Soal Sumatif Tengah Semester Prakarya Kelas 8 SMP Semester 1 TP 2023/2024

Soal Sumatif Tengah Semester Prakarya Kelas 8 SMP Semester 1 TP 2023/2024

Amongguru.com. Sumatif Tengah Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 sebentar lagi akan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan.

Salah satu kegiatan penting yang harus dipersiapkan peserta didik dalam menghadapi Sumatif Tengah Semester adalah mempelajari soal-soal Sumatif Tengah Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024.

Dengan mempelajari contoh soal Sumatif Tengah Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 diharapkan peserta didik akan memiliki kesiapan lebih dalam mengerjakan soal-soal sumatif yang sudah disediakan sekolah tersebut.

Terkait dengan hal tersebut, berikut ini dibagikan contoh soal Sumatif Tengah Semester Prakarya kelas 8 SMP MTs semester 1  Tahun Pelajaran 2023/2024.

Contoh soal Sumatif Tengah Semester Prakarya kelas 8 SMP/MTs ini dibagikan untuk membantu belajar peserta didik kelas 8 SMP/MTs dalam menghadapi Sumatif Tengah Semester 1 tahun pelajaran 2023/2024.

Asesmen atau penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

Di dalam Kurikulum Merdeka, terdapat dua bentuk penilaian (asesmen), yaitu Penilaian Formatif dan Penilaian Sumatif. Kedua bentuk penilaian tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar, meskipun sama-sama berfungsi sebagai asesmen di dalam pembelajaran.

Merujuk Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian disebutkan bahwa penilaian hasil belajar peserta didik dapat berbentuk penilaian formatif dan sumatif.

Penilaian formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran.

Penilaian formatif dilakukan dengan mengumpulkan informasi mengenai peserta didik yang mengalami hambatan atau kesulitan belajar dan perkembangan belajar peserta didik.

Penilaian formatif merupakan bagian dari langkah-langkah pembelajaran, dilakukan selama kegiatan pembelajaran berlangsung yang merupakan bagian dari praktik keseharian pendidik dan peserta didik di dalam proses belajar mengajar di kelas.

Penilaian formatif dilaksanakan untuk merefleksikan proses belajar dan tidak menentukan nilai akhir peserta didik. Oleh karena itu, asesmen formatif melibatkan aktivitas guru dan peserta didik yang bertujuan untuk memantau kemajuan belajar siswa selama proses belajar berlangsung.

Tujuan asesmen formatif adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran, tidak hanya untuk menentukan tingkat kemampuan peserta didik. Selain itu, asesmen formatif bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilakukan.

Sedangkan penilaian sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan menegah bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan kelulusan dari satuan pendidikan.

Penilaian pencapaian hasil belajar peserta didik itu sendiri dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP).

Hasil asesmen sumatif digunakan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik, mengukur konsep dan pemahaman peserta didik, serta mendorong untuk melakukan aksi dalam mencapai kompetensi yang dituju.

Di dalam asesmen sumatif mencakup lebih dari satu pokok bahasan yang dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah dapat berpindah dari suatu unit pembelajaran ke unit pembelajaran berikutnya.

Asesmen sumatif dapat juga diartikan sebagai penggunaan tes-tes pada akhir suatu periode pengajaran tertentu, yang meliputi beberapa atau semua unit pelajaran yang diajarkan dalam satu semester, bahkan setelah selesai pembahasan suatu bidang studi.

Asesmen sumatif dilaksanakan setelah sekumpulan program pelajaran selesai diberikan. Kegiatan asesmen sumatif dilakukan jika satuan pengalaman belajar atau seluruh materi pelajaran telah selesai.

Fungsi asesmen sumatif, yaitu pengukuran kemampuan dan pemahaman peserta didik dan sebagai sarana memberikan umpan balik kepada peserta didik.

Di dalam Kurikulum Merdeka, Satuan pendidikan dan pendidik memiliki keleluasaan untuk menentukan jenis, teknik, bentuk instrumen, dan waktu pelaksanaan asesmen berdasarkan karakteristik tujuan pembelajaran.

