SK Kwarnas Nomor 174 Tahun 2012 tentang Jukran Pakaian Seragam Pramuka

SK Kwarnas Nomor 174 Tahun 2012 tentang Jukran Pakaian Seragam Pramuka

Amongguru.com. Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menerbutkan Surat Keputusan Kwarnas Nomor 174 Tahun 2012 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Jukran Pakaian Seragam Pramuka.

Pakaian Seragam Pramuka selain berfungsi sebagai sarana pendidikan dan identitas bagi
anggotanya juga ditujukan agar para anggota Gerakan Pramuka yang mengenakannya berakhlak sesuai Satya dan Darma Pramuka, memiliki jiwa korsa, dan berdisiplin.

Bahwa Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka sebagaimana ditetapkan dengan Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 226 Tahun 2007 perlu disesuaikan dengan perkembangan Gerakan Pramuka saat ini serta minat anak-anak dan kaum muda Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu ditetapkan dengan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka.

Pendahuluan

1. Gerakan Pramuka adalah organisasi yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan, yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan bangsa
serta masyarakat Indonesia.

2. Gerakan Pramuka mempunyai ciri khas antara lain digunakannya pakaian seragam anggota Gerakan Pramuka berikut tanda pengenalnya.

3. Anggota Gerakan Pramuka mengenakan pakaian seragam, yang bentuk, warna dan tata cara pemakaiannya disesuaikan dengan jenis kelamin, perkembangan jasmani dan rohani, kegiatan yang dilakukan, serta disesuaikan dengan keadaan dan perkembangan masyarakat. Pemakaian pakaian seragamdiatur oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Maksud dan Tujuan

Maksud petunjuk penyelenggaraan ini adalah sebagai pedoman bagi kwartir dan satuan Gerakan Pramuka, dalam pemakaian pakaian seragam anggota Gerakan Pramuka.

Tujuan petunjuk penyelenggaraan ini untuk memberi petunjuk kepada para anggota Gerakan Pramuka putri dan putra dalam pemakaian seragam secara benar, tertib dan rapi menunjang
usaha pencapaian tujuan Gerakan Pramuka.

Dasar

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

2. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

3. Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 220 Tahun 2007, tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pokok-pokok Organisasi Gerakan Pramuka.

4. Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 204 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tatakerja Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Baca : SK Kwarnas Nomor 048 Tahun 2018 tentang Sisdiklat Kepramukaan

Sistematika

Petunjuk Penyelenggaraan ini disusun meliputi:

1. Pendahuluan;

2. Fungsi, Tujuan, dan Sasaran;

3. Kelengkapan dan Jenis Pakaian Seragam;

4. Pakaian Seragam Pramuka Putri;

5. Pakaian Seragam Pramuka Putra;

6. Tata Cara Pemakaian; dan

7. Penutup.

Pengertian

1. Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka selanjutnya disebut Pakaian Seragam Pramuka adalah pakaian yang dikenakan oleh semua anggota Gerakan Pramuka yang bentuk, warna,
dan tata cara pemakaiannya ditentukan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

2. Warna Pakaian Seragam Pramuka adalah coklat muda dan coklat tua. Warna tersebut dipilih dari salah satu warna yang banyak dipakai oleh para pejuang kita di masa perang kemerdekaan (1945-1949).

3. Pakaian Seragam Harian, adalah pakaian yang dikenakan anggota Gerakan Pramuka pada waktu melakukan kegiatan kepramukaan harian. Pakaian seragam harian juga digunakan pada waktu mengikuti upacara.

4. Pakaian Seragam Kegiatan adalah pakaian yang dikenakan oleh semua anggota Gerakan Pramuka pada saat mengikuti kegiatan lapangan, agar lebih mudah melakukan aktivitas yang
diperlukan.

5. Pakaian Seragam Upacara adalah pakaian yang dikenakan oleh anggota dewasa Gerakan Pramuka yang pemakaiannya secara khusus untuk upacara memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI, Hari Pramuka, Pelantikan Pengurus Kwartir/Mabi, upacara pembukaan dan penutupan kegiatan nasional, kegiatan-kegiatan tertentu yang ditetapkan oleh kwartir,
menghadiri upacara dimana TNI menggunakan seragam PDU 4 dan acara resmi kepramukaan di luar negeri.

6. Pakaian Seragam Khusus adalah pakaian yang dikenakan secara khusus, karena adanya pertimbangan tertentu.

Fungsi

Pakaian Seragam Pramuka berfungsi sebagai sarana pendidikan dan identitas bagi anggotanya guna meningkatkan citra Gerakan Pramuka.

Tujuan

Pakaian Seragam Pramuka bertujuan agar para anggota Gerakan Pramuka yang mengenakannya berakhlak sesuai Satya dan Darma Pramuka, memiliki jiwa korsa, dan berdisiplin.

Sasaran

1. Terwujudnya pemakaian Pakaian Seragam Pramuka secara benar.

2. Terciptanya ketertiban dan keindahan.

3. Terciptanya rasa bangga menjadi anggota Gerakan Pramuka.

Kelengkapan dan Jenis Pakaian Seragam

1. Pakaian Seragam Pramuka

a. Tutup Kepala.

b. Baju Pramuka.

c. Rok/ Celana.

d. Setangan Leher.

e. Ikat Pinggang.

f. Kaos Kaki.

g. Sepatu.

h. Tanda Pengenal.

2. Jenis-jenis pakaian seragam pramuka

a. Pakaian Seragam Harian.

b. Pakaian Seragam Kegiatan.

c. Pakaian Seragam Upacara.

d. Pakaian Seragam Khusus:

1) Pakaian Seragam Muslim;

2) Pakaian Seragam Tambahan.

SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 174 Tahun 2012 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Pramuka selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian SK Kwarnas Nomor 174 Tahun 2012 tentang Jukran Pakaian Seragam Pramuka. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan