Soal UH Tata Surya IPA SMP MTs K13 dan Kunci Jawaban

Soal UH Tata Surya IPA SMP MTs K13 dan Kunci Jawaban

Amongguru.com. Berikut kami bagikan soal Ulangan Harian UH Tata Surya mata pelajaran IPA untuk jenjang SMP MTs Kurikulum 2013.

Soal Ulangan Harian ini dapat menjadi referensi peserta didik dalam mempelajari Tata Surya sebagai salah satu materi IPA SMP/MTs Kurikulum 2013.

Soal berbentuk Pilihan Ganda dengan empat alternatif jawaban dan sudah dilengkapi dengan kunci jawaban yang dapat di unduh dengan mudah.

Materi Pokok

Sistem Tata surya merupakan susunan benda-benda langit yang terdiri atas matahari sebagai pusatnya dan planet-planet, meteorid, komet, serta asteroid yang mengelilinginya.

Di dalam sistem tata surya, masing-masing benda langit akan melakukan revolusi dan rotasi. Peredaran benda langit mengelilingi matahari disebut revolusi. Sedangkan perputaran benda-benda langit pada porosnya disebut rotasi.

Garis edar planet-planet dalam mengelilingi matahari pada sistem Tata Surya disebut orbit. Orbit berbentuk bidang elips.

1.  Planet

Planet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dan tidak memancarkan cahaya. Jarak terdekat sebuah planet dengan Matahari disebut perihelium, sedangkan jarak terjauh planet dengan matahari disebut aphelium.

Planet-planet dapat dikelompokkan berdasarkan letak peredarannya serta berdasarkan ukuran dan massanya.

Jika bumi sebagai acuannya maka terdapat planet interior dan planet superior. Planet interior, yaitu planet yang peredarannya terletak di antara matahari dan bumi. Planet Interior adalah Merkurius dan Venus.

Sedangkan planet Superior, yaitu planet yang peredarannya terletak di luar peredaran bumi. Planet superior antara lain Mars, Jupiter, Sarturnus, Uranus, dan Neptunus.

Apabila Asteroid yang dijadikan sebagai acuan, maka planet dalam dan planet luar. Planet dalam, yaitu planet yang peredarannya antara matahari dan asteroid. Planet yang termasuk planet dalam yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Sedangkan planet luar, yaitu planet yang peredarannya di luar asteroid. Planet luar antara lain Yupiter, Sartunus, Uranus, dan Neptunus.

2. Satelit

Satelit adalah benda ruang angkasa yang mengelilingi sebuah planet akibat adanya gaya tarik planet tersebut.

Satelit tidak memancarkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang berasal dari Matahari. Contoh satelit adalah Titan (Saturnus).

3. Meteroid

Meteroid adalah benda angkasa berukuran kecil dan sangat padat yang berada di sekitar planet. Jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer bumi yang tampak oleh manusia disebut meteor, sedangkan sisa-sisa meteor yang jatuh sampai ke permukaan bumi disebut meteorit.

4. Komet

Komet adalah benda angkasa yang terbentuk dari debu, es, dan gas yang menggumpal. Komet juga beredar mengelilingi matahari dengan lintasan terbentuk lonjong.

Komet memiliki ekor yang terang saat mendekati Matahari, dan posisi ekor komet selalu menjauhi Matahari.

Soal UH Tata Surya IPA SMP MTs Kurikulum 2013

Untuk lebih mendalami materi IPA tentang Tata Surya, maka kami bagikan beberapa contoh soal UH Tata Surya untuk jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013.

Soal UH Tata Surya ini berbentuk Pilihan Ganda dengan empat alternatif jawaban. Soal juga sudah dilengkapi dengan kunci jawaban yang dapat di unduh dengan mudah.

Silakan unduh contoh soal UH Tata Surya IPA SMP/MTs Kurikulum 2013 pada tautan link berikut ini.

1. Soal UH Tata Surya SMP/MTs Paket 1 – Unduh

2. Soal UH Tata Surya SMP/MTs Paket 2 – Unduh

3. Soal UH Tata Surya SMP/MTs Paket 3 – Unduh

4. Soal UH Tata Surya SMP/MTs Paket 4 – Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai soal UH Tata Surya IPA SMP MTs K13. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan