Sebutkan tiga tanaman yang berkembangbiak dengan umbi lapis!

Sebutkan tiga tanaman yang berkembangbiak dengan umbi lapis!

Jawab :

Tiga tanaman yang berkembangbiak dengan umbi lapis :

1. Bawang merah

2. Bawang Putih

3. Bawang Bombai

Penjelasan :

Umbi lapis merupakan salah satu bentuk perkembangbiakan vegetatif alami. Umbi lapis (bulbus) terbentuk dari tumpukan (pangkal) daun yang tersusun secara rapi dan rapat secara roset.

Tanaman umbi lapis memiliki perbedaan dengan jenis umbi lainnya, karena tidak mengakumulasi karbohidrat dalam bentuk polisakarida.

Terjadinya pembesaran umbi pada tanaman umbi lapis karena berkumpulnya cairan pada sel-sel tanaman.

Bagian-bagian Umbi Lapis dan Contohnya

Umbi lapis memiliki bagian pangkal yang agak keras yang disebut cakram (discus). Cakram merupakan batang yang sesungguhnya dari umbi lapis.

Cakram berukuran kecil dengan ruas-ruas yang sangat pendek dan biasanya berbentuk tipis. Seperti halnya daun yang duduk pada batang, di dalam cakram juga terdapat kuncup-kuncup.

Dari cakram tersebut kemudian akan tumbuh lapisan-lapisan daun yang tebal, lunak, dan juga berair. Karena tebal dan berlapis inilah terbentuk struktur yang membengkak, sehingga disebut sebagai umbi.

Sisik pada umbi lapis merupakan struktur yang berlapis dan berdaging. Sisik ini berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Sisik adalah modifikasi daun yang menjadi tebal, lunak, dan berdaging.

Sisik pada umbi lapis dibedakan menjadi dua, yaitu sisik yang berlapis dan sisik yang bersisik . Sisik berlapis berbentuk lebar dan bagian luarnya akan menyelubungi bagian dalam.

Jika umbi diiris membujur akan tampak jelas susunannya yang berlapis, misalnya pada bawang merah.

Sisik yang bersisik terbentuk karena metamorfosis daun yang tidak melebar, sehingga membungkus umbi secara berlapis dan tersusun seperti genting. Jenis sisik ini misalnya pada bawang putih.

Sedangkan kuncup pada tanaman umbi lapis adalah calon tunas-tunas daun. Kuncup umbi lapis dibedakan lagi menjadi kuncup pokok dan kuncup samping.

Kuncup pokok terletak pada bagian atas cakram yang tumbuh ke atas dan mendukung daun serta bunga. Kuncup samping biasanya tumbuh berupa umbi lapis kecil-kecil dan berkelompok di sekitar umbi induknya.

Umbi lapis termasuk tumbuhan monokotil, sehingga memiliki akar serabut. Akar serabut ini tumbuh langsung dari batang umbi.

Akar serabut pada umbi lapis memiliki fungsi yang sama dengan akar serabut pada tumbuhan lainnya.

Tinggalkan Balasan