Sering Sendawa, Indikasi Kondisi Tubuh Anda Sedang Tidak Sehat

Sering Sendawa, Indikasi Kondisi Tubuh Anda Sedang Tidak Sehat

Amongguru.com. Sendawa yang dalam bahasa medisnya disebut eruktasi adalah hal alamiah yang sering dialami seseorang setelah perut kenyang karena makan. Akan tetapi apabila sendawa ini terjadi setiap saat dan terus menerus, bisa jadi sebagai indikasi gejala dari suatu penyakit.

Sendawa merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan gas secara alami. Gas yang ada di dalam tubuh apabila tidak dikeluarkan, dapat menyebabkan perut kembung disertai nyeri perut.

Sendawa adalah proses pelepasan gas dari saluran pencernaan (esofagus dan perut) melalui mulut.

Penyebab Terjadinya Sendawa

Sendawa terjadi karena gas (udara) yang tertelan, kemudian dikeluarkan lagi oleh tubuh. Menelan udara, baik secara sengaja maupun tidak, disebut dengan aerophagia. Pada saat Anda makan terlalu banyak, hal ini akan meningkatkan tekanan di perut Anda.

Sering Sendawa, Indikasi Kondisi Tubuh Anda Sedang Tidak Sehat
Sering Sendawa, Indikasi Kondisi Tubuh Anda Sedang Tidak Sehat

Gas di dalam perut Anda tidak memiliki tempat untuk keluar, sehingga akan naik ke kerongkongan dan kemudian keluar dari mulut Anda.

Selain melalui aktivitas makan yang berlebihan, udara dapat masuk ke tubuh jika mengisap permen, makan terlalu cepat, merokok, konsumsi obat tertentu, dan rasa cemas.

Udara yang masuk ke saluran pencernaan biasanya mengandung gas nitrogen dan oksigen. Kedua gas ini akan didorong ke atas oleh lambung menuju kerongkongan dan keluar dari mulut dalam bentuk sendawa.

Sendawa dapat menjadi pertanda adanya gangguan pada tubuh, khususnya saluran pencernaan. Jika Anda mengalami sendawa setiap saat dan terjadinya terus menerus, ada kemungkinan terjadi permasalahan pada saluran pencernaan Anda.

Penyakit Pemicu Terjadinya Sendawa

Seperti dilansir dari alodokter.com, beberapa penyakit yang dapat membuat penderitanya lebih banyak bersendawa akibat perut yang tidak nyaman, antara lain sebagai berikut.

  • Penyakit asam lambung (gastroesophageal reflux disease); kondisi ini diakibatkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan.
  • Gastritis; disebkan karena peradangan pada dinding lambung.
  • Dispepsia; yaitu kondisi dimana orang merasa sering bersendawa diikuti keluhan lain, seperti mual, nyeri ulu hati, dan kembung.
  • Infeksi bakteri Helicobacter pylori pada lambung.
  • Tukak lambung; yaitu luka pada dinding lambung, kerongkongan, dan usus halus bagian atas.
  • Gastroparesis; yaitu gangguan lambung karena lemahnya otot dinding lambung akibat kerusakan saraf yang mengatur fungsi lambung, sehingga fungsi pencernaan menjadi lebih lambat.
  • Intoleransi laktosa; yaitu ketidakmampuan lambung dalam mencerna laktosa dalam susu.
  • Gangguan penyerapan sorbitol atau karbohidrat fruktosa.
  • Gangguan pada pankreas (pancreatic insufficiency); yaitu ketidakmampuan pankreas menjalankan perannya dalam melepaskan enzim untuk proses pencernaan.
  • Penyakit celiac; yaitu terjadi intoleransi gluten yang banyak terdapat dalam makanan bertepung, seperti roti.
  • Sindrom dumping; yaitu gejala yang muncul ketika pengosongan lambung terjadi secara cepat, sebelum isinya tercerna dengan baik.

Tips Menghidari Sendawa

Sebenarnya, sendawa bukan merupakan hal yang serius dan tidak membayakan, sehingga tidak memerlukan penanganan secara khusus. Meskipun demikian, kita perlu mencegah terjadinya sendawa, khususnya pada saat selesai makan agar tidak merasa malu ketika menghadiri jamuan makan bersama keluarga. teman, atau kolega.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mencegah terjadinya sendawa.

  • Menghindari merokok, karena merokok menjadikan Anda menghirup udara secara langsung dalam jumlah cukup banyak.
  • Membatasi konsumsi permen.
  • Menghindari konsumsi makanan yang dapat menghasilkan gas dalam jumlah banyak, seperti kacang-kacangan dan produk olahan susu.
  • Menghidari minuman keras dan minuman berkarbonasi yang mengandung gas karbondioksida.
  • Konsumsi obat maag atau konsultasi ke dokter jika Anda mengalami perut kembung dan nyeri ulu hati.
  • Konsumsi suplemen atau minuman probiotik untuk membantu pencernaan Anda.

Baca juga :

Demikian sekilas ulasan mengenai sendawa untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan