu pelepah daun, tangkai daun, dan helai daun.

  • Pelepah daun; berfungsi untuk mendudukkan daun pada batang.
  • Tangkai daun;  berfungsi untuk menghubungkan pelepah atau batang dengan helai daun.
  • Helai daun (lamina); merupakan tempat berlangsungnya fotosintetis yang paling dominan.

2.  Struktur Bagian Dalam Daun

  • Epidermis

Epidermis merupakan lapisan sel hidup terluar dari bagian dalam daun. Jaringan epidermis terbagi menjadi dua bagian, yaitu epidermis bawah dan epidermis atas. Eperdermis memiliki fungsi untuk melindungi jaringan yang terdapat di bawahnya.

  • Jaringan Mesofil

Jaringan mesofil terbagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan palisade dan jaringan spons. Jaringan Palisade atau jaringan tiang adalah jaringan pada bagian dalam daun yang banyak mengandung kloroplas. Ciri utama jaringan palisade, yaitu sel-selnya tersusun rapat dan berbentuk silinder.

Jaringan spons atau jaringan bunga karang adalah jaringan pada bagian dalam daun yang memilki rongga lebih apabila dibandingkan dengan jaringan palisade. Jaringan spons memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan.

  • Jaringan Pengangkut

Jaringan pengangkut dibedakan menjadi dua, yaitu xilem (pembuluh kayu) dan floem (pembuluh tapis). Xilem berfungsi untuk mengangkut air dan unsur hara dari dalam tanah menuju ke daun, sebagai bahan untuk proses pembuatan makanan (fotosintesis). Sedangkan floem berfungsi untuk mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.

  • Stomata

Stomata berfungsi sebagai organ pernapasan atau respirasi. Stomata akan mengambil gas karbondioksida dari udara sebagai bahan fotosintesis dan mengeluarkan gas oksigen sebagai hasil dari fotosintesis. Stomata terletak pada epidermis bagian bawah.

Macam-macam Bentuk Daun

Apabila diperhatikan dengan teliti, daun memiliki berbagai macam bentuk yang berbeda-beda. Berdasarkan bentuk tulangnya, maka daun dapat dibedakan menjadi empat macam. yaitu daun menjari, daun menyirip, daun sejajar, dan daun melengkung.

1. Daun Menjari (Palminervis)

Tumbuhan yang memiliki tulang daun menjari mempunyai bentuk daun dengan satu tulang daun yang cukup besar dan berbentuk seperti jari-jari tangan manusia. Daun dengan tulang daun menjari ini dapat dilihat, antara lain pada daun singkong, daun pepaya, daun kapas, dan daun jarak.

2.  Daun Menyirip (Penninervis)

Sesuai dengan namanya, maka daun menyirip memiliki tulang daun yang menyirip menyerupai sirip ikan. Daun me nyirip memiliki susunan tulang daun yang  tersusun rapi mulai dari tangkai hingga ujung dari helai daun.

Contoh tumbuhan dengan jenis daun menyirip adalah daun mangga, daun rambutan, daun jambu, dan daun beringin.

3. Daun Sejajar (rectinervis)

Daun sejajar adalan daun dengan tulang daun berbentuk seperti garis-garis yang sejajar. Pada tiap-tiap ujung tulang pada daun sejajar akan menyatu. Pada umumnya, terdapat satu tulang daun besar membujur ditengah, sedangkan tulang-tulang lainnya lebih kecil dan semuanya mempunyai arah sejajar dengan tulang utama.

Daun dengan tulang daun sejajar dapat dijumpai pada daun jagung, rumput, daun tebu, daun padi, dan daun kelapa.

4.  Daun Melengkung (Cervinervis)

Daun melengkung adalah daun yang memilki tulang daun berbentuk seperti garis-garis melengkung dengan ujung-ujung tulang daun yang terlihat menyatu.Daun dengan jenis tulang daun melengkung contohnya antara lain daun waru, daun gadung, daun genjer, dan daun sirih.

Demikian ulasan mengenai Struktur dan Macam-macam Bentuk Daun Beserta Gambarnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan