Soal PTS Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 9 K13 Tahun Pelajaran 2021/2022

Soal PTS Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 9 K13 Tahun Pelajaran 2021/2022

Amongguru.com. Berikut ini kami bagikan contoh soal PTS Bahasa Indonesia semester 1 kelas 9 SMP MTs Kurikulum 2013 (K13) Tahun Pelajaran 2021/2022.

Contoh soal PTS Bahasa Indonesia semester 1 kelas 9 Kurikulum 2013 ini dibagikan untuk membantu belajar peserta didik kelas 9 SMP/MTs dalam menghadapi Penilaian Tengah Semester 1 tahun pelajaran 2021/2022.

Penilaian Tengah Semester 1 merupakan bentuk evaluasi belajar yang wajib dikerjakan oleh peserta didik, dimana materi soal diambil dari setengah materi semester 1.

PTS adalah salah satu bentuk penilaian hasil belajar selama satu semester, selain bentuk penilaian lainnya, seperti Penilaian Ulangan Harian, Penilaian Tugas, dan Penilaian Akhir Semester.

Baca : Download Paket Soal PTS Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 1 K13 Revisi 2019

Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dijelaskan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas tiga bentuk, sebagai berikut.

1. Penilaian hasil belajar oleh pendidik.

2. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan.

3. Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.

Setiap satuan pendidikan, selain wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu bentuk penilaian tersebut adalah Penilaian Tengah Semester (PTS).

Tujuan Penilaian Tengah Semester

Secara umum, tujuan Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik selama setengah semester dan hasilnya dijadikan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan belajar.

Sedangkan secara khusus, tujuan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester adalah sebagai berikut.

1. Untuk memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama setengah semester.

2. Untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama setengah semester.

3. Untuk mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.

4. Untuk memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.

5. Untuk mendeteksi kebutuhan remidial dan pengayaan peserta didik.

Fungsi Penilaian Tengah Semester

Berikut ini beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Tengah Semester.

1. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.

2. Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.

3. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

4. Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.

Prinsip Penilaian Tengah Semester

Di dalam melaksanakan Penilaian Tengah Semester, maka pendidik perlu memperhatikan prinsip-prinsip penilaian sebagai berikut.

1. Sahih; berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.

2. Objektif; berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi oleh subjektivitas penilaian.

3. Adil; berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik tertentu.

4. Terpadu; berarti penilaian oleh pendidik merupakan satu komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.

5. Terbuka; berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.

6. Menyeluruh (holistik) dan berkesinambungan; berarti penilaian mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.

7. Sistematis; berarti penialain dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku.

8. Beracuan kriteria; berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.

9. Akuntabel; berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

Soal PTS Bahasa Indonesia Semester 1 Kelas 9 Kurikulum 2013 

Contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 yang kami bagikan ini dapat menjadi referensi belajar peserta didik kelas dalam menyiapkan diri menghadapi Penilaian Tengah Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.

Contoh soal berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban dan sudah dilengkapi dengan kunci jawaban yang dapat di unduh dengan mudah.

Soal nomor 1

Di dalam melakukan kegiatan percobaan, kita harus memiliki sikap ilmiah. Pernyataan berikut yang tidak termasuk dalam sikap ilmiah adalah …

A. memiliki dan mengembangkan rasa keingintahuan

B. memiliki kepedulian terhadap lingkungan

C. mampu membedakan antara fakta dan opini

D. mampu memberikan kritikan kepada orang lain

Soal nomor 2

Laporan ini disusun untuk memberikan laporan ataskegiatan percobaan yang telah kami lakukan. Kegiatan yang kami lakukan adalah menguji kandungan gizi pada beberapa jenis makanan

Kutipan teks tersebut di atas terdapat pada bagian ….

A. tujuan percobaan

B. alat dan bahan

C. objek percobaan

D. simpulan percobaan

Soal nomor 3

Perhatikan kutipan berikut!

Minyak goreng mengandung banyak lemak karena kertas yang ditetesi minyak goreng menjadi sangat transparan. Santan mengandung lebih sedikit lemak daripada minyak goreng. Ekstrak ubi rebus mengandung paling sedikit lemak karena kertas yang ditetesi ekstrak ubi tidak menjadi terlalu transparan.

Kutipan teks laporan percobaan tersebut merupakan bagian ….

A. objek percobaan

B. tujuan percobaan

C. manfaat percobaan

D. simpulan percobaan

Soal nomor 4

Perhatikan kutipan berikut!

Uji vitamin C dapat dilakukan dengan langkah pertama menyiapkan tabung reaksi. Kemudian, peneliti menyiapkan ekstrak buah stroberi dan jeruk. Peneliti memasukkan larutan yodium ke dalam tabung reaksi. Kemudian, peneliti menetesi larutan yodium dengan ekstrak buah stroberi dan jeruk. Tunggu beberapa menit hingga larutan jernih.

Kutipan teks laporan percobaan tersebut merupakan bagian ….

A. objek percobaan

B. tujuan percobaan

C. cara kerja percobaan

D. simpulan percobaan

Soal nomor 5

Perhatikan kutipan berikut!

Berdasarkan hasil uji hedonik pada jenis abon, abon yang dibuat dengan metode tradisional lebih disukai daripada abon yang dibuat dengan metode modern. Tekstur abon tradisional cenderung lebih kasar daripada abon modern. Perbedaan tekstur abon dimungkinkan karena penggunaan mesin penggiling yang membuat serat daging terpisah seluruhnya. Selain itu, warna abon dipengaruhi oleh banyaknya penggunaan gula dan lama penggorengan abon. Umumnya abon yang baik dicirikan dengan warna cokelat kekuningan. Abon berwarna selain cokelat memang kurang disukai.

Informasi yang sesuai kutipan teks laporan percobaan tersebut adalah …

A. Berdasarkan uji hedonik pada jenis abon menyatakan bahwa abon yang dibuat dengan metode tradisional lebih disukai dibandingkan metode  Tekstur abon tradisional lebih kasar dan warna cokelat kekuningan sehingga lebih disukai.

B. Hasil uji hedonik pada abon dibuat dengan cara tradisional dan modern  Abon dibuat dengan metode tradisional lebih disukai daripada abon dibuat dengan metode modern.

C. Tekstur abon tradisional dan modern berbeda karena penggunaan mesin penggiling yang membuat daging terpisah  Warna abon juga dipengaruhi penggunaan gula dan lama penggorengan.

D. Abon yang dibuat dengan metode tradisional lebih disukai karena teksturnya lebih kasar. Perbedaan tekstur abon dimungkinkan karena penggunaan mesin penggiling daging.

Teks laporan percobaan berikut untuk nomor 6 dan 7.

Daun pandan suji digunakan sebagai indikator alami karena dapat menunjukkan sifat asam dan basa suatu larutan. Sebelum menjadi ekstrak larutan daun pandan suji yang siap digunakan, daun pandan suji ditumbuk hingga halus. Setelah itu, ditambahkan larutan etanol pada tumbukan daun pandan suji dan disaring dengan kertas saring. Larutan daun pandan suji berwarna hijau. Tujuan penyaringan tumbukan daun pandan suji untuk melarutkan zat •zat yang terkandung dalam daun pandan suji. Jika ditambahkan reagen akan menunjukkan hasil berupa perubahan warna.

Ketika tiga tetes ekstrak daun pandan suji ditambahkan dengan satu tetes HCI, warna ekstrak daun pandan suji berubah hijau kekuningan. Apabila sampel makanan yang diuji ditambahi HD, akan menghasilkan perubahan warna selain hijau kekuningan. Dapat dikatakan bahwa sampel makanan tersebut menggunakan pewarna buatan (sintetis).

Soal nomor 7

Kutipan laporan percobaan tersebut disebut bagian ….

A. judul dan tujuan percobaan

B. tempat dan waktu percobaan

C. bahan dan alat percobaan

D. langkah kerja percobaan

Soal nomor 7

Informasi yang sesuai dengan kutipan laporan percobaan tersebut adalah ….

A. daun pandan suji digunakan pedagang sebagai pewarna alami berbagai makanan

B. daun pandan suji merupakan indikator alami untuk menguji pewarna makanan

C. makanan yang mengandung pewarna buatan memiliki warna hijau kekuningan

D. makanan yang mengandung pewarna alami kurang diminati masyarakat

….

Contoh soal PTS Bahasa Indonesia semester 1 kelas 9 K13 Tahun Pelajaran 2021/2022 beserta kunci jawabannya selengkapnya dapat di unduh di sini.

Baca :

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai contoh soal PTS Bahasa Indonesia semester 1 kelas 9 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2021/2022. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan