Soal UH Ciri-ciri Makhluk Hidup SMP MTs K13 dan Kunci Jawaban

Soal UH Ciri-ciri Makhluk Hidup SMP MTs K13 dan Kunci Jawaban

Amongguru.com. Berikut kami bagikan soal Ulangan Harian UH Ciri-ciri  Makhluk Hidup mata pelajaran IPA untuk jenjang SMP MTs Kurikulum 2013.

Soal Ulangan Harian ini dapat menjadi referensi peserta didik dalam mempelajari Ciri-ciri  Makhluk Hidup sebagai salah satu materi IPA SMP/MTs Kurikulum 2013.

Materi Pokok

Makhluk hidup memiliki ciri-ciri hidup yang membedakannya dengan objek tak hidup. Manusia, hewan. dan tumbuhan merupakan komponen makhluk hidup yang senantiasa memiliki ciri-ciri hidup.

Ciri-ciri hidup ini menjadi karakteristik makhluk hidup tertentu untuk diklasifikasi, seperti jenis makanan, habitat, bentuk tubuh, dan cara bergeraknya.

Dengan dimilikinya ciri-ciri tersebut, maka kita akan lebih mudah untuk mengenali makhluk hidup yang tersebar di muka bumi ini,

Berikut ini adalah ciri-ciri makhluk hidup dan penjelasannya.

1.  Bernapas

Bernapas atau respirasi pada manusia secara sederhana dapat diartikan sebagai proses pengambilan oksigen dan pengeluaran karbondioksida.

2. Bergerak

Bergerak merupakan berpindahnya sebagian atau seluruh bagian tubuh dari makhluk hidup. Perpindahan ini karena adanya rangsang, baik dari dalam maupun dari luar tumbuhan. Jenis gerak pada makhluk hidup dapat dibedakan menjadi gerak aktif dan gerak pasif.

3. Memerlukan makan

Semua makhluk hidup memerlukan makanan untuk tetap bertahan hidup. Sebagian besar makhluk hidup akan merasa lapar dan lemas jika kekurangan makanan. Makhluk hidup akan mati apabila tidak makan untuk jangka waktu yang lama dan berturut-turut.

4.  Tumbuh dan Berkembang

Tumbuh adalah bertambahnya volume tubuh, akibat peningkatan jumlah sel tubuh.  Sedangkan berkembang adalah proses perubahan menuju kedewasaan. Metamorfosis adalah contoh perkembangan yang terjadi pada hewan. Manusia dikatakan tumbuh ketika tubuhnya semakin bertambah tinggi.

5.  Berkembang biak

Tujuan makhluk hidup berkembang biak atau bereproduksi adalah untuk melestarikan jenisnya. Ada dua cara makhluk hidup bereproduksi, yaitu secara seksual (generatif) dan aseksual (vegetatif).

6.  Peka terhadap rangsang

Manusia dan hewan dibekali dengan alat indra agar dapat memiliki kepekaan terhadap rangsang atau iritabilitas. Sedangkan tumbuhan juga memiliki kepekaan terhadap sumber rangsang tertentu, misalnya cahaya, air, suhu, dan zat kimia.

7. Mengeluarkan zat sisa (ekskresi)

Ekskresi merupakan proses pengeluaran zat sisa metabolisme yang sudah tidak digunakan lagi oleh tubuh. Zat sisa metabolisme harus dikeluarkan dari tubuh karena bersifat racun.

8. Adaptasi

Adaptasi adalah penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya. Makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya, akan terseleksi oleh alam dan mati.

Materi selengkapnya tentang ciri-ciri makhluk hidup dapat di unduh di sini.

Soal UH Ciri-ciri  Makhluk Hidup SMP MTs Kurikulum 2013

Untuk lebih mendalami materi IPA tentang Klasifikasi Makhluk Hidup, maka kami bagikan beberapa contoh soal UH Ciri-ciri Makhluk Hidup untuk jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013.

Soal UH Ciri-ciri Makhluk Hidup ini berbentuk Pilihan Ganda dengan empat alternatif jawaban. Soal juga sudah dilengkapi dengan kunci jawaban yang dapat di unduh dengan mudah.

Silakan unduh contoh soal UH Ciri-ciri Makhluk Hidup SMP/MTs Kurikulum 2013 pada tautan link berikut ini.

  1. Soal UH Ciri-ciri Makhluk Hidup SMP/MTs Paket 1 – Unduh
  2. Soal UH Ciri-ciri Makhluk Hidup SMP/MTs Paket 2 – Unduh
  3. Soal UH Ciri-ciri Makhluk Hidup SMP/MTs Paket 3 – Unduh

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai soal UH Ciri-ciri Makhluk Hidup SMP MTs K13. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan