Sejarah Penemuan Teknologi Bluetooth dan Fungsinya dalam Kehidupan

Amongguru.com. Sejarah Penemuan Teknologi Bluetooth dan Fungsinya dalam Kehidupan.

Bluetooth merupakan salah satu wujud kontribusi terhadap perkembangan teknologi konektivitas wireless. Bluetooth adalah teknologi pengganti kabel yang mampu menyingkirkan keruwetan kabel-kabel yang terhubung antara komputer dengan piranti lainnya.

Fungsi interkoneksi antarperalatan pada komputer digantikan oleh chipset bluetooth yang dipasang secara built-in pada peralatan elektronik terkait. Pada aplikasi seluler, bluetooth terinstalasi secara built-in pada terminal HP bersama dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Sejarah Penemuan Bluetooth

Teknologi bluetooth diciptakan oleh Dr. Jacobus Cornelis Haartsen, seorang sarjana kelistrikan lulusan Delft University of Technology pada tahun 1986. Haartseen adalah seorang insinyur yang bekerja di perusahaan Ericsson.

Sebelumnya, Haarten juga sempat beerja di dua perusahaan elektronik besar, yaitu Siemens dan Philips. Penemuannya ini menjadikan Haarsten dikenal sebagai ‘Father of Bluetooth‘ (Bapak Bluetooth).

Dr. Jacobus Cornelis Haartsen

Tujuan awal pembuatan bluetooth adalah untuk menghubungkan banyak perangkat tanpa harus melalui kabel untuk efisiensi fungsi dan penempatan. Pengaturan teknologi tanpa kabel tersebut juga bertujuan untuk memudahkan mobilitas penggunanya.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan efisiensi fungsi dan penempatan. Selain itu, pengaturan teknologi tanpa kabel ini juga memudahkan pengguna untuk mobilitas yang diinginkan.

Kata bluetooth (gigi biru) diilhami diambil dari nama seorang raja Swedia bernama Harald Bluetooth yang pernah hidup di tahun 958 sampai 986. Raja tersebut dikenal berhasil menyatukan suku-suku yang berada di Swedia dan Norwegia yang sebelumnya sering terlibat dalam peperangan. Penemu teknologi bluetooth menganggap bahwa nama belakang raja tersebut sesuai dengan sifat teknologi nirkabel itu.

Fungsi Layanan Bluetooth

Bluetooth pada dasarnya diciptakan tidak hanya hanya menggantikan penggunaan kabel dalam melakukan pertukaran informasi. Teknologi bluetooh mampu menawarkan fitur yang baik untuk teknologi mobile wireless dengan biaya dan konsumsi daya yang relatif rendah, mudah dalam pengoperasian, dan menyediakan layanan yang bermacam-macam.

Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host to host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas.

Loggo Bluetooth

Berkembangnya teknologi Bluetooth terasa sangat memudahkan dalam segala aktivitas pemindahan file dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Perkembangan teknologi yang mengesankan ini membuat kita dengan mudah untuk mengakses fitur dari berbagai perangkat seperti smartphone dan laptop.

Demikian ulasan mengenai Sejarah Penemuan Teknologi Bluetooth dan Fungsinya dalam Kehidupan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan