Sebutkan tiga manfaat pemantulan bunyi dalam kehidupan!

Sebutkan tiga manfaat pemantulan bunyi dalam kehidupan!

Jawab :

Tiga manfaat pemantulan bunyi :

1. Untuk mendeteksi keretakan logam

2. Untuk pemeriksaan USG

3. Untuk mengukur kedalaman laut

Penjelasan :

Pemantulan bunyi dapat terjadi karena gelombang bunyi menabrak bidang pantul, kemudian gelombang bunyi tersebut dipantulkan oleh bidang pantul.

Pada saat mendengar suara petir, mungkin kita juga akan mendengar suara susulan sebagai gema dari suara aslinya.

Suara susulan ini terjadi akibat adanya bunyi yang menumbuk dinding penumbuk, selanjutnya dipantulkan olah dinding tersebut.

Tidak semua bunyi yang mengenai dinding pemantul akan dipantulkan. Ada sebagian bunyi terserbut yang diserap oleh dinding pemantul.

Kemampuan suatu permukaan benda dalam memantulkan bunyi tergantung pada keras atau lunaknya permukaan benda tersebut.

Bunyi pantul dapat memperkuat bunyi asli jika jarak dinding pantul tidak jauh dari sumber bunyi. Misalnya, bunyi kereta api pada saat memasuki terowongan akan terdengar semakin kuat.

Bunyi pantul dapat memperkuat bunyi asli jika jarak dinding pantul tidak jauh dari sumber bunyi. Misalnya, bunyi kereta api ketika masuk terowongan akan terdengar semakin kuat.

Bunyi memiliki sifat-sifat yang hampir mirip dengan sifat cahaya. Dengan demikian, hukum pemantulan bunyi tidak jauh berbeda dengan hukum pemantulan cahaya, sebagai berikut.

(1) Bunyi datang, garis normal, dan bunyi pantul terletak dalam satu bidang datar.

(2) Sudut datang sama besar dengan sudut pantul.

Pemantulan bunyi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Berikut ini contoh pemanfaatan pemantulan bunyi dalam kehidupan.

1. Mendeteksi benda-benda bawah laut

Benda-benda di dalam laut dapat dideteksi dengan mengirimkan gelombang ultrasonik menggunakan alat tertentu yang di tempatkan pada bagian kapal.

Melalui pemanfaatan pemantulan bunyi, maka akan dapat diketahui kedudukan kapal selam. Tidak hanya mendeteksi sesuatu yang padat dan besar yang bersifat logam, pemantulan bunyi juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kedudukan gerombolan ikan di laut.

2. Mengukur kedalaman laut

Pemantulan bunyi juga dapat digunakan untuk mengukur kedalaman laut. Mekanismenya sama dengan manfaat pemantulan bunyi untuk mendeteksi benda bawah laut.

Caranya adalah dengan menempelkan sumber getaran pada dinding kapal bagian bawah. Di dekat sumber getaran tersebut dipasang sebuah alat penerima getaran.

3. Mendeteksi keretakan logam

Pemantulan bunyi dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan pada struktur logam. Scanning dengan pemantulan bunyi bermanfaat untuk menemukan keretakan tersembunyi pada pesawat terbang yang dapat membahayakan penerbangan.

4. Pemeriksaan USG

Di bidang kedokteran, pemantulan bunyi dimanfaatkan pada pemeriksaan ultrasonografi (USG) melalui teknik ultrasonik.

Teknik ultrasonik dapat membantu mengamati janin dalam kandungan dan bahkan dapat menghilangan jaringan otak yang rusak pada operasi bedah otak beresiko tinggi.

Tinggalkan Balasan