Soal Asesmen Madrasah AM Fikih Jenjang MI Tahun 2023

Soal Asesmen Madrasah AM Fikih Jenjang MI Tahun 2023

Amongguru.com. Berikut ini dibagikan contoh soal Asesmen Madrasah (AM) mata pelajaran Fikih untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun Pelajaran 2022/2023.

Contoh soal Asesmen Madrasah Fikih jenjang MI ini untuk membantu belajar peserta didik kelas 6 MI dalam menghadapi Asesmen Madrasah tahun pelajaran 2022/2023.

Asesmen Madrasah adalah penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan madrasah yang bertujuan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran.

Asesmen Madrasah merupakan ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah, yang berupa pengukuran capaian kompetensi siswa dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.

Asesmen Madrasah Tahun 2023 diselenggarakan dalam rangka menjamin kualitas dan pencapaian standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan madrasah, di akhir jenjang pendidikan tahun pelajaran 2022/2023.

Asesmen Madrasah (AM) diselenggarakan oleh madrasah yang sudah memiliki Ijin Operasional dan Nomor Statistik Madrasah (NSM) serta terdaftar pada Pangkalan Data EMIS Kementerian Agama.

Tujuan dan Fungsi Asesmen Madrasah

Asesmen Madrasah bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pendidikan sesuai standar kompetensi lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.

Sedangkan fungsi Asesmen Madrasah adalah sebagai berikut.

1. Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

b. Umpan balik untuk perbaikan pembelajaran pada madrasah.

c. Salah satu syarat penentuan kelulusan

Soal Asesmen Madrasah Fikih MI

Persyaratan Peserta Asesmen Madrasah

Peserta Ujian Madrasah merupakan peserta didik pada akhir jenjang pendidikan jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan.

Persyaratan peserta Asesmen Madrasah adalah sebagai berikut.

1. Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI)

a. Peserta didik terdaftar di kelas akhir pada MI.

b. Memiliki laporan penilaian hasil belajar lengkap mulai kelas 1 (satu) sampai dengan kelas 6 (enam) semester ganjil.

c. Terdata pada aplikasi pangkalan data ujian madrasah (PDUM)

2. Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs)

a. Peserta didik terdaftar di kelas akhir pada MTs.

b. Memiliki laporan penilaian hasil belajar lengkap mulai kelas 7 (tujuh) sampai dengan kelas 9 (sembilan) semester ganjil.

c. Memiliki laporan penilaian hasil belajar lengkap mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) untuk MTs penyelenggara sistem kredit semester (SKS).

d. Terdata pada aplikasi pangkalan data ujian madrasah (PDUM).

3. Jenjang Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)

a. Peserta didik terdaftar di kelas akhir pada MA dan MAK.

b. Memiliki laporan penilaian hasil belajar lengkap mulai kelas 10 (sepuluh) sampai dengan kelas 12 (dua belas) semester ganjil.

c. Memiliki laporan penilaian hasil belajar lengkap mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) untuk MA penyelenggara sistem kredit semester (SKS).

d. Terdata pada aplikasi pangkalan data ujian madrasah (PDUM)

Baca : Standar Operasional Prosedur (SOP) Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023

Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah

Asesmen Madrasah meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal.

Pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

Madrasah menyusun instrumen asesmen mata pelajaran umum mengacu pada Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Kurikulum 13 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sedangkan untuk asesmen Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab, mengacu pada KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

Kisi-kisi Asesmen Madrasah disusun oleh guru kelas dan/atau guru mata pelajaran yang ditetapkan oleh kepala madrasah.

Kisi-kisi Asesmen Madrasah disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku. Sedangkan kisi-kisi AM mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama Pusat.

Terkait dengan pelaksanaan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan Kisi-kisi Asesmen Madrasah Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kisi-kisi AM Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2022/2023 tersebut tercantum dalam Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam, Nomor SuB-756/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2023 tertanggal 16 Februari 2023.

Kisi-kisi Asesmen Madrasah Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2022/2023 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh di sini.

Bentuk Asesmen

1. Bentuk Asesmen pada jenjang MI, MTs, MA, dan MAK dapat berupa:

a. tes tertulis,

Bentuk soal asesmen tertulis terdiri dari:

1) Pilihan ganda

2) Pilihan ganda kompleks

3) Benar Salah

4) Setuju tidak setuju

5) Menjodohkan

6) Isian

7) Uraian

(Guru dapat memilih minimal 3 bentuk soal tertulis tersebut)

b. praktik,

c. portofolio,

d. penugasan, dan/atau

e. bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah.

2. Madrasah dapat memilih salah satu atau gabungan beberapa bentuk asesmen sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur.

Mata pelajaran yang diujikan dalam AM meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas 6 MI, kelas 9 MTs dan kelas 12 MA/MAK sesuai kurikulum yang berlaku.

Pemeriksaan dan Pengolahan Hasil Asesmen Madrasah

Proses pemeriksaan dan pengolahan hasil AM diatur sebagai berikut.

1. Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK)

Jika asesmen dilaksanakan berbasis komputer, pemeriksaan dan pengolahan hasil ujian dilakukan secara komputerisasi.

2. Asesmen Madrasah Berbasis Kertas Pensil/Pulpen (AMKP)

a. Soal bentuk Pilihan Ganda

Soal AM bentuk pilihan ganda dapat diperiksa secara manual atau menggunakan alat pemindai.

b. Soal bentuk Uraian

Soal bentuk uraian diperiksa secara manual oleh guru sesuai mata pelajarannya, mengacu pada pedoman penskoran.

3. Bentuk asesmen lainnya

Apabila asesmen dilaksanakan dalam bentuk portofolio, penugasan, praktik dan sejenisnya, maka pemeriksaan dan pengolahan hasil asesmen mengacu pada pedoman penskoran yang dibuat oleh guru mata pelajaran atau panitia AM.

Pengolahan Hasil AM

Nilai AM dalam bentuk angka dengan rentang nilai 0 (nol) s.d 100 (seratus). Apabila asesmen dilaksanakan lebih dari satu bentuk tes, maka madrasah dapat membuat pembobotan antara nilai tertulis, portofolio, penugasan, praktik, dan lain sebagainya.Pembobotan nilai ditentukan oleh masing-masing madrasah penyelenggara Asesmen Madrasah.

Jadwal Asesmen Madrasah 2023

Waktu pelaksanaan Asesmen madrasah tahun 2023 ditentukan oleh masing-masing madrasah penyelenggara AM, dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

1. Ketuntasan kurikulum.

2. Kalender pendidikan di masing-masing madrasah.

3. Hari libur nasional/keagamaan.

4. Rentang waktu pelaksanaan AM

Berikut ini adalah rentang waktu pelaksanaan Asesmen Madrasah Tahun 2023.

1. Rentang waktu asesmen MA : tanggal 13 Maret s.d 8 April 2023

2. Rentang waktu asesmen MTs : tanggal 10 April s.d 20 Mei 2023

3. Rentang waktu asesmen MI : tanggal 10 April s.d 20 Mei 2023

Moda Pelaksanaan AM

Madrasah dapat menyelenggarakan asesmen dengan moda Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK), Asesmen Madrasah Berbasis Kertas Pencil/Pulpen (AMBKP) dan/atau bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah.

Pengumuman Kelulusan

Pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dilakukan oleh masing-masing madrasah.

1. Pengumuman kelulusan MA diperkirakan pada minggu keempat Mei 2023

2. Pengumuman kelulusan MI dan MTs diperkirakan minggu pertama Juni 2023

Catatan:

*) Tanggal Pengumuman Kelulusan Madrasah menyesuaikan dengan kebijakan dari pemerintah pusat dan/atau pemerintah daerah.

Soal Asesmen Madrasah Fikih Jenjang MI Tahun 2023

Soal Asesmen Madrasah Fikih MI

Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

Fungsi dari asesmen madrasah salah satunya adalah untuk penentuan kelulusan peserta didik dari madrasah. Oleh karena itu kualitas instrumen atau soal asesmen menjadi sangat penting.

Contoh soal Asesmen Madrasah Fikih jenjang MI Tahun 2023 yang dibagikan ini dapat menjadi referensi untuk satuan madrasah yang akan menyelenggarakan Asesmen dalam bentuk soal asesmen tertulis.

Contoh soal Asesmen Madrasah (AM) Fikih jenjang MI Tahun 2023 selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Contoh Soal AM Fikih MI – Unduh

Demikian yang dapat dibagikan mengenai contoh soal Asesmen Madrasah (AM) mata pelajaran Fikih jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) tahun 2023. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan