Segudang Manfaat Kurma Untuk Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

Segudang Manfaat Kurma Untuk Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

Amongguru.com. Kurma menjadi salah satu makanan wajib saat puasa di bulan Ramadhan. Bukan tanpa alasan mengapa kurma dijadikan sebagai pilihan utama ketika berbuka maupun sahur.

Kandungan nutrisinya yang tinggi dan lengkap membuat kurma memiliki semua unsur makanan pokok yang diperlukan oleh tubuh.

DI dalam satu biji kurma mengandung karbohidrat (glukosa dan fruktosa), protein, lemak, vitamin (A, C, B kompleks, tiamin, riboiflavin, niasin, dan asam folat),  mineral (kalium, kalsium, zat besi, fosfor, selenium, magnesium, natrium, cobalt dan zink), dan juga serat.

Gula yang terkandung dalam buah kurma sangat baik untuk meningkatkan kadar gula setelah seharian kita berpuasa.

Demikian juga zat besi dan kalsium yang terdapat dalam kurma berperan penting untuk pertumbuhan tulang.

Berikut ini segudang manfaat kurma untuk menjaga kesehatan di bulan puasa, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium yang terdapat pada kurma berperan penting untuk pembentukan tulang dan gigi.

Zat besi yang terkandung dalam kurma juga membantu terbentuknya hemoglobin dalam sumsum tulang.

Dengan demikian, sangat baik untuk penderita anemia mengkonsumsi banyak kurma untuk memperbanyak hemoglobin dalam tubuh.

2. Mencegah Penggumpalan Darah

Kurma mengandung asam salsiliat yang mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Penggumpalan darah apabila dibiarkan dapat berakibat fatal.

Apabila penggumpalan darah terjadi di otak dapat mengakibatkan stroke, sedangkan jika penggumpalan tersebut terjadi di jantung, dapat mengakibatkan serangan jantung.

3. Mengatasi Konstipasi (Sembelit)

Kurma dapat berfungsi sebagai pencahar, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita sembelit atau susah buang air besar.

Hal ini disebabkan karena memiliki kadar serat larut tinggi, yang penting dalam meningkatkan gerakan usus sehat. Gerakan usus yang sehat akan melancarkan makanan melewati saluran pencernaan.

4. Mencegah Terjadinya Rematik

Kandungan mineral pada buah kurma mampu menyehatkan tulang, sehingga dapat mencegah gejala penyakit rematik.

Mengonsumsi kurma secara rutin akan mampu memenuhi kebutuhan tubuh terhadap mineral,  seperti kalsium, sulfur, kalium, seng, boron, dan magnesium. Dengan demikian mineral akan selalu terus tersuplai dengan baik dan stabil.

5. Mengembalikan Energi Yang Hilang

Kurma mengandung gula alami tinggi, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Gula alami tersebut sangat baik untuk mengembalikan energi yang hilang selama beberapa jam berpuasa.

Rasa lelah juga dapat segera teratasi dengan Anda menguyah beberapa butir kurma untuk mengembalikan stamina tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma adalah sumber potassium yang tinggi. Berdasarkan penelitian, terbukti bahwa pottasium mampu mengurangi risiko stroke dan penyakit terkait jantung lainnya.

Mengonsumsi kurma juga menjaadi cara yang sehat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sebagai pemicu utama penyakit jantung dan stroke.

7. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Kurma mengandung vitamin B dan kalium yang berperan penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

Kalium mampu mengendalikan oksigen dalam tubuh sampai ke otak, sehingga sistem kerja otak tetap terjaga dengan baik.

Konsumsi kurma secara rutin akan membuat sistem saraf menjadi sehat dan responsif serta meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan aktivitas otak.

Kurma dapat menjadi sumber makanan pilihan bagi orang-orang yang sudah mulai menua dan sistem sarafnya menjadi lamban, agar menjaga pikiran mereka tetap tajam.

8. Mencegah Insomnia

Insomnia atau gangguan susah tidur sering dialami oleh sebagian orang. Insomnia akan menyebabkan terganggunya sistem metabolisme tubuh.

Di dalam buah kurma terdapat vitamin B3 yang berperan untuk mencegah insomnia, sehingga Anda terbebas dari gangguan sulit tidur, khususnya pada malam hari.

9. Sumber Antioksidan dan Mencegah Kanker

Kurma adalah sumber antioksidan yang luar biasa. Kandungan antioksidan dalam kurma bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel penyebab kanker, seperti kanker otak dan kanker lambung.

Zat-zat fitokimia yang termasuk sebagai antioksidan pada kurma diantaranya adalah polifenol, sterol, tanin, dan karoten.

10. Mengurangi Rabun Senja

Kurma dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan seoputar telinga, hidung, dan tenggorokkan.

Daun pohon kurma dapat dijadikan pasta, kemudian digosokan pada sekitar mata atau buah kurma dikonsumsi seperti biasa, telah terbukti dapat mengurangi frekuensi kebutaan pada malam hari atau sering diistilahkan sebagai rabun senja.

11. Mengobati Diare

Kurma mengandung potasium sebagai zat yang efektif untuk mengendalikan diare. Kurma mudah dicerna, sehingga membantu meringankan gejala diare kronis yang tidak menentu.

Serat larut dalam kurma juga membantu dalam meringankan diare dengan cara menormalkan gerakan usus dan meningkatkan fungsi sistem ekskresi yang normal dan sehat.

12. Mengatasi Gangguan Usus

Asupan kurma secara terus menerus akan membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis, sehingga kurma dapat membantu merangsang pertumbuhan baik baik dalam usus.

Kandungan asam amino pada kurma dapat merangsang proses pencernaan makanan menjadi lebih efisien.

Ini berarti akan lebih banyak nutrisi yang diserap oleh saluran pencernaan dan masuk ke dalam tubuh secara optimal.

kian ulasan mengenai segudang manfaat kurma untuk menjaga kesehatan di bulan puasa. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan