Sejarah Penemuan Modem PC dan Perkembangannya

Sejarah Penemuan Modem PC dan Perkembangannya

Amongguru.com. Sejarah Penemuan Modem PC dan Perkembangannya – Modem merupakan singkatan dari kata Modulator dan Demodulator. Modem adalah alat yang mampu mengubah antara sinyal analog ke sinyal digital atau sebaliknya. Alat ini mampu mengubah sinyal digital dari komputer pengirim sinyal analog yang akan ditransmisikan melalui saluran telepon.

Ketika sinyal mencapai tujuannya, modem lain akan merekonstruksi sinyal digital asli, yang diproses oleh komputer penerima. Modem PC berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya untuk mengirim sebuah pesan kepada alamat yang dituju.

Secara sederhana, fungsi dari modem adalah untuk menghubungkan kita ke dunia online atau internet. Setiap orang membutuhkan modem apabila ingin komputernya  mereka terhubung dengan jaringan internet.

Sejarah Penemuan Modem PC dan Perkembangannya

Pada awalnya, modem digunakan untuk kebutuhan militer yang diciptakan pada tahun 1950 oleh peruahaan IBM. Modem pada waktu itu digunakan untuk alat oenghubung pangkalan udara dengan pusat-pusat pengawasan jalur udara.

Modem diemukan oleh Dennis C. Hayes. yang dilahirkan pada tahun 1950. Bersama dengan rekannya, Dale Heatherington, Dennis C. Hayes telah berhasil mengembangkan modem yang diberi nama SmartModem sebagai standar modem untuk komputer pada tahun 1980an.

Sejarah Penemuan Modem PC dan Perkembangannya
Smart modem

Sementara Dale Heatherington meninggalkan perusahaan dikarenakan pensiun, Dennis C. Hayes tetap menjalankan perusahaannya sendiri sampai mengajukan kebangkrutan pada tahun 1998, ketika teknologi memasuki banyaknya produk-produk pesaing.

Dennis C. Hayes Sang Penemu Modem PC
Sejarah Penemuan Modem PC dan Perkembangannya

Dennis Hayes mendirikan perusahaan sendiri dengan nama perusahaan DC Hayes Associates.Lambat laun perusahaan yang didirikan Hayes menjelma menjadi perusahaan industri IT terbesar pada waktu itu dengan produknya, yaitu Modem board untuk PC.

Dennis Hayes semakin berjasa pada saat berhasil memberikan solusi tentang permasalahan interface yang terjadi ketika itu. Dirinya telah berhasil menjadikan komputer menggunakan port serial standar yang fungsinya untuk mengendalikan fungsi modem melalui sebuah perangkat lunak seperti sekarang ini.

Demikian ulasan mengenai Sejarah Penemuan Modem PC dan Perkembangannya. 

Semoga bermanfaat untuk menambah referensi bacaan Anda.

 

Tinggalkan Balasan