Satuan pendidikan dan pendidik juga memiliki keleluasaan untuk menentukan strategi pengolahan hasil asesmen sesuai kebutuhan. Satuan pendidikan dan pendidik menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

Prinsip-Prinsip Asesmen

Prinsip asesmen di dalam Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut.

  1. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.
  2. Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen.
  3. Asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar, menentukan keputusan tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran yang sesuai selanjutnya.
  4. Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut.
  5. Hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Soal Sumatif Tengah Semester Prakarya Kelas 8 SMP MTs Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024

Soal Sumatif Tengah Semester Prakarya Kelas 8

Contoh soal Sumatif Tengah Semester Prakarya kelas 8 SMP/MTs Kurikulum Merdeka yang kami bagikan ini dapat menjadi referensi belajar peserta didik kelas dalam menyiapkan diri menghadapi Sumatif Tengah Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024.

Contoh soal Sumatif Tengah Semester Prakarya kelas 8 SMP/MTs Kurikulum Merdeka ini berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban.

Materi contoh soal Sumatif Tengah Semester (PTS) diambilkan dari setengah materi Prakarya kelas 8 SMP/MTs semester 1 Kurikulum Merdeka.

Berikut ini adalah soal Sumatif Tengah Semester Prakarya SMP MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka selengkapnya.

Soal nomor 1

Bahan serat adalah salah satu bahan yang sangat praktis dan tersedia banyak di sekitar kita untuk dimanfaatkan menjadi produk kerajinan diantaranya adalah ….

A. mebelair dan patung

B. cincin dan gelang

C. tas dan sapu

D. gantungan kunci dan miniatur rumah

Soal nomor 2

Bahan-bahan di bawah ini yang termasuk bahan serat adalah ….

A. kapas dan eceng gondok

B. kepompong dan kulit kambing

C. pandan dan kayu

D.  kapuk dan tanah liat

Soal nomor 3

Terdapat dua jenis asal bahan serat alam, yaitu ….

A. batang dan daun

B.  mineral dan hewan

C. biji dan buah

D.  tumbuhan dan hewan

Soal nomor 4

Bahan serat alam yang berasal dari pohon kelapa, untuk pembuatan kerajinan alat kebersihan berupa sapu, kemoceng, dan pencuci perlengkapan alat dapur adalah ….

A. lidi

B. batok

C. sabut

D. santan

Soal nomor 5

Salah satu langkah dalam proses pengolahan bahan serat agar dapat dimanfaatkan lebih lanjut adalah ….

A. pembatikan

B. pemintalan

C. pemberian kanji

D. pembersihan

Soal nomor 6

Serat alam sebagian besar berwarna coklat dan tidak menarik. Proses pengolahan yang dapat membuat serat alam lebih siap dibuat kerajinan adalah ….

A. pewarnaan

B. penggulungan .

C. pemintalan

D. penenunan

Soal nomor 7

Kerajinan serat alam berupa kapas, kepompong ulat sutera dan linen dapat dibuat produk yang merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, yaitu ….

A. pakaian

B. tempat tinggal

C. makanan

D. kesehatan

Soal nomor 8

Tiga proses pengolahan bahan serat tekstil untuk kerajian adalah ….

A. menganyam, menjahit, dan membatik

B. memotong, mencetak, dan menyambung

C. menenun, menjahit, dan mengikat

D. mewarnai, mencelup, dan menggulung

Soal nomor 9

Dua dari lima syarat perancangan benda kerajinan adalah ….

A. utility dan flexisibility

B. comfortable dan family

C. safety dan seni

D. aestetic dan revisi

Soal nomor 10

Berikut adalah kegunaan dari kemasan kerajian, kecuali ….

A. melindungi

B. memasarkan

C. memperindah

D. memahalkan

Soal nomor 11

Kain batik motif garda biasanya dipakai untuk acara pernikahan. Hal ini merupakan contoh fungsi kerajinan tekstil berupa fungsi ….

A. penghias

B.  kelengkapan ritual

C. benda pakai

D.  simbolik

Soal nomor 12

Contoh hasil kerajinan tapestri dapat berupa ….

A. lukisan

B.  alas dan tutup gelas

C. taplak meja

D.  aneka perlengkapan dapur

Soal nomor 13

Bahan untuk rintang warna pada proses pembuatan batik adalah berupa ….

A. karet

B. malam

C. tali

D. kayu

Soal nomor 14

Pakaian wanita sering kali diberi hiasan berupa motif-motif indah dengan bentuk bunga, geometris dan lain-lain. Teknik menghias tekstil dengan jahitan tangan disebut ….

A. batik

B. bordir

C. aplikasi

D. sulam

Soal nomor 15

Teknik menghias busana dengan menempelkan kain berwarna lain dan diselesaikan dengan jahitan tangan adalah ….

A. batik

B. bordir

C. aplikasi

D. sulam

Soal nomor 16

Kendaraan berupa motor, kereta, dan pesawat terbang merupakan hasil pengembangan dari teknologi ….

A. produksi

B. transportasi

C. komunikasi

D. kontruksi

Soal nomor 17

Di dalam teknik persambungan, ada dua cara untuk membuat miniatur rumah ada dua, yaitu ….

A. sambungan sementara dan permanen

B. sambungan lidi dan paku

C. sambungan dan perekatan

D. sambungan tetap dan tidak tetap

Soal nomor 18

Tiga bagian miniatur rumah adalah ….

A. lantai, atap, dan dinding

B. bawah, tengan, dan atas

C. bahan dasar, pembuatan, dan pewarnaan

D. sisi, atas, dan bawah

Soal nomor 19

Sayuran berasal dari aneka macam bagian dari tumbuhan salah satunya dari biji, bunga dan batang. Contoh jenis sayuran tersebut adalah ….

A. kacang panjang, kol dan kubis

B. kacang hijau, brokoli dan rebung.

C. bawang merah, wortel dan seledri

D. tomat, asparagus dan sawi

Soal nomor 20

Wadah tanam vertikultur cocok untuk daerah dengan lingkungan ….

A. desa

B. perkotaan

C. sawah

D. perdesaan

Soal nomor 21

Hidroponik merupakan teknik penanaman sayuran menggunakan media ….

A. tanpa tanah

B. arang

C. hanya air

D. ijuk

Soal nomor 22

Cara penanaman budi daya pertanian dengan vertikal atau bertingkat disebut ….

A. hidroponik

B. vertikultur

C. peptisida

D. holtikultura

Soal nomor 23

Buah sangat bermanfaat untuk membangun daya tahan tubuh, karena buah banyak mengandung ….

A. vitamin, mineral, dan air

B. vitamin, mineral, dan karbohidrat

C. protein, lemak, dan air

D. protein, lemak, dan vitamin

Soal nomor 24

Minuman yang cara pengolahannya didapat secara turun-temurun dan berdasarkan resep nenek moyang dan adat istiadat masyarakat setempat bahannya banyak berasal dari rerempahan dan aneka daun serta tumbuh-tumbuhan dari alam sekitar disebut ….

A. minuman sehat

B. minuman segar

C. minuman tradisional

D. minuman dingin

Soal nomor 25

Salah satu produk olahan buah menjadi minuman adalah ….

A. jus

B. keripik

C. manisan

D. asinan

Catatan : tidak disertai kunci jawaban

Soal Sumatif Tengah Semester (STS) SMP MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka lainnya dapat dibaca pada tautan berikut ini.

Soal STS 1 kelas 8 SMP/MTs Mapel IPA – Baca

Soal STS 1 kelas 8 SMP/MTs Mapel Matematika – Baca

Soal STS 1 kelas 8 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia – Baca

Soal STS 1 kelas 8 SMP/MTs Mapel Bahasa Inggris – Baca

Soal STS 1 kelas 8 SMP/MTs Mapel IPS – Baca

Soal STS 1 kelas 8 SMP/MTs Mapel PPKn – Baca

Soal STS 1 kelas 8 SMP/MTs Mapel PJOK – Baca

Soal STS 1 kelas 8 SMP/MTs Mapel Seni Budaya – Baca

Demikian contoh soal Sumatif Tengah Semester Prakarya kelas 8 SMP Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan