Soal UH Kalor IPA SMP MTs Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban

Soal UH Kalor IPA SMP MTs Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban

Amongguru.com. Berikut kami bagikan soal Ulangan Harian UH Kalor mata pelajaran IPA untuk jenjang SMP MTs Kurikulum 2013.

Contoh soal Ulangan Harian ini dapat menjadi referensi peserta didik dalam mempelajari Kalor sebagai salah satu materi IPA SMP/MTs Kurikulum 2013.

Materi Pokok Kalor

Kalor adalah suatu bentuk energi yang secara alamiah dapat berpindah. dari benda bersuhu tinggi menuju suhu yang lebih rendah karena bersinggungan.

Kalor juga dapat berpindah dari suhu rendah ke suhu yang tinggi apabila dibantu dengan alat, yaitu mesin pendingin.

Apabila dua benda dengan suhu yang berbeda disentuhkan, maka benda yang mendapatkan suhu tinggi akan mengalami penurunan.

Sebaliknya, benda yang bersuhu rendah akan mengalami kenaikan suhu. Pada akhirnya suhu dari kedua benda akan sama.

Kalor masih berhubungan dengan suhu, karena untuk mengukur perubahan suhu ditentukan oleh energi panas. Akan tetapi, antara kalor dan suhu memiliki perbedaan.

Kalor diukur dalam satuan kalori. Satu kalori adalah jumlah energi panas yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu sebesar 1°C dari 1 gram air. Akan dibutuhkan 500 kalori untuk memanaskan 500 gram air dari 20°C menjadi 21°C

Akan tetapi, satuan kalor dalam SI adalah joule. Satu kalori sama dengan 4,184 joule, dan sering dibulatkan menjadi 4,2 joule.

Tubuh akan mengubah beberapa makanan yang dimakan menjadi energi panas. Energi panas yang disediakan oleh makanan diukur dalam kalori (kilo kalori).

Satu kilo kalori (kkal) makanan sama dengan 1000 kalori. Kita menggunakan kilo kalori untuk makanan, karena kalori terlalu kecil untuk dipakai mengukur energi pada makanan yang kita makan.

Secara alami, kalor selalu mengalir dari benda yang bersuhu lebih tinggi (panas) ke benda yang bersuhu lebih rendah (dingin).

Kalor yang diberikan pada sebuah benda akan dapat mengubah suhu dan wujud benda tersebut. Terdapat tiga cara perpindahan kalor, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.

Secara matematis, rumus untuk menghitung besarnya energi kalor yang diserap atau dilepas adalah sebagai berikut.

Q = m x C x ΔT

Simbol Δ (delta) berarti “perubahan,” jadi ΔΤ adalah perubahan suhu. Perubahan yang ditunjukkan oleh Q, merupakan simbol perubahan energi panas (benda menerima kalor atau melepas kalor).

ΔT  = Takhir –  Tawal

Apabila  ΔΤ  positif, maka nilia Q  juga positif, hal  ini berarti bahwa benda mengalami kenaikan suhu dan mendapat energi panas (menerima kalor).

Apabila ΔT negatif,  maka nilai Q juga negatif; benda kehilangan energi panas (melepas kalor) dan mengalami penurunan suhu.

Di dalam kehidupan sehari-hari, kalor banyak dimanfaatkan untuk membantu manusia. Beberapa peralatan rumah tangga banyak dibuat dengan memanfaatkan sifat perpindahan kalor.

Soal UH Kalor IPA SMP MTs Kurikulum 2013

Untuk lebih mendalami materi IPA tentang Kalor, maka kami bagikan beberapa contoh soal UH Kalor untuk jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013.

Soal UH Kalor ini berbentuk Pilihan Ganda dengan empat alternatif jawaban. Soal juga sudah dilengkapi dengan kunci jawaban yang dapat di unduh dengan mudah.

Silakan unduh contoh soal UH Kalor IPA SMP/MTs Kurikulum 2013 pada tautan link berikut ini.

  1. Soal UH Kalor SMP/MTs Paket 1 – Unduh
  2. Soal UH Kalor SMP/MTs Paket 2 – Unduh
  3. Soal UH Kalor SMP/MTs Paket 3 – Unduh
  4. Soal UH Kalor SMP/MTs Paket 4 – Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai soal UH Kalor SMP MTs Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan