Segudang Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Segudang Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan 

Amongguru.com. Lidah buaya (Aloe vera) merupakan tanaman yang sangat familiar bagi masyarakat. Tanaman ini bahkan sudah dikenal lama sejak ribuan tahun yang lalu.

Manfaat kesehatan yang terkandung dalam lidah buaya, menjadikan tanaman ini cepat dikenal luas, ditambah lagi penanamannya yang mudah dan daptlan tumbuah di berbagai kondisi tanah.

Pemanfaatan lidah buaya semakin berkembang sejak ditemukan kegunaan lain dari lidah buaya untuk perawatan kecantikan. Tidak heran jika lidah buaya digunakan sebagai bahan dasar produk-produk kecantikan dan menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Segudang Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan 

Bagian dari lidah buaya yang dapat dimanfaatkan adalah gel dan lateks. Gel diperoleh dari sel-sel yang berada di bagian tengah kulit lidah buaya, sedangkan lateks didapatkan dari sel-sel yang berada di bawah lapisan kulit lidah buaya.

Gel lidah buaya biasanya digunakan sebagai bahan utama salep, losion, atau krim. Lateks sering diolah dalam bentuk suplemen.

Tanaman lidah buaya sudah sejak lama dimanfaatkan di bidang kesehatan, jauh sebelum ilmu kedokteran dan medis berkembang seperti sekarang ini. Masyarakat jaman dahulu memanfaatkan lidah buaya untuk berbagai keperluan kesehatan.

Segudang Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Seiring perkembangan jaman, setelah dilakukan serangkaian penelitian secara ilmiah, manfaat lidah buaya tidak lagi hanya terbatas di bidang kesehatan saja. Lidah buaya juga bermanfaat di bidang kecantikan, khususnya untuk perawatan wajah, rambut, dan kulit.

Berikut ini beberapa manfaat tanaman lidah buaya di bidang kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1.  Mengatasi psoriasis

Psoriasis merupakan kelainan kulit kronis yang disebabkan sel-sel kulit bereproduksi terlalu cepat dan menumpuk sehingga membentuk bercak kemerahan pada permukaan kulit.

Efek dari psoriasis adalah kulit menjadi kering dan pecah-pecah yang disertai dengan rasa gatal, terbakar, atau nyeri. Lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi psoriasis dengan cara mengoleskan jel lidah buaya pada permukaan kulit yang terkena psoriasis.

2.  Mempercepat pemulihan luka bakar

Kandungan zat anti inflamasi pada lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka luar, seperti luka bakar. Zat anti bakteri pada lidah buaya efektif melawan terjadinya infeksi bakteri, sehingga mempercepat dalam penyembuhan luka.

3.  Meningkatkan imunitas

Kemampuan lidah buaya dalam melakukan penyerapan mineral dan vitamin dapat digunakan secara maksimal oleh tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas). Konsumsi lidah buaya dalam bentuk jus maupun suplemen akan efektif untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh Anda.

4.  Menjaga keseimbangan asam basa

Sifat alkalis yang dimiliki lidah buaya akan membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan keasaman tubuh. Tingkat keasaman tubuh yabg terjaga akan menghindarkan tubuh dari dampak buruk kelebihan asam, seperti alergi, gangguan hati dan ginjal, nyeri otot dan sendi, tulang lemah, serta rusaknya gigi.

5.  Memperlancar proses detoksifikasi

Konsumsi lidah buaya secara rutin akan membantu mengeluarkan semua racun dalam tubuh (detoksifikasi). Detoksifikasi pada tubuh dapat berlangsung lama, maka untuk mempercepat pengeluaran racun tubuh Anda dapat memanfaatkan lidah buaya.

6.  Mencegah obesitas

Asupan kalori yang berlebihan dengan tidak diimbangi aktivitas tubuh yang cukup untuk pembakaran, akan menyebabkan penimbunan lemak dan terjadilah kelebihan berat badan (obesitas). Obesita dipicu karena proses metabolisme yang lambat dan penumpukan lemak pada tubuh.

Konsumsi lidah buaya secara teratur dapat memperlancar proses metabolisme tubuh, sehingga mencegah terjadinya penimbunan lemak.

7.  Membantu memperlancar transportasi oksigen ke sel-sel tubuh

Lidah buaya membantu dalam meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah. Sel darah merah berfungsi untuk mengedarkan oksigen ke seluruh sel-sel tubuh. Apabila peredaran sel darah merah lancar, ini artinya distribusi oksigen ke seluruh sel-sel tubuh tersebut juga akan lancar.

Permasalahan gangguan pada otak dan kardiovaskuler dapat diminimalisir jika kedua organ tersebut cukup mendapatkan asupan oksigen.

Selain manfaat di bidang kesehatan, di bawah ini merupakan beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

1. Mencerahkan kulit wajah

Lidah buaya mengandung vitamin A dan vitamin E yang akan membantu kulit wajah jadi lebih cerah dan tak kusam. Pemakaian lidah buaya untuk make up alami dapat meningkatkan kecerahan kulit wajah Anda.

2. Melembabkan wajah

Anda yang memiliki masalah dengan kulit wajah yang kering dapat mencoba memanfaatkan lidah buaya untuk melembabkan wajah. Oleskan gel lidah buaya secara rutin pada sekitar kulit wajah sampai Anda merasakan kulit wajah Anda tidak lagi kering. Senyawa lignin yang terkandung dalam gel lidah buaya juga akan membantu meningkatkan elastisitas kulit.

3. Mencegah jerawat

Selain mengandung lignin untuk meningkatkan tingkat elastisitas kulit, gel pada daging lidah buaya juga mengandung zat anti mikroba yang membantu mencegah timbulnya jerawat di wajah. Kandungan saponin pada lidah buaya memiliki fungsi anti bakteri yang berfungsi untuk menyerap kelebihan lemak di wajah.

4. Menghilangkan bintik hitam (flek)

Bintik hitam di wajah akan mengganggu penampilan seseorang. Gel lidah buaya dapat membantu mengatasi munculnya bintik hitam pada wajah tersebut. Oleskan gel lidah buaya secara teratur pada bagian wajah yang ada bintik hitamnya sampai bintik hilang.

5. Mencegah penuaan dini

Lidah buaya mengandung antioksidan penting untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Kandungan beta karoten, vitamin A, dan vitamin E pada lidah buaya berfungsi sebagai antiaging (mencegah penuaan).

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Segudang Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